Definisi

Apa itu limfadenitis?

Limfadenitis adalah kondisi di mana nodus limfa, jaringan yang membantu tubuh melawan penyakit, mengalami radang. Nodus limfa atau kelenjar limfa sendiri adalah organ kecil berbentuk oval yang mengandung sel-sel imun untuk menyerang dan membunuh benda asing, misalnya virus. Mereka adalah bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Limfadenitis terdiri dari dua jenis:

  • Limfadenitis lokal. Ini adalah jenis paling umum. Limfadenitis lokal melibatkan satu atau beberapa nodus yang dekat dengan area di mana infeksi bermula. Contohnya, nodus yang membesar karena infeksi tonsil mungkin terasa di area leher.
  • Limfadenitis umum. Jenis infeksi nodus limfa ini muncul di dua atau lebih kelompok nodus limfa dan mungkin disebabkan oleh infeksi yang menyebar melalui aliran darah atau penyakit lain yang mempengaruhi seluruh tubuh

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala limfadenitis?

Gejala utama limfadenitis adalah nodus limfa yang membesar. Nodus limfa dianggap membesar jika lebarnya sekitar 3,8 cm. Gejala yang disebabkan oleh salah satu atau sekelompok nodus limfa yang terinfeksi mungkin mencakup:

  • Nodus yang membesar secara mendadak
  • Nodus yang nyeri saat disentuh
  • Nodus yang lunak
  • Merah atau garis merah pada kulit di sepanjang nodus
  • Nodus bernanah (abses)
  • Cairan yang mengalir dari nodus menuju kulit
  • Gejala pernapasan bagian atas, misalnya demam, pilek, atau radang tenggorokan

Mungkin masih ada beberapa gejala yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang gejala, konsultasikan kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Gejala limfadenitis mungkin menyerupai kondisi atau gangguan medis lainnya.

Jika memiliki tanda atau gejala yang tercantum di atas atau ingin bertanya, konsultasikan kepada dokter. Setiap tubuh berfungsi berbeda satu sama lain. Selalu diskusi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab limfadenitis?

Limfadenitis muncul ketika satu atau lebih nodus limfa terinfeksi oleh bakteri, virus, atau jamur. Ketika nodus limfa terinfeksi, biasanya karena infeksi berawal dari bagian tubuh lainnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk limfadenitis?

Pengobatan radang nodus limfa ditentukan berdasarkan penyebabnya. Dalam beberapa kasus, tidak ada pengobatan yang dibutuhkan. Contohnya, pengobatan tidak mungkin disarankan kepada orang dewasa sehat yang tubuhnya telah membasmi infeksi, atau pada anak-anak, yang sistem imun aktifnya mungkin mengakibatkan pembengkakan terus-menerus. Jika pengobatan diperlukan, pengobatan mungkin beragam dari pengobatan diri sendiri hingga operasi dan terapi lainnya. Pengobatan limfadenitis mungkin termasuk:

  • Antibiotik yang diberikan melalui mulut atau suntikan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri
  • Obat untuk mengontrol nyeri dan demam
  • Obat untuk mengurangi bengkak
  • Operasi untuk menyerap nodus limfa bernanah

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk limfadenitis?

Jika Anda mengalami limfadenitis, bagian terpenting dalam diagnosis biasanya adalah riwayat dan pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan penyedia layanan kesehatan. Anda mungkin ditanyakan tentang gejala yang Anda rasakan, misalnya menggigil dan demam, perjalanan baru-baru ini, luka kulit apapun, dan kontak terbaru dengan kucing atau hewan lainnya. Kemudian, selama pemeriksaan fisik, penyedia layanan kesehatan akan mencari tanda infeksi di dekat nodus limfa yang membesar.

Tes ini mungkin diperlukan untuk membantu membuat diagnosis:

  • Tes darah untuk mencari infeksi
  • Mengambil sedikit potongan nodus limfa atau cairan dari dalam nodus limfa untuk dipelajari di bawah mikroskop
  • Menempatkan cairan dari nodus limfa ke dalam sel untuk melihat jenis kuman yang bertumbuh

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi limfadenitis?

Cara terbaik untuk mencegah limfadenitis adalah dengan menemui dokter saat Anda menemukan tanda pertama infeksi apapun atau apabila Anda menyadari adanya pembengkakan lunak yang terasa seperti benjolan kecil di bawah kulit. Pastikan Anda membersihkan dan menggunakan antiseptik pada bekas garukan atau luka pada kulit dan selalu menjaga kebersihan dengan baik.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan