4 Cara Mengontrol Berat Badan Selama Rutin Pakai Insulin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tubuh orang dengan diabetes kekurangan insulin yang membuat kadar gula darah mereka selalu tinggi. Itu kenapa beberapa pengidap diabetes membutuhkan bantuan suntikan insulin guna menjaga gula darah mereka tetap stabil. Namun demikian, banyak diabetesi merasa ragu untuk rutin menjalani terapi insulin dikarenakan efek sampingnya yang dapat menaikkan berat badan. Anda salah satunya? Jangan khawatir, berikut adalah tips-tips menjaga berat badan buat diabetesi selama harus rutin suntik insulin.

Cara menjaga berat badan selama terapi insulin

Kenaikan berat badan adalah efek samping umum bagi diabetesi yang rutin suntik insulin. Hal ini cenderung terjadi karena tambahan insulin tersebut membuat tubuh menyimpan kelebihan glukosa sebagai lemak. Namun, bukan berarti Anda boleh menghentikan pemakaian insulin hanya karena takut gemuk. Ingat, manfaatnya akan selalu lebih besar daripada risiko yang mungkin muncul.

Untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih, ada berbagai cara menjaga berat badan yang bisa Anda lakukan supaya tetap ideal selama pakai insulin.

1. Konsultasi ke ahli gizi

Seorang ahli gizi dapat membantu diabetesi merancang rencana diet sehat untuk menjaga berat badan mereka sementara tetap memerhatikan pemilihan menu, asupan gizi dan kalori, serta pengaturan porsinya agar tidak memperburuk kondisi yang ada.

Dokter ahli gizi juga akan mempertimbangkan rencana makan sehat yang sesuai dengan kondisi Anda dengan lebih dulu melihat indeks massa tubuh (BMI), status kesehatan Anda secara keseluruhan, dan kesulitan yang mungkin Anda hadapi ketika berdiet dan olahraga.

Jika konsultasi ke ahli gizi adalah rencana Anda, baiknya konsultasikan dulu kepada tim dokter yang menangani diabetes Anda agar mereka dapat merujuk Anda pada orang yang tepat supaya juga tidak mengganggu jalannya pengobatan utama.

2. Jaga gula darah tetap stabil

Perubahan kadar gula darah sangat berkaitan dengan kenaikan berat badan. Maka dari itu Anda harus menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin supaya berat badan juga ikut terjaga stabil.

Hal ini dapat Anda raih dengan menjaga pola makan, mencukupi aktivitas fisik dan waktu tidur, serta menghindari stres.

3. Perhatikan pilihan dan porsi makanan

Cara mengontrol berat badan pasien diabetes yang menggunakan insulin adalah membakar lebih banyak kalori lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Namun, tidak berarti pasien dibolehkan untuk melewatkan waktu makan.

Melewatkan makan bisa membuat nafsu makan jadi lebih besar Anda makan lebih banyak. Hal ini menyebabkan gula darah melonjak tiba-tiba. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan waktu makan jika punya diabetes

“Ketika gula darah rendah, tubuh akan memberikan sinyal bahwa Anda lapar. Dalam situasi ini, pasien diabetes dapat mengatasinya dengan camilan yang mengandung 15 gram karbohidrat untuk meningkatkan kadar gula,” jelas Don McClain, MD, PhD, seorang dosen spesialis penyakit dalam, endokrinologi, dan metabolisme yang mengajar di Fakultas Kedokteran Traditional Science Institute, seperti dilansir dari laman Everyday Health.

Pilihan makanan juga harus diperhatikan. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan makanan olahan. Namun, perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan, gandum, atau yogurt.

4. Memilih aktivitas fisik yang tepat

Cara terbaik untuk membakar kalori yang berlebih adalah dengan olahraga. Aktivitas fisik ini juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menyehatkan jantung.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga ringan per minggu untuk orang dewasa. Itu artinya Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu.

Pilihan olahraga yang aman untuk orang diabetes menjaga berat badan mereka antara lain, jogging, bersepeda, jalan santai, renang, atau mengikuti senam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidak Ingin Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Ikuti 3 Tips Ini

Makanan di hari Lebaran memang menggugah selera makan Anda. Tapi, jangan sampai membuat berat badan naik setelah Lebaran. Ikuti tips ini untuk mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 06/06/2019 . Waktu baca 5 menit

3 Rahasia Menjaga Berat Badan Menjelang Menopause

Tak jarang para wanita mengeluhkan berat badan yang naik menjelang menopause. Inilah cara untuk menjaga berat badan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Tips Sehat 01/12/2018 . Waktu baca 3 menit

5 Cara Mudah Mengatasi Turun Peranakan Tanpa Obat

Setiap wanita bisa mengalami turun peranakan. Namun sebelum ke dokter, tak ada salahnya untuk coba mengatasi turun peranakan di rumah. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/08/2018 . Waktu baca 4 menit

Pssst, Ini 5 Rahasia Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Liburan

Punya masalah obesitas bukan jadi penghalang bagi Anda untuk liburan. Psstt. Intip lima cara menjaga berat badan tetap stabil selama liburan disini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 19/08/2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
camilan enak dan sehat

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 5 menit
cara menurunkan berat badan

6 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20/12/2019 . Waktu baca 4 menit
umur memengaruhi berat badan

Ternyata, Usia Juga Berpengaruh pada Naik Turunnya Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/08/2019 . Waktu baca 7 menit