Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jerawat adalah masalah kulit yang umum, sehingga Anda mungkin mudah mencari solusinya di dunia maya. Namun, tidak semua hal berbau pengobatan jerawat dapat dipakai. Salah satunya adalah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Bisakah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? 

kode warna pasta gigi

Salah satu mitos tentang penyakit kulit ini yang perlu diluruskan kebenarannya adalah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Kebanyakan orang percaya bahwa kandungan di dalam pasta gigi dapat membantu mengusir jerawat dari kulit. 

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan fluor (fluoride) di pasta gigi dipercaya mampu mengeringkan jerawat lebih cepat. 

Sayangnya, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tidak direkomendasikan oleh dokter. Pasalnya, mengoleskan pasta gigi langsung ke jerawat justru dapat menyebabkan iritasi kulit. 

Tidak hanya iritasi, kulit yang diolesi pasta gigi juga dapat memerah, membuat jerawat Anda tampak lebih terlihat, hingga menimbulkan sensasi terbakar. Manfaat pasta gigi memang banyak, tetapi sebagai cara menghilangkan jerawat bukan salah satunya. 

Mengapa pasta gigi tidak cocok untuk jerawat?

Alih-alih mendapatkan kulit mulus, menghilangkan jerawat dengan pasta gigi justru memperburuk kondisi kulit Anda. 

Kandungan yang ada pada pasta gigi hanya diformulasikan untuk gigi saja, bukan untuk permukaan kulit yang berjerawat. Meski kandungan kimia dalam pasta gigi aman untuk memutihkan gigi Anda, bukan berarti cocok untuk kulit. 

Hal ini dikarenakan pasta gigi memiliki tingkat pH (keasaman) yang dapat mengiritasi kulit yang sehat. Bila pH di kulit terlalu tinggi, ruam dan sensasi terbakar pun dapat muncul.

Di lain sisi, sodium lauryl sulfate yang juga ditemukan di pasta gigi mungkin terlalu keras untuk mengatasi jenis jerawat yang ringan. Tingkat keparahan yang disebabkan oleh penggunaan pasta gigi terhadap jerawat pun akan tergantung pada sensitivitas kulit Anda.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Bagi Anda yang merasa berhasil mendapatkan manfaat dari pasta gigi untuk jerawat tidak boleh senang dahulu. Anda mungkin dapat menghindari iritasi kulit, tetapi ada bahaya lainnya yang mungkin muncul setelah menggunakan pasta gigi. 

Sebagai contoh, kulit yang terlalu kering akibat menggunakan pasta gigi justru dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat baru. Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian pasta gigi untuk jerawat dan beralih ke obat penghilang jerawat yang terbukti aman. 

Cara lain menghilangkan jerawat

vitacid cream

Bila ada teman atau kerabat Anda yang mengklaim menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ampuh bagi mereka, sebaiknya hindari pemikiran untuk menggunakannya. 

Alih-alih menggunakan pasta gigi, ada segudang cara untuk mengatasi jerawat, mulai dari penggunaan bahan alami hingga obat-obatan dari dokter. Berikut ini beberapa alternatif pengobatan jerawat yang mungkin membantu Anda. 

Krim dan salep penghilang jerawat

Salah satu jenis obat jerawat yang paling sering digunakan dan mudah dijumpai adalah krim penghilang jerawat. Krim penghilang jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat telah terbukti dapat mengatasi jenis jerawat ringan. 

Selain salep dan krim penghilang jerawat, Anda juga dapat menggunakan sabun atau pembersih wajah dengan kandungan yang sama. Bila tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Rekomendasi Masker Toko dan Masker Alami Buatan untuk Jerawat

Obat jerawat yang alami

Ketimbang menggunakan pasta gigi yang ada di rumah, menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan dengan berbagai bahan alami yang mudah Anda jumpai. Ada segudang obat alami jerawat yang mungkin tidak Anda sadari dapat dimanfaatkan.

Sebagai contoh, tea tree oil (minyak pohon teh) adalah salah satu cara alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Bahan alami yang satu ini telah lama digunakan oleh banyak orang karena terbukti efektif dan cukup aman. 

Anda dapat mencampurkan minyak pohon teh dengan produk perawatan kulit berjerawat, seperti sabun atau produk lainnya untuk mendukung pengobatan. Selain tea tree oil, ada beragam bahan alami lainnya, seperti:

Meski begitu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan obat-obatan atau bahan alami untuk jerawat. Pasalnya, penggunaannya malah dapat berinteraksi dengan kandungan obat lain yang dipakai dan memicu peradangan di kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah sebuah penyakit kronis (kambuhan) menyerang kulit bagian folikel rambut dan kelenjar keringat. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Kulit kusam, berbintik, kering, dan berjerawat? Mungkin penyebabnya adalah sirkulasi darah yang buruk. Bagaimana sirkulasi bisa membuat kulit lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Kulit 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Ampuh dan Efektif

Tanpa Anda sadari, makan es krim, minuman panas, dan makanan manis bisa bikin gigi ngilu. Simak pilihan obat dan cara mengatasi gigi ngilu berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
urutan produk perawatan kulit skincare malam

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara cuci muka yang benar

Cara Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Bebas dari Kotoran

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit