home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pentingnya Membuat Asthma Action Plan untuk Pasien Penderita Asma

Pentingnya Membuat Asthma Action Plan untuk Pasien Penderita Asma

Asma adalah penyakit yang hingga kini belum dapat disembuhkan secara total. Gejala-gejalanya dapat menyerang kapan saja dan di mana saja. Maka itu, setiap pasien asma perlu memiliki asthma action plan yang dapat membantu mengatasi serangan asma, terutama dalam keadaan darurat.

Apa itu asthma action plan?

mannitol manitol

Asthma action plan, atau rencana aksi asma, adalah instruksi tertulis yang Anda buat dengan dokter. Rencana tersebut dirancang untuk membantu Anda mengendalikan gejala asma.

Mengikuti action plan dapat membantu mencegah asma kambuh dan bisa memberikan pertolongan pertama ketika asma menyerang. Mengenal bagaimana cara mengatasi serangan asma dengan panduan yang tepat dapat membantu Anda agar tidak perlu dibawa ke UGD.

Dokter dapat memberi Anda asthma action plan ini. Memiliki rencana yang tertulis dan terstruktur membuat Anda tidak perlu kesulitan mengingat semua yang dokter katakan. Anda dapat menyimpan salinannya untuk selalu dibawa, memotretnya dengan ponsel, atau menghafal beberapa bagian penting.

Rencana aksi asma Anda akan memberi Anda instruksi yang jelas, agar Anda dapat:

  • mencegah pemicu yang memperburuk asma
  • menyadari gejala awal dari serangan dan mengatasinya
  • mengambil langkah tepat untuk pertolongan pertama serangan asma
  • mengetahui kapan perlu mencari pertolongan darurat

Asthma action plan berbeda-beda untuk setiap pasien

tourette syndrome sindrom tourette adalah

Asma bervariasi pada masing-masing orang, sehingga tidak ada satu asthma action plan yang cocok untuk semua. Setiap rencana aksi akan memberi tahu apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami serangan. Di dalam rencana ini juga menjelaskan kapan obat kerja cepat perlu digunakan, seberapa banyak dosisnya untuk masing-masing situasi, dan kapan Anda perlu menghubungi dokter atau pergi ke UGD.

Menurut situs KidsHealth, umumnya asthma action plan menggunakan “sistem zona” sesuai warna pada lampu lalu lintas. Ini dapat dinilai dari hasil peak flow untuk membantu Anda menentukan Anda berada di zona asma yang mana.

  • Zona hijau, atau zona aman, menjelaskan bagaimana mengatur kondisi Anda setiap hari, saat Anda merasa baik-baik saja.
  • Zona kuning, atau zona hati-hati, menjelaskan bagaimana melihat tanda-tanda asma Anda memburuk. Zona ini juga menjelaskan obat apa yang perlu digunakan untuk mengendalikan asma.
  • Zona merah, atau zona berbahaya, menjelaskan apa yang perlu dilakukan saat terjadi serangan yang serius.

Jika Anda menggunakan peak flow meter, sistem warna rencana aksi mempermudah untuk melihat instruksi yang bekerja untuk Anda. Anda juga dapat menuliskan hasil peak flow terbaik Anda, untuk dibandingkan dengan setiap angka bacaan peak flow.

Sebagai tambahan, asthma action plan Anda dapat meliputi:

  • nomor telepon darurat dan lokasi fasilitas gawat darurat
  • daftar pemicu dan bagaimana mencegahnya
  • hal-hal yang perlu dilakukan sebelum berolahraga
  • daftar tanda-tanda awal serangan yang perlu diperhatikan, dan apa yang harus dilakukan saat terjadi
  • daftar nama dan dosis obat-obatan asma, serta kapan dan bagaimana penggunaannya.

Memahami rencana aksi asma Anda

perbedaan asma dan ppok

Agar asthma action plan dapat berjalan dengan baik, Anda perlu terus mematuhinya walaupun merasa sehat. Hal ini berarti rencana aksi perlu masuk akal dan dapat dilakukan sehari-hari. Sebagai contoh, jika olahraga adalah salah satu pemicu asma Anda, Anda perlu membicarakan dengan dokter tentang olahraga yang sesuai dengan kondisi asma Anda.

Ulas kembali rencana Anda dengan dokter untuk memastikan Anda memahaminya. Ajukanlah pertanyaan. Bicarakan dengan dokter tentang ide yang Anda miliki. Dokter mungkin akan mengubah waktu minum obat agar sesuai dengan jadwal Anda.

Jika Anda telah mengikuti rencana aksi tapi tidak membantu mengendalikan asma sebaik dulu, beri tahu dokter. Dokter mungkin perlu menyesuaikan obat atau bagian lain dari rencana Anda.

Beri tahu juga apabila Anda tidak perlu menggunakan obat yang cepat bekerja sesering itu lagi. Jika asma Anda terkendali dengan baik, dokter mungkin akan mengurangi obat jangka panjang yang Anda gunakan.

Asthma action plan yang Anda miliki berfungsi agar kondisi asma Anda tidak mengganggu aktivitas olahraga, sosial, atau apapun yang Anda ingin lakukan. Gunakan rencana aksi asma untuk kesehatan Anda yang lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ben-Joseph, E. (2017). What’s an asthma action plan? – KidsHealth. Retrieved May 28, 2020, from http://kidshealth.org/teen/asthma_center/treatment/a_action_plan.html?tracking=T_RelatedArticle#

Asthma Action Plan – Asthma and Allergy Foundation of America. (2015). Retrieved May 28, 2020, from https://www.aafa.org/asthma-treatment-action-plan/

Your asthma action plan – Asthma UK. (2018). Retrieved May 28, 2020, from https://www.asthma.org.uk/advice/manage-your-asthma/action-plan/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 20/05/2016
x