Mengenal Anatomi Hati Manusia Lengkap Berdasarkan Bagiannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hati (hepar/liver) adalah organ vital yang memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan dan metabolisme, penyimpanan nutrisi tubuh, serta kekebalan tubuh. Namun, apa saja anatomi dan fungsi dari masing-masing bagian hati?

Anatomi hati manusia

sumber: www.anatomylibrary.us

Banyak orang mungkin menganggap organ hati memiliki bentuk seperti ‘love‘ atau daun ivy’. Faktanya, organ dengan berat yang tak lebih dari 1,5 kg ini berbentuk seperti segitiga. Letak hati berada di bagian kanan atas rongga perut dan di bawah diafragma.

Bila dilihat dengan mata telanjang, anatomi hati terdiri dari empat lobus (bagian) dengan ukuran yang berbeda. Berikut ini bagian-bagian lobus hati yang perlu Anda kenali.

1. Lobus kanan (right lobe of liver)

Lobus kanan adalah bagian terbesar di hati dengan ukuran 5 – 6 kali lebih besar daripada lobus kiri.

2. Lobus kiri (left lobe of liver)

Berbeda dengan lobus kanan, bagian hati yang satu ini berbentuk lebih runcing dan kecil. Lobus kiri dan kanan dipisahkan oleh ligamen falciform.

3. Lobus kaudatus

Ukuran lobus kaudatus memang lebih kecil dibanding dua lobus sebelumnya. Letak lobus ini memanjang dari sisi belakan lobus kanan dan membungkus pembuluh darah balik utama (vena cava inferiori).

4. Lobus kuadrat

Dibandingkan dengan lobus kaudatus, lobus kuadrat berada lebih rendah dan berada di sisi belakang lobus kanan hingga membungkus kantong empedu.

Lobus kuadrat dan kaudratus juga jarang terlihat pada gambar anatomi karena letaknya berada di belakang lobus kiri dan kanan.

Setelah mengenal lobus hati, ada bagian hati lainnya yang juga termasuk dalam organ pencernaan, mulai dari saluran empedu hingga lobulus hati.

Saluran empedu

sumber: www.anatomybody-chart.us

Saluran empedu merupakan saluran penghubung hati dan kantong empedu, yaitu tempat penyimpanan empedu. Empedu adalah zat yang diproduksi tubuh untuk membantu mencerna lemak dan akan disimpan di dalam kantong empedu.

Selanjutnya, saluran empedu bertemu dengan saluran hepatik kiri dan kanan yang lebih besar. Kedua saluran ini nantinya membawa empedu dari lobus hati bagian kiri dan kanan.

Kemudian, dua saluran hepatik juga akan bergabung sehingga membentuk satu saluran untuk mengalirkan semua empedu dari hati. Sebagian besar empedu yang dihasilkan dari hati dialirkan ke kantong penyimpanan, sampai digunakan untuk proses pencernaan.

Pembuluh darah

Berbedan organ tubuh lainnya, suplai darah dari hati memiliki sistem vena portal hepatik.

Darah yang berasal dari organ seperti limpa, pankreas, kantong empedu, dan usus akan berkumpul di dalam vena portal hepatik. Dari tempat tersebut, darah dikirim ke organ hati yang akan diproses dahulu sebelum diteruskan.

Anatomi bagian hati yang satu ini menjadi tempat berkumpulnya darah dari hati. Selanjutnya, darah akan mengarah ke vena cava lalu kembali ke jantung.

Sama seperti organ tubuh lainnya, hati manusia juga mempunyai arteri dan arteriol yang memproduksi darah mengandung oksigen untuk kebutuhan jaringannya.

Lobulus

Tahukah Anda bahwa struktur internal hati tersusun dari sekitar 100.000 sel hati? Sel hati merupakan bagian hati di bagian dalam yang berbentuk heksagonal dan dikenal dengan nama lobulus.

Setiap lobulus hati terdiri dari pembuluh darah pusat yang dikelilingi oleh enam pembuluh darah vena hepatik dan enam arteri hepatik. Pembuluh darah ini dihubungkan oleh banyak saluran pembuluh darah kecil yang berliku-liku, atau biasa disebut sinusoid.

Setiap sinosuid memiliki dua jenis sel utama, yaitu sel kupffer dan sel hepatosit.

Sel kupffer

Sel kupffer adalah sel yang berasal dari jaringan sel darah putih. Fungsi sel hati ini menghancurkan zat asing atau sel-sela mata. Pada anatomi hati, sel kuppfer berperan menangkap dan memecah sel darah merah yang sudah tua dan meneruskannya ke sel hepatosit.

Sel hepatosit

Sel hepatosit adalah sel yang melapisi sinusoid dan membentuk sebagian besar sel di hati. Hepatosit memiliki fungsi penting karena melakukan sebagian besar fungsi hati, yakni:

  • pencernaan,
  • metabolisme, dan
  • penyimpanan serta produksi empedu.

Dengan mengenal anatomi hati dengan baik, Anda bisa menjaga kesehatan liver dari sekarang. Merawat hati berarti mengantisipasi terjadinya beragam penyakit pada organ liver.

Habis Minum Minuman Beralkohol?

Ukur berapa kadar alkohol dalam darahmu sekarang!

Hitung di Sini!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit