Gejala asma muncul ketika saluran udara mengalami peradangan dan tersumbat. Gejalanya sangatlah beragam. Dapat saja  tidak terdeteksi atau terasa parah dan mengancam hidup Anda. Kebanyakan orang yang asma tidak menyadari bahwa mereka mengida asma.

Gejala tidak hanya dapat berbeda-beda pada masing-masing orang, tetapi dapat juga bervariasi dalam serangannya pada satu orang yang sama. Anda dapat merasa lama tidak mengalami gejala, lalu tiba-tiba mengalami serangan asma berkala. Atau mungkin saja anda akan mengalami gejala asma setiap hari, hanya di malam hari, atau hanya setelah beraktivitas.

Jika Anda merasakan apapun yang mungkin saja menjadi gejala asma, konsultasilah ke dokter untuk pemeriksaan asma.

Gejala asma yang umum

Batuk

Batuk yang keras adalah gejala paling umum dari gejala asma. Dapat berupa batuk kering atau berdahak (berlendir) dan semakin parah pada malam hari atau setelah beraktivitas. Batuk kering yang kronis dengan tanpa gejala asma mungkin saja menandakan Anda mengalami varian batuk asma.

Mengi

Mengi adalah bunyi seperti bersiul yang biasanya terjadi ketika Anda menghembuskan napas. Bunyi ini terjadi akibat udara yang dipaksa keluar melalui saluran udara yang sempit dan tersumbat. Mengi adalah satu dari sekian gejala asma yang dapat dikenali, tetapi bukan karena Anda mengalami mengi maka pasti Anda terjangkit asma. Hal itu juga dapat berarti masalah kesehatan lain seperti chronic obstructive pulmonary disease (COPD) dan pneumonia.

Kesulitan bernapas

Anda mungkin merasa kesulitan bernapas atau mengambil napas karena saluran udara anda mengalami peradangan dan tersumbat. Dapat lebih buruk lagi jika lendir kemudian juga ikut mengisi saluran udara ynag sudah sempit tersebut. Gejala asma ini dapat berujung pada perasaan gelisah, dimana hal itu dapat membuat bernapas menjadi lebih sulit.

Kaku di dada

Karena otot menyelubungi saluran udara Anda, maka Anda mungkin akan merasakan perasaan kaku atau tegang di dada anda. Dapat terasa seperti seseorang mengikatkan tali dengan erat di area atas torso anda. Gejala asma ini dapat membuat anda sulit bernapas dan mengambil napas dan dapat menyebabkan rasa gelisah.

Gejala asma yang kurang umum

Beberapa gejala asma tidaklah terlalu umum. Mereka dapat dipicu oleh kebanyakan pemicu asma yang telah disebutkan diatas ataupun terpicu dengan sendirinya.

Kelelahan

Selama serangan asma, Anda tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup untuk paru-paru anda. Ini berarti lebih sedikit oksigen yang masuk ke aliran darah dan otot Anda. Tanpa oksigen, tubuh Anda perlahan akan kelelahan. Jika gejala asma anda memburuk di malam hari (nocturnal asthma) dan Anda mengalami masalah tidur, Anda mungkin akan merasa kelelahan pada pagi hingga siang hari.

Sengau

Sengau adalah pertanda pembesaran nostril ketika bernapas. Sering kali menjadi tanda dari kesulitan bernapas. Gejala asma ini umum terjadi pada anak-anak dan bayi.

Menghela napas

Menghela napas adalah respon psikologis yang melibatkan perluasan paru-paru hingga kapasitas maksimal. Intinya, menghela napas adalah napas yang dalam dan pengeluaran napas yang panjang.

Gelisah

Gelisah dapat menjadi gejala ataupun pemicu serangan asma. Ketika saluran udara anda mulai menyempit, dada Anda akan menjadi kaku atau tegang, dan anda akan kesulitan bernapas, dimana hal ini dapat memicu kegelisahan. Serangan asma yang tak terduga juga dapat menjadi sumber dari kegelisahan. Di sisi lain, berada dalam situasi yang membuat stress dan penuh tekanan juga dapat memicu gejala asma pada beberapa orang.

Gejala asma darurat

Gejala asma dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat Anda tidak bisa menikmati gaya hidup Anda. Beruntungnya, kebanyakan gejala lebih kepada hanya mengganggu bukan mengancam kehidupan Anda.

Tetapi tetap harus diingat bahwa ketika gejala asma muncul, itu tetap dapat menjadi darurat yang mengancam hidup Anda. Orang dewasa atau anak-anak ketika terkena serangan asma harus segera dibawa ke ruang gawat darurat jika pengobatan darurat pertama gagal dilakukan setelah 10-15 menit atau jika gejala seperti berikut ini muncul:

  • Perubahan warna (biru atau abu-abu) pada bibir, wajah, atau kuku
  • Kesulitan bernapas yang ekstrim; leher dan dada terasa sesak tiap bernapas
  • Kesulitan berbicara atau berjalan
  • Kebingungan mental
  • Kegelisahan ekstrem yang diakibatkan oleh kesulitan bernapas
  • Demam lebih dari 100 derajat
  • Nyeri dada
  • Detak jantung meningkat drastis
Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca