home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengobatinya

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengobatinya

Terdapat banyak hal yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Kondisi yang disebut juga sebagai adenopati ini dapat disebabkan oleh infeksi hingga kondisi lain yang sebelumnya sudah menyerang tubuh. Lantas, bagaimana penjelasan lengkapnya? Bagaimana mengatasi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening?

Apa penyebab pembengkakan kelenjar getah bening?

1. Infeksi virus atau bakteri

Infeksi virus atau infeksi bakteri adalah penyebab yang paling umum dari pembengkakan kelenjar getah bening. Sering kali, pembengkakan terjadi di dekat bagian tubuh yang terinfeksi. Sebagai contoh, infeksi tenggorokan merupakan salah satu hal yang menyebabkan kelenar getah bening di sekitar leher membengkak.

Penyakit lain akibat infeksi virus, bakteri, dan jamur yang bisa menyebabkan kelenjar getah bening membesar. Beberapa di antaranya, antara lain:

2. Penyebab non-infeksi

Selain infeksi, beberapa kondisi yang bukan infeksi juga bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

Cedera

Cedera bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. Saat tubuh Anda bekerja untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi, pembengkakan kelenjar getah bening dapat muncul di dekat lokasi cedera.

Beberapa obat-obatan

Fenitoin (Dilantin) dan obat pencegah malaria adalah dua contoh obat yang dapat menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit tersebut contohnya:

  • Rheumatoid arthritis, yang menyebabkan peradangan pada otot dan organ lain.
  • Lupus, yaitu penyakit yang menyebabkan peradangan di organ, otot, dan kulit.
  • Sarcodiosis, yang menyebabkan kelompok sel radang (dranuloma) tumbuh di berbagai tubuh Anda.

3. Kanker

Terkadang kanker juga bisa membuat kelenjar getah bening membengkak. Bengkaknya kelenjar getah bening karena kanker bisa jadi merupakan tanda keganasan atau justru tanda bahwa dari sanalah kanker berasal.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker bisa menandakan bahwa sel kanker telah menyebar. Dalam kasus yang jarang terjadi, pembengkakan kelenjar gerah bening mungkin merupakan tanda:

  • Limfoma, yaitu jenis kanker yang bermula pada sistem getah bening atau di kelenjar getah bening.
  • Leukemia, yaitu jenis kanker darah dan sumsum tulang belakang, yang juga dapat mempengaruhi sistem getah bening.

Contoh lain yang dapat menjadi penyebab pembesaran kelenjar getah bening adalah ketika kanker payudara menyebar ke kelenjar getah bening, akan muncul limfadenopati di ketiak (axilla), atau ketika kanker paru-paru menyebar ke kelenjar getah bening, akan ada adenopati di sekitar tulang selangka.

Kapan adenopati harus diperiksakan ke dokter?

Dalam beberapa kasus, kelenjar getah yang membesar bisa jad merupakan tanda kondisi serius. Segera periksakan ke dokter apabila selain mengalami pembengkakan kelenjar, Anda juga mengalami gejala berikut ini:

  • Benjolan tidak hilang meski sudah berminggu-minggu
  • Sulit bernapas
  • Berkeringat di malam hari
  • Penurunan berat badan
  • Kelemahan atau kehilangan rasa di sekitar pembengkakan

Bagaimana cara mengetahui apa penyebab pembengkakan kelenjar di tubuh Anda?

Limfadenopati yang muncul menjadi pertanda ada yang salah dengan tubuh Anda, atau mungkin juga hanya infeksi ringan. Namun, juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit yang mendasarinya.

Untuk memastikannya, dokter akan mengecek pembengkakan kelenjar getah bening yang muncul pada tubuh Anda, gejala lain, dan penyebab yang mungkin Anda alami. Kemudian, Anda mungkin perlu melakukan beberapa tes seperti:

  • Tes darah, untuk memastikan dugaan dokter terkait penyakit yang mendasari.
  • Scan/pemindaian. Ini dilakukan untuk menemukan sumber infeksi atau mencari kemungkinan tumor.
  • Biopsi. Ini dilakukan jika dokter mencurigai pembengkakan tersebut adalah tumor atau kanker.

Bagaimana cara mengobati penyebab pembengkakan kelenjar getah bening?

Pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang mendasarinya, setelah melakukan beberapa tes medis dan juga diagnosis dokter.

Sebab, tidak ada pengobatan khusus yang hanya untuk mengobati adenopati. Namun, dilansir dari Healthline, Anda bisa mengatasi adenopati dengan beberapa cara berikut ini:

  • Kompres air hangat. Rendam handuk ke dalam air hangat, peras sampai airnya tidak menetes. Kemudian, kompreskan di daerah pembengkakan.
  • Gunakan cool pack. Bila kompres air hangat tidak meredakan radang dan kadang bisa mengiritasi kulit, Ada bisa menggantinya dengan cool pack alias kompresan dingin.
  • Istirahat. Kebanyakan penyakit akan pulih bila Anda mengistirahatkan tubuh Anda sejenak dari aktivitas.
  • Gunakan obat pereda nyeri. Obat-obatan bebas seperti ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen dapat mengurangi ketidaknyaman Anda.
  • Gunakan antibiotik. Untuk adenopati yang disebabkan bakteri atau jamur, Anda dapat menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri dan jamur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Adenopathy: Symptoms, Causes, Treatment and More. (2020). Retrieved 17 January 2018, from https://www.healthline.com/health/adenopathy#pictures

Swollen Lymph Nodes Pain in Neck, Groin, Ear, Armpit, Causes & Signs. (2020). Retrieved 31 January 2020, from https://www.medicinenet.com/swollen_lymph_nodes/article.htm

Adenopathy. (2020). Retrieved 17 January 2018, from https://www.healthgrades.com/conditions/adenopathy

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 28/01/2018
x