5 Makanan yang Diam-Diam Mengandung Gula Tinggi

    5 Makanan yang Diam-Diam Mengandung Gula Tinggi

    Tahukah Anda bahwa beberapa makanan yang mengandung banyak gula tanpa Anda sadari dan beberapa di antaranya bahkan memiliki rasa yang tidak manis? Simak daftar makanan (sebagian tidak manis) yang diam-diam memiliki kandungan tinggi gula.

    Makanan tinggi gula yang mungkin tidak manis

    salad dressing yang paling sehat

    Sekarang ini, banyak yang mungkin berusaha untuk menghindari makanan yang manis dan mengandung gula tinggi. Tentu, hal ini bertujuan untuk mencegah risiko penyakit kronis, terutama penyakit diabetes mellitus.

    Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi gula lebih dari 50 gram per hari akan meningkatkan risiko penyakit diabetes, stroke, penyakit jantung koroner, dan penyakit kronis lainnya.

    American Heart Association menganjurkan makan gula lebih baik tak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh untuk wanita per hari. Sementara untuk laki-laki, anjuran makan gula hanya 38 gram atau setara dengan 9 sendok teh.

    Selama ini, Anda mungkin berpikir jika gula hanya ada pada makanan manis seperti cokelat, kue kering, permen, dan makanan manis lainnya. Dan Anda sudah berusaha menahan diri dari semua makanan manis itu.

    Tetapi, tahukah Anda bahwa kandungan gula tinggi juga terdapat dalam makanan tidak manis atau minuman yang sehat?

    Anda mungkin tidak menyangka bahwa makanan atau minuman di bawah ini malah membuat Anda berisiko terjangkit penyakit kronis karena kandungan gulanya.

    1. Yogurt yang tidak berlabel “plain”

    Mungkin Anda berpikir jika yogurt termasuk penganan yang sehat. Tidak salah, yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Namun, hati-hati dengan kandungan gula di dalamnya.

    Pada produk yogurt yang berlabel rendah lemak dan tidak manis saja terdapat gula sebanyak 17 – 33 gram. Bila Anda ingin mengonsumsi yogurt, sebaiknya pilih yang rasanya plain karena kandungan gulanya cenderung lebih rendah.

    2. Saus

    Rasanya memang pedas dan tidak manis, tapi saus bisa jadi perusak diet Anda karena kandungan gula yang tinggi. Saat mengonsumsi ini, mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda telah mengonsumsi banyak gula.

    Tidak percaya? Dalam satu sendok saus terdapat gula sebanyak 4 gram. Bayangkan berapa banyak saus yang Anda pakai untuk menemani ngemil pada makanan Anda dalam sehari.

    3. Salad dressing

    Banyak yang mengandalkan salad sebagai menu makanannya ketika sedang melakukan diet sehat. Sehat sih, tapi coba lihat nilai gizi pada kemasan salad dressing yang Anda gunakan.

    Bila menggunakan dua sendok makan salad dressing sebagai campuran salad, Anda telah mengonsumsi sekitar 7 – 10 gram gula. Coba hitung berapa banyak salad dressing yang Anda gunakan dan kandungan gula yang tanpa disadari telah dikonsumsi?

    4. Buah kaleng atau buah kering

    Jika Anda sering mengonsumsi buah kering atau buah kalengan atau buah kering, Anda bisa saja memiliki risiko untuk terkena penyakit kronis lebih tinggi.

    Dalam satu buah kalengan saja terdapat gula sebanyak 39 gram. Sementara pada 400 gram buah kering terdapat 25 gram gula yang Anda tidak ketahui. Meski terkadang tidak manis, produk makanan kalengan seperti buah tetap tinggi gula.

    5. Jus buah kemasan

    Siapa yang tak suka jus buah? Jus buah bisa jadi alternatif sumber serat harian Anda. Tetapi, hal itu tidak setara dengan kandungan gula yang ada di dalamnya.

    Dalam 35 ml jus apel misalnya, terdapat sedikitnya 39 gram gula atau sama dengan 10 sendok teh.

    Bagaimana menghindari makanan tidak manis tinggi gula?

    Tak hanya harus menghindari makanan manis saja, tapi mulai sekarang, biasakan untuk membaca label informasi nilai gizi kemasan makanan atau minuman yang akan Anda beli.

    Perhatikan seberapa banyak gula yang terkandung pada produk makanan atau minuman tersebut. Anda juga bisa membandingkan kandungan gula pada beberapa produk yang sama.

    Gula pada kemasan makanan terkadang tidak dituliskan sebagai ‘gula’, melainkan dengan nama lainnya seperti:

    Bila melihat kandungan tersebut pada kemasan makanan, berarti makanan tersebut mengandung gula baik tinggi maupun rendah meski tidak manis. Sehingga, produk tersebut berpotensi meningkatkan jumlah konsumsi gula harian Anda.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 05/07/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan