home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Pakai Pelembap Wajah yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

7 Cara Pakai Pelembap Wajah yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Banyak orang yang rutin memakai pelembap (moisturizer), tetapi tak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal. Ini mungkin disebabkan oleh cara pakainya yang keliru. Meski hanya dioleskan di kulit, pakai pelembap tak boleh sembarangan. Simak bagaimana cara menggunakan moisturizer wajah yang benar di bawah ini.

Panduan cara menggunakan moisturizer yang benar

Moisturizer alias pelembap merupakan bagian dari perawatan kulit yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, pemakaian pelembap bertujuan mencegah dan mengatasi kulit kering.

Bahkan, produk perawatan kulit ini bisa menjaga kulit sensitif, meningkatkan tekstur kulit, hingga bantu menyamarkan bekas jerawat.

Hanya saja, manfaat dari pelembap ini tentu tidak akan didapatkan dengan maksimal bila salah cara pakainya. Guna memudahkan Anda, simak bagaimana cara memakai moisturizer yang benar di bawah ini.

1. Membersihkan kulit wajah dengan pembersih

Langkah pertama dalam mengaplikasikan cara menggunakan moisturizer yang benar yaitu selalu membersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih.

Begini, membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum penggunaan pelembat penting untuk mencegah kulit mengering setelah dicuci.

Tak hanya itu, fungsi dari pelembap akan lebih efektif ketika digunakan pada kulit yang sedikit lembap. Alhasil, produk perawatan ini pun dapat mengunci kelembapan.

Bila memungkinkan, cobalah sesekali melakukan eksfoliasi ringan ketika mencuci muka. Hal ini bertujuan mengangkat sel kulit mati, sehingga moisturizer meresap ke dalam kulit.

2. Pakai toner

fungsi toner

Setelah mencuci muka, Anda disarankan untuk menggunakan serum dan toner sebelum mengoleskan produk pelembap.

Cara menggunakan moisturizer satu ini penting untuk menghaluskan, melembutkan, dan menenangkan kulit.

Pada beberapa produk, toner mengandung bahan yang bisa membantu mengembalikan nutrisi kulit dan meredakan kemerahan, serta bercak kering.

3. Mengoleskan pelembap secara merata

Bila sudah selesai memakai toner, diamkan beberapa menit untuk memberikan kulit waktu agar toner benar-benar terserap.

Lalu, Anda bisa menggunakan pelembap dengan beberapa langkah yang bisa diikuti, antara lain:

  • totol-totolkan krim pelembap di seluruh wajah,
  • meratakan dari sisi terluar wajah menuju bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas,
  • mulai dari bagian tengah dagu, dan
  • pijat kulit wajah perlahan-lahan dengan gerakan melingkar lembut ke garis rahang menuju dahi dan berakhir di area hidung.

Jika mengoleskan pelembap dengan arah yang terbalik, yaitu dari area hidung menuju telinga, residu pelembap bisa tertinggal.

Hal ini dapat menyebabkan moisturizer menumpuk di sekitar jalur garis rambut. Cara menggunakan moisturizer seperti ini bisa memicu penyumbatan pori-pori.

Alih-alih memiliki wajah bersih, banyak komedo dan jerawat bisa muncul pada daerah tersebut.

4. Menggunakan pelembap pada bagian leher

Salah satu cara menggunakan moisturizer yang terkadang dilupakan yaitu melewatkan bagian leher.

Padahal, kulit leher merupakan perpanjangan dari kulit wajah yang juga memerlukan perawatan.

Banyak orang yang akan memakai pelembap dengan jumlah lebih banyak di wajah, lalu sisanya dioleskan hingga ke leher.

Faktanya, cara tersebut tidak dianjurkan. Sebaiknya, gunakan satu oles pada wajah dan gunakan satu oles lagi untuk leher Anda.

Bila hanya setengah-setengah, bisa jadi nanti warna kulit leher dengan wajah akan jauh berbeda, alias tampak belang.

5. Memilih pelembap sesuai jenis kulit

Mirip dengan produk pencuci wajah, memilih pelembap pun perlu dilihat berdasarkan jenis kulit. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan cara memakai pelembap dengan benar.

Nyatanya, kandungan pelembap cenderung membuat kulit lebih berminyak. Hal ini dikarenakan moisturizer dipakai untuk melembapkan bagian tubuh yang cenderung kering.

Itu sebabnya, Anda perlu berhati-hati ketika memilih moisturizer. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli sebuah pelembap yaitu:

  • kulit normal dapat memakai pelembap ringan dengan kandungan minyak alami, dan
  • pemilik kulit kering membutuhkan losion yang lebih berat untuk mengunci kelembapan kulit.

Bila pilihan pelembap sudah sesuai dengan kondisi kulit wajah, tentu hasilnya akan lebih maksimal ketika dibarengi dengan teknik yang tepat.

6. Akhiri dengan menggunakan tabir surya

arti SPF dan PA dalam sunscreen

Jika sudah selesai menggunakan moisturizer, akhiri langkah-langkah perawatan kulit dengan memakai tabir surya.

Usahakan untuk memilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Lalu, oleskan kembali setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Bila perlu, cobalah membeli pelembap atau skincare yang mengandung SPF guna memudahkan Anda dalam menjalani perawatan kulit.

7. Menggunakan pelembap setelah krim obat

Bagi Anda yang tengah menggunakan krim obat, seperti kortikosteroid atau tacrolimus, sebaiknya tunggu 30 menit sebelum memakai pelembap.

Jangan lupa untuk memeriksa kemasan obat dan gunakan obat serta perawatan kulit lainnya sesuai instruksi dokter.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan diskusikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi guna memahami solusi apa yang tepat untuk Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Moisturizers: Options for softer skin. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 8 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232 

How to Choose the Best Moisturizer for Your Dry Skin. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 8 July 2021, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-choose-the-best-moisturizer-for-your-dry-skin/ 

Vinall, M. (2020). How to Moisturize Your Face: Expert Tips, When to Do It, and Ingredients to Look For. Healthline. Retrieved 8 July 2021, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-moisturize-face 

The Importance of Moisturizing. (n.d). University of Tennessee Medical Center. Retrieved 8 July 2021, from https://www.utmedicalcenter.org/the-importance-of-moisturizing/ 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x