7 Aplikasi Smartphone untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin merasa lelah sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, namun belum juga berhasil. Boleh jadi, Anda tidak memantau perkembangan dalam menurunkan berat badan. Rata-rata orang-orang kebingungan cara memantaunya, sehingga hanya menggunakan timbangan sebagai alat pengukur keberhasilan atau kegagalan dalam menurunkan berat badan. Rasa malas pun datang menghampiri ketika harus mencatat perkembangan di komputer atau buku catatan Anda. Mungkin, Anda bertanya-tanya adakah aplikasi di telepon genggam yang dapat memudahkan Anda untuk memantau perkembangan Anda dalam menurunkan berat badan? Sebentar lagi pertanyaan Anda akan terjawab.

Aplikasi apa saja yang bisa membantu menurunkan berat badan?

1. Diet Assistant: Weight Loss

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna Android dan iPhone. Ratingnya pun bagus. Fitur-fitur yang ditawarkan berupa forum untuk berbagi ide mengenai tips diet dengan pengguna lainnya. Anda juga bisa membuat daftar belanja mengenai rencana diet Anda, ini akan membuat Anda memiliki perencanaan yang jelas mengenai makanan selama beberapa hari ke depan dalam program diet Anda.

Selain itu Anda bisa meng-upload foto tentang kemajuan Anda, sehingga semakin termotivasi untuk membuat kemajuan dalam menurunkan berat badan. Anda juga bisa menghitung BMI (indeks massa tubuh) Anda. Anda juga ditawarkan informasi dengan berbagai macam kategori diet seperti vegetarian, pescatarian, low GI, high protein, healthy. Beberapa pengguna mengakui bahwa mereka berhasil mengganti menu makanannya dengan yang lebih sehat setelah memakai aplikasi ini.

2. Loose it!

Tagline dari aplikasi ini adalah ‘Loose it! Snap it!’. Di aplikasi ini, Anda bisa mengirim foto makanan Anda, lalu Anda akan mendapatkan perhitungan kalori dan nutrisi informasi lewat foto tersebut. Anda juga dapat mengatur anggaran harian, target, dan nutrisi (karbohidrat, lemak, protein). Anda bisa memanfaatkan fitur The How – fitur yang memberikan informasi nutrisi dan program fitness. Atau, Anda juga bisa melakukan kompetisi dengan teman Anda untuk melakukan hal tertentu dalam menurunkan berat badan, sehingga Anda lebih termotivasi untuk menyelesaikan tantangan Anda!

3. Diet Point: Weight Loss

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah lebih dari 130 rencana diet komplit. Anda juga bisa memakai pengingat untuk waktu camilan Anda. Atau, Anda bisa menggunakan fitur 500 tips untuk rencana menurunkan berat badan Anda.

4. Noom Coach: Health & Wight

Ini bukan aplikasi diet biasa, karena app ini menganut konsep aplikasi anti-diet. Aplikasi ini dibuat agar penurunan berat badan Anda stabil, dengan cara membantu membuat kebiasaan sehat yang bertahan lama. Fitur yang ditawarkan adalah berbagai macam program pelatihan yang dibuat oleh dokter. Selain itu, app ini juga didesain untuk mengatur kondisi kronis seperti diabetes dan hipertensi. Noom Coach memberikan rencana sederhana setiap harinya untuk diikuti. Anda juga bisa menuliskan apa yang pelajari, dan bisa mendapat dukungan dari grup yang memiliki perjalanan yang sama. Para penggunanya mengatakan bahwa mereka sangat terbantu sekali dengan informasi nutrisi yang disediakan.

5. Map My Fitness Workout Trainer

Selain menawarkan informasi asupan kalori, Anda juga dapat menggunakan fitur yang memantau olahraga, lari, dan berjalan dengan mengaktifkan GPS. Terdapat 600 lebih kegiatan yang meliputi berlari, olahraga di gym, yoga, dan masih banyak lagi, sehingga Anda tahu sudah berapa banyak kalori yang terbakar. Anda juga bisa membagikan kemajuan Anda di media sosial Anda.

6. Google Fit

Pada aplikasi ini Anda bisa merekam kecepatan dan rute yang Anda lewati untuk tetap memotivasi Anda untuk semakin lebih baik lagi dalam kegiatan olahraga Anda. Anda juga bisa memantau aktivitas kesehatan jantung Anda setiap hari. Anda akan diberi target untuk tetap bergerak 60 menit setiap hari. Aplikasi ini akan mendorong Anda untuk tetap aktif.

7. 7 Minute Workout

Aplikasi ini dapat terkoneksi dengan Google Fit. Jika Anda ingin membentuk tubuh Anda, tidak hanya menurunkan berat badan, maka aplikasi ini tepat untuk Anda. Anda akan mendapat 12 latihan yang harus diselesaikan dalam 30 menit, 10 detik istirahat di sela-sela latihan. Anda juga harus mengulangi sekitar dua sampai tiga kali latihan tersebut atau tergantung sisa waktu yang Anda miliki. Bagaimana? Sangat memacu adrenalin bukan?

Setelah mengetahui berbagai macam aplikasi tersebut, Anda bisa lebih termotivasi lagi, dan tahu perkembangan penurunan berat badan Anda. Belajar dari pengalaman, mana yang berhasil untuk Anda dan mana yang tidak, sehingga rencana Anda di depan akan lebih efektif.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Banyak orang butuh waktu untuk mencerna makanan, namun ada juga yang langsung merasa ingin BAB setelah makan. Apakah ini normal? Benarkah bisa bikin kurus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Cara Memanggang Makanan Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Cara memanggang yang salah bukan hanya menghilangkan nutrisi makanan tapi juga dapat berbahaya bagi tubuh. Perhatikan tips memanggang makanan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 31 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Nasi uduk atau donat mungkin menjadi pilihan sarapan Anda. Sayangnya,keduanya termasuk sarapan tidak sehat. Yuk, cek makanan yang harus dihindari pagi hari.

Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips olahraga hiv

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan untuk penderita maag makanan untuk penderita asam lambung

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
4 Alternatif Pengganti Kopi Anda di Pagi Hari

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit