5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Oleh

Meskipun ada beberapa perawatan profesional di klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti laser resurfacing, terapi cahaya, atau cosmetic fillers, Anda juga dapat mengobati bekas jerawat Anda di rumah dengan beberapa perawatan sederhana. Cara ini lebih murah daripada pengobatan medis, tetapi masih efektif untuk menghilangkan jerawat.

Apa saja cara alami menghilangkan bekas jerawat?

1. Minyak pohon teh (tea-tree oil)

Minyak pohon teh berasal dari daun pohon teh yang tumbuh di Australia. Minyak pohon teh sudah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengobatan antiseptik dan antijamur. Minyak ini dapat membunuh bakteri yang disebut Propionibacterium Acne, dan bakteri lain yang dapat menyebabkan masalah kulit pada kulit Anda. Minyak pohon teh tampaknya menjadi salah satu pengobatan yang paling umum untuk jerawat.

Minyak pohon teh dapat diterapkan ke daerah yang bermasalah, dan hanya boleh digunakan sebagai pengobatan topikal. Minyak ini termasuk toksik dan tidak boleh diminum. Minyak ini dapat menimbulkan reaksi, iritasi, atau sensitivitas untuk beberapa orang, menyebabkan kulit terbakar. Jadi, tanyakan pada dokter kulit atau cek terlebih dahulu di satu area kecil di kulit Anda.

2. Potongan tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan karoten yang merupakan antioksidan. Vitamin A dapat membantu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat dan masalah kulit lainnya, dan memperbaiki penampilan kulit.

Potongan tomat harus ditempelkan pada kulit yang bersih. Anda dapat menggunakannya di malam hari, tetapi jangan meninggalkannya semalaman.

3. Es batu

Es dapat membantu mengencangkan pori-pori. Dingin dari es dapat mengecilkan ukuran pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi peradangan. Es batu tidak mengobati bekas jerawat secara langsung. Namun, es dapat mengurangi kemerah-merahan, pembengkakan jerawat, dan memperbaiki penampilan bekas jerawat.

Anda dapat menggunakan kompres es atau es batu untuk diletakkan di wajah selama 10 hingga 15 menit. Namun, jangan menerapkannya langsung ke kulit. Ini dapat merusak kulit Anda. Anda juga harus menggunakan es yang terbuat dari air bersih untuk menghindari debu atau infeksi.

4. Sari jeruk nipis

Oleskan sari jeruk nipis ke kulit yang bermasalah, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci kulit Anda dengan air bersih. Zat pemutih dalam jeruk nipis dapat membantu bekas atau luka jerawat memudar dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Lapisan kulit yang baru dapat diproduksi dan setelah sembuh, bekas jerawat Anda dapat tampak samar. Ingat untuk menggunakan jeruk nipis yang segar dan bersih.

5. Minyak zaitun

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit dari 10 hingga 15 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

Anda tidak harus menjalani pengobatan medis di setiap waktu. Terkadang, perawatan rumahan dapat diterapkan dan hasilnya baik. Perawatan ini sederhana, efektif, dan aman bagi kulit. Cobalah untuk menggunakannya selama beberapa waktu untuk melihat menghilangkan bekas jerawat Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca