home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

9 Makanan dan Minuman yang Bikin Anda Lebih Cepat Tua

9 Makanan dan Minuman yang Bikin Anda Lebih Cepat Tua

Tanpa disadari, beberapa makanan yang Anda konsumsi setiap hari dapat menurunkan kondisi kulit, mengubah warna gigi, dan bahkan memengaruhi penampilan secara keseluruhan sehingga bikin Anda cepat tampak tua.

Merawat penampilan tidak cukup dengan datang ke dokter kulit dan rajin memakai produk skincare. Mungkin Anda penasaran dengan bagaimana makanan memengaruhi penampilan serta makanan apa yang perlu Anda batasi. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Makanan yang bikin Anda cepat tampak tua

ngidam makanan manis

Apa yang Anda makan dapat membuat kondisi kulit Anda menjadi lebih baik atau buruk. Jika Anda ingin terus awet muda serta mencegah penuaan dini pada kulit, mulailah batasi asupan makanan dan minuman yang bikin tampak cepat tua di bawah ini.

1. Makanan manis bikin tampak cepat tua

Sel membutuhkan waktu untuk memproses gula. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan manis, molekul gula yang berlebih akan bergabung dengan protein sehingga membentuk advanced glycation end products (AGES).

Molekul AGES dapat merusak kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang menyusun kulit, kuku, dan berbagai jaringan lain pada tubuh Anda. Salah satu ciri kerusakan kolagen ialah kulit yang kendur, kering, dan kusam.

Terlalu sering makan manis juga buruk bagi senyum Anda. Gula yang menempel pada gigi bisa memicu pertumbuhan bakteri, pembusukan gigi, dan perubahan warna gigi. Jadi, sebisa mungkin batasi makanan yang bikin Anda cepat tua ini.

2. Alkohol

Organ hati yang sehat mencerminkan kulit yang sehat. Ariel Ostad, seorang dokter dari American Academy of Dermatology, menyatakan bila hati berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan keluar secara alami melalui tubuh.

Namun, ketika racun menyebar di dalam hati dan tidak terurai dengan benar, kulit akan mengalami berbagai masalah. Gangguan yang dapat muncul antara lain masalah jerawat, warna yang pudar, keriput, hingga rosacea.

Alkohol juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda secara tidak langsung, seperti yang disebutkan dalam penelitian oleh Case Western Reserve University, AS. Minuman ini menyebabkan dehidrasi sehingga kulit tampak kecokelatan, keriput, dan kendur.

3. Daging gosong

Walaupun enak bagi beberapa orang, makanan yang satu ini ternyata bisa bikin Anda cepat tua. Ini karena bagian gosong pada daging barbeku atau burger Anda mungkin mengandung zat yang disebut hidrokarbon pro-inflamasi.

Zat tersebut membawa masalah bagi kulit karena bisa merusak kolagen. Padahal, kulit membutuhkan kolagen untuk menjaga struktur, kekencangan, dan kelenturannya. Jika kolagen rusak, kulit tentu tidak lagi tampak sehat.

Meski demikian, Anda tidak perlu sepenuhnya menghapus barbeku dari daftar makanan favorit Anda. Paling tidak, pastikan Anda mengikis bagian daging yang gosong dan membersihkan panggangan sehingga tidak mengotori makanan berikutnya.

4. Makanan tinggi natrium (garam)

Anda barangkali tidak memasak dengan garam, tapi ini tidak menjamin asupan harian garam Anda lebih rendah. Pasalnya, unsur natrium pada garam terdapat pada banyak produk kemasan dan makanan olahan.

Natrium berikatan dengan air di dalam tubuh Anda. Mineral ini juga dapat menahan air pada area wajah sehingga membuat pipi tampak ‘membengkak’. Cara mengatasinya yakni dengan menggunakan produk pelembap yang mengandung kafein.

Selain itu, Anda juga dapat mencegahnya dengan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium yang bikin wajah cepat tua. Mulailah dengan membatasi konsumsi makanan kalengan, kacang asin, dan junk food.

5. Anggur putih dan minuman asam

Konsumsi anggur putih dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Ini karena asam yang terkandung dalam anggur putih bisa merusak lapisan email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap noda yang tahan lama.

Hal yang sama juga berlaku dengan minuman asam seperti jus jeruk dan lime squash. Sekalipun menyehatkan, Anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi gigi.

Hindari pula kebiasaan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman asam. Maureen McAndrew, profesor klinis dari New York University School of Dentistry, AS, menyarankan untuk setidaknya menunggu satu jam sebelum Anda menyikat gigi.

6. Makanan pedas

Makanan pedas memang nikmat dan merangsang nafsu makan. Namun, makanan ini jugalah yang bikin kulit Anda cepat tua. Para ahli meyakini bahwa penyebabnya karena makanan pedas membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih lebar.

Hal ini berdampak buruk khususnya bagi penderita rosacea. Mereka memiliki kulit yang kemerahan dengan pembuluh darah yang tampak jelas. Jika pembuluh darah di bawah kulit melebar, ruam kemerahan pada wajah akan semakin terlihat.

Konsumsi makanan pedas secara berlebihan juga dapat menyebabkan pembengkakan kulit dan munculnya bintil-bintil berisi nanah selama berminggu-minggu. Pada sejumlah penderita, bercak kemerahan pada kulit bahkan bisa bersifat permanen.

7. Minuman berkafein

Minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh bersifat diuretik. Artinya, minuman ini bisa mengeluarkan cairan dan menguras kelembapan dari tubuh, termasuk kulit. Tanpa asupan air yang cukup, kulit dapat mengalami dehidrasi sehingga tampak kusam.

Konsumsi makanan pedas, tinggi gula, atau tinggi natrium ditambah minuman berkafein merupakan kombinasi pas yang akan bikin kulit Anda cepat tua. Oleh sebab itu, usahakan untuk membatasi asupan kopi dan teh Anda setiap hari.

Jika sulit membatasinya, paling tidak Anda harus minum cukup air untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh bersama urine. Jangan lupa gunakan krim pelembap mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

8. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Ini karena lemak trans memperparah peradangan pada kulit, dan peradangan merupakan salah satu penyebab rusaknya kolagen.

Ditambah lagi, lemak trans yang tidak menyehatkan juga membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Pertahanan kulit dari paparan sinar matahari yang minim tersebut merupakan penyebab nomor satu penuaan kulit.

Jadi, mulailah membatasi makanan yang bikin Anda cepat tua ini. Jangan pula terkecoh dengan label yang mencantumkan keterangan “lemak trans 0 gram”, sebab proses pengolahan makanan tetap berisiko mengubah lemak menjadi lemak trans.

9. Minuman berenergi

Minuman berenergi mungkin bisa membuat Anda semangat menjalani hari. Sayangnya, minuman ini memiliki efek negatif bagi kesehatan gigi. Seperti anggur putih, kandungan gula dan asam pada minuman berenergi dapat merusak lapisan email gigi.

Konsumsi berlebihan tidak hanya bisa merusak gigi, tapi juga menyebabkan perubahan warna dari waktu ke waktu. Kandungan kafeinnya juga merangsang pengeluaran air dari dalam tubuh sehingga Anda lebih rentan mengalami dehidrasi.

Apabila Anda mencari minuman untuk meningkatkan energi, sports drink dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Kalori sports drink hanya dua pertiga dari minuman berenergi. Minuman ini juga mengandung elektrolit, lebih rendah gula, dan bebas kafein.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari ternyata bisa bikin penampilan cepat tua, apalagi bila dikonsumsi berlebihan. Oleh sebab itu, batasi asupannya dan imbangi dengan pola makan sehat yang kaya akan makanan alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cutaneous adverse effects of alcohol. (2011). Retrieved 19 April 2021, from https://dermnetnz.org/topics/cutaneous-adverse-effects-of-alcohol/

Salt and your health, Part I: The sodium connection. (2010). Retrieved 19 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/salt-and-your-health

Guidelines for a Low Sodium Diet. (n.d.). Retrieved 19 April 2021, from https://www.ucsfhealth.org/education/guidelines-for-a-low-sodium-diet

Hot Sauce, Wine And Tomatoes Cause Flare-Ups, Survey Finds. (2005). Retrieved 19 April 2021, from https://www.rosacea.org/rosacea-review/2005/fall/hot-sauce-wine-and-tomatoes-cause-flare-ups-survey-finds

Want Healthy Skin? Limit These 5 Types of Foods. (2020). Retrieved 19 April 2021, from https://health.clevelandclinic.org/want-healthy-skin-limit-these-5-types-of-foods/

Sports and Energy Drinks: How Different?. (2013). Retrieved 19 April 2021, from https://www.aicr.org/resources/blog/sports-energy-drinks-teens

Aeberli, I., Gerber, P., Hochuli, M., Kohler, S., Haile, S., Gouni-Berthold, I, et al.. (2011). Low to moderate sugar-sweetened beverage consumption impairs glucose and lipid metabolism and promotes inflammation in healthy young men: a randomized controlled trial. The American Journal Of Clinical Nutrition, 94(2), 479-485. https://doi.org/10.3945/ajcn.111.013540

Brymora, A., Flisiński, M., Johnson, R. J., Goszka, G., Stefańska, A., & Manitius, J. (2012). Low-fructose diet lowers blood pressure and inflammation in patients with chronic kidney disease. Nephrology, dialysis, transplantation : official publication of the European Dialysis and Transplant Association – European Renal Association, 27(2), 608–612. https://doi.org/10.1093/ndt/gfr223

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 27/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri