Segudang Keajaiban Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Minyak marula merupakan hasil ekstraksi dari biji buah pohon marula (Sclerocary birrea) yang berasal dari Afrika Selatan. Tadinya, buah marula merupakan bahan makanan karena citarasanya yang lezat manis. Barulah selama beberapa tahun terakhir, buah ini diolah menjadi minyak unggulan yang menawarkan serangkaian manfaat kecantikan bagi kulit. Ketahui segudang manfaat minyak marula dalam artikel ini.

Berbagai manfaat minyak marula untuk kecantikan kulit

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini segudang manfaat minyak marula yang sayang untuk dilewatkan.

1. Melembapkan kulit

Bagi perempuan Afrika Selatan, biji buah marula sering digunakan untuk melindungi kulit mereka dari cuaca panas dan kering di daerah tersebut.

Minyak marula dapat digunakan pada semua jenis kulit, mulai dari kering, berminyak, sampai kulit yang sensitif. Hal ini karena minyak marula bermanfaat untuk melembapkan kulit kering, tidak akan menyumbat pori-pori, dan tidak mendorong produksi minyak berlebih di kulit.

Kandungan asam lemak palmitat dalam minyak marula akan meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Sedangkan kandungan asam lemak oleat memiliki kemampuan unik untuk menembus lapisan kulit sampai yang paling dalam. Hal ini membuat minyak marula lebih efektif meresap ke kulit daripada jenis minyak lainnya. Tidak hanya itu, teksturnya yang ringan dan mudah diserap dapat melembabkan kulit tanpa meninggalkan sisa minyak pada wajah.

Selain itu, minyak marula memiliki sifat yang menenangkan, membuatnya sangat baik digunakan untuk mencegah iritasi dan kemerahan pada orang dengan kulit sensitif.

2. Mencegah penuaan

Sering bertambahnya usia, tubuh lebih banyak memproduksi radikal bebas. Ditambah lagi dengan radikal bebas yang berasal dari pencemaran lingkungan, sinar UV, dan bahan kimia industri, efek radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Akibatnya, kulit Anda rentan mengalami penuaan dini.

Kandungan antioksidan dan asam lemak yang tinggi dalam minyak marula mampu menetralkan radikal bebas, mengurangi stres oksidatif pada tubuh, serta mencegah penuaan. Minyak marula bekerja meningkatkan elastisitas kulit sehingga mengurangi munculnya keriput di wajah. Tidak hanya itu, efek melembapkan dari minyak marula juga bisa menyamarkan garis-garis halus akibat penuaan.

3. Menghilangkan bekas noda di wajah

Selain melembapkan, kandungan zat antimikroba yang ada dalam minyak ini dapat membantu menghilangkan segala jenis noda pada wajah. Tidak hanya itu, minyak ini juga telah terbukti bisa melawan patogen yang sering menyebabkan jerawat.

4. Manfaat lainnya

Selain merawat kulit wajah, minyak marula juga memiliki manfaat untuk bagian tubuh lainnya. Minyak ini bisa digunakan pada bibir, rambut dan kuku. Bibir yang kering dan mengelupas bisa diatasi dengan minyak marula supaya teksturnya menjadi lebih lembut dan memiliki rona pink alami.

Bagi Anda yang memiliki kuku rapuh, minyak ini juga dapat menguatkan kuku dan menutrisi kutikulanya sehingga terlihat lebih sehat dan indah. Sementara bagi rambut, minyak marula akan menutrisi kulit kepala serta melapisi helai rambut Anda sehingga terlindungi dari bahaya sinar matahari dan panas alat pengering serta pengeriting rambut.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Es batu tidak hanya menyegarkan tubuh saat diminum, namun es batu untuk wajah banyak manfaatnya. Es batu dapat mengatasi masalah pada kulit wajah Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Jangan Keliru, Begini Urutan Pakai Produk Skin Care yang Benar Sesuai Aturan

Semahal apa pun produk perawatan kulit yang Anda punya jika salah urutan skincare, percuma saja. Berikut urutan pemakaian skin care yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 5 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Kulit dapat menunjukkan tanda tertentu saat dipakaikan produk skincare baru. Begini cara mengetahui apakah skincare Anda cocok atau tidak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bentonite clay

Mengenal Bentonite Clay dan Segudang Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kuku paronikia paronychia

Paronikia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit