home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Anggap Sepele! Ini 3 Bahayanya Jika Jerawat Tidak Diobati Sampai Tuntas

Jangan Anggap Sepele! Ini 3 Bahayanya Jika Jerawat Tidak Diobati Sampai Tuntas

Karena jerawat sudah jadi masalah kulit yang cukup umum, banyak orang menyepelekan pentingnya mengobati jerawat sampai tuntas. Padahal, ada macam-macam komplikasi jerawat yang mungkin menyerang bila Anda malas atau tidak mau mengobati jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Berbagai komplikasi jerawat bila tidak segera diobati

Jerawat muncul ketika produksi sebum (minyak alami) di bawah lapisan kulit Anda sudah terlalu banyak. Kadar sebum yang terlalu banyak akan memicu pertumbuhan bakteri bernama Propionibacterium acnes. Infeksi bakteri inilah yang kemudian menyebabkan jerawat yang meradang.

Nah, bila peradangan ini tidak ditangani sampai tuntas, akibatnya bisa bermacam-macam. Ini dia komplikasi jerawat yang mungkin terjadi kalau Anda tidak mengobatinya.

Muncul bekas jerawat

Bekas luka jerawat adalah salah satu komplikasi yang paling sering terjadi kalau Anda tidak mengobati jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, semakin lama jerawat ada di kulit, semakin besar pula risiko munculnya bekas luka jerawat. Jadi kalau Anda terlambat mengobati jerawat atau tidak mengobatinya sama sekali, jerawat Anda akan membekas. Sebab, kulit sudah punya sistem khusus sendiri untuk membersihkan jerawat dari wajah. Untuk membantu memperbaiki kerusakan jaringan akibat peradangan, kulit akan memproduksi kolagen.

Nah, produksi kolagen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit inilah yang lantas menyebabkan bekas jerawat. Kebanyakan kolagen membuat bekas jerawat Anda tampak melenting. Sedangkan kekurangan kolagen menyebabkan bekas jerawat yang bopeng.

Oleh karena itu, cepat-cepat obati jerawat dengan salep, krim, atau bahan alami tertentu sangat penting. Dengan obat jerawat, peradangan akan cepat mereda sehingga tubuh tidak akan kekurangan kolagen atau justru memproduksi kebanyakan kolagen. Di samping itu, mengobati bekas jerawat itu tidak mudah. Jerawat yang tidak diobati beserta bekasnya membutuhkan waktu paling tidak empat sampai lima tahun sampai benar-benar sembuh.

Peradangan tambah parah

Malas mengobati jerawat bisa membuat peradangan semakin menyebar dan parah. Pasalnya, bakteri penyebab peradangan bisa dengan mudah menyebar ke area di sekitarnya. Karena itu, Anda harus mengobati jerawat sekaligus area di sekitarnya untuk mencegah peradangan menyebar.

Merasa tidak percaya diri, bahkan berlanjut depresi

Komplikasi jerawat yang juga tak kalah berbahaya adalah masalah kepercayaan diri. Anda mungkin jadi minder, malu, tidak percaya diri, atau stres berlebihan karena wajah berjerawat. Dalam beberapa kasus, jerawat bahkan bisa jadi salah satu pemicu depresi.

Anda mungkin juga jadi enggan keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain kalau kulit berjerawat. Hal ini tentu akan memengaruhi kesuksesan Anda dalam bergaul atau berkarier. Beberapa remaja juga mengaku tidak percaya diri untuk pergi ke sekolah bila wajahnya sedang berjerawat.

Biasanya orang yang diserang jerawat juga akhirnya menggunakan kosmetik atau makeup yang cukup tebal untuk menutupi masalah kulitnya ini. Padahal, riasan wajah yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori wajah dan meningkatkan produksi sebum. Akibatnya, kulit wajah Anda bisa semakin parah jerawatnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acne Scars: Who Gets and Causes. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/acne-scars#causes. Diakses 16 Agustus 2017.

Consequences for Untreated Acne. http://miamicenterfordermatology.com/blog/consequences-untreated-acne/. Diakses 16 Agustus 2017.

Acne. https://patient.info/health/acne-leaflet. Diakses 16 Agustus 2017.

Psychological Effects of Acne. https://www.dermnetnz.org/topics/psychological-effects-of-acne/. Diakses 16 Agustus 2017.

Acne Complications. http://www.nhs.uk/Conditions/Acne/Pages/Complications.aspx. Diakses 16 Agustus 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri pada 26/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x