home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Minyak kelapa sangat terkenal tidak hanya sebagai vitamin penyubur rambut, tetapi juga sebagai minyak pijat yang berguna melembabkan kulit. Minyak kelapa banyak digunakan di daerah tropis karena dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Namun tahukah Anda ada banyak cara memanfaatkan minyak kelapa untuk kecantikan?

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Minyak kelapa sendiri dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Bahkan, karena khasiatnya, minyak kelapa dikategorikan dalam kelompok superfood yang berkualitas tinggi.

Minyak kelapa terdiri dari 90% lemak jenuh. Memang, lemak jenuh sering dianggap sebagai zat yang tidak sehat dan dapat membahayakan tubuh bila dikonsumsi terlalu banyak. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh tidak meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Bahkan, lemak jenuh dalam minyak kelapa justru dianggap baik untuk kesehatan. Sebab, sekitar setengah dari lemak jenuh yang ada dalam minyak kelapa merupakan asam laurat. trigliserida rantai menengah (MCT).

MCT lebih mudah terurai dalam tubuh dan tidak membebani kerja sistem pencernaan Anda, dibandingkan dengan trigliserida rantai panjang (LCT) yang membutuhkan enzim khusus agar bisa dicerna.

Selain itu, MCT akan diubah menjadi energi, bukan menjadi lemak yang mana hal ini terjadi pada LCT.

Tentunya, MCT dapat memberikan sejumlah manfaat untuk Anda. MCT dalam minyak kelapa mampu membantu proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat dan meningkatkan pengeluaran energi.

Minyak kelapa yang murni juga telah terbukti mampu melawan beberapa infeksi jamur seperti candida albicans berkat sifat anti-jamurnya.

Satu penelitian yang terbit tahun 2004 bahkan pernah menemukan bahwa pemberian MCT dari minyak kelapa pada penderita alzheimer dapat membantu memberikan dorongan memori.

Berbagai cara menggunakan minyak kelapa untuk kecantikan dan perawatan kulit

Nah, tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk tujuan kecantikan dan perawatan kulit. Berikut adalah perawatan kulit dengan menggunakan minyak kelapa sawit.

1. Pelembab bibir

Bibir pecah-pecah rasanya tidak nyaman dan membuat kita tidak percaya diri. Banyak pelembab bibir yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang berpotensi menghasilkan racun.

Minyak kelapa merupakan alternatif yang ideal untuk mengatasi bibir pecah-pecah, begitu pula ketika minyak kelapa ini dioleskan pada bagian perut. Banyak orang yang mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini.

2. Pelembab kulit

Kita biasanya menggunakan krim atau lotion untuk melembutkan kulit terutama pada bagian wajah dan tangan. Minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang kering.

Minyak kelapa juga baik untuk memperbaiki kondisi kaki yang keras dan retak-retak akibat berdiri terlalu lama. Retak di kulit telapak kaki mungkin tidak akan hilang, tetapi kaki akan menjadi lebih halus dan kenyal.

Minyak kelapa berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengelupaskan sel kulit mati, layaknya garam atau gula. Minyak kelapa mampu mengikis kulit mati dan membersihkan kotoran yang menghambat pori-pori tanpa membuat kulit iritasi.

3. Pembersih makeup

Minyak kelapa dapat digunakan untuk membersihkan makeup, sebagai alternatif alami dari makeup remover kimia yang banyak dijual di pasaran.

Selain bisa menjadi penghapus riasan yang tahan air, minyak kelapa juga bisa memberikan efek melembapkan serta mengurnagi kerutan-kerutan yang ada di kulit.

4. Mengobati gangguan kulit

Minyak kelapa diklaim dapat mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim. Penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan protein pada minyak kelapa dapat mendorong proses regenerasi sel-sel kulit dan mengobati berbagai masalah kulit lainnya.

Dengan demikian, minyak kelapa tidak hanya dapat melawan bakteri penyebab infeksi, tetapi juga membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Amazing Benefits of Coconut Oil for Skin. (2020). Organic Facts. Retrieved 24 May 2021, from https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/coconut-oil-for-skin.html

The Truth About Coconut Oil. (n.d.). Keck Medicine of USC. Retrieved 24 May 2021, from https://www.keckmedicine.org/the-truth-about-coconut-oil/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 24/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x