home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Benarkah Efektif?

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Benarkah Efektif?

Jerawat adalah masalah kulit yang umum, sehingga Anda mungkin mudah mencari solusinya di dunia maya. Namun, tidak semua hal berbau pengobatan jerawat dapat dipakai. Salah satunya adalah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Bisakah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?

kode warna pasta gigi

Salah satu mitos tentang penyakit kulit ini yang perlu diluruskan kebenarannya adalah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Kebanyakan orang percaya bahwa kandungan di dalam pasta gigi dapat membantu mengusir jerawat dari kulit.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan fluor (fluoride) di pasta gigi dipercaya mampu mengeringkan jerawat lebih cepat.

Sayangnya, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tidak direkomendasikan oleh dokter. Pasalnya, mengoleskan pasta gigi langsung ke jerawat justru dapat menyebabkan iritasi kulit.

Tidak hanya iritasi, kulit yang diolesi pasta gigi juga dapat memerah, membuat jerawat Anda tampak lebih terlihat, hingga menimbulkan sensasi terbakar. Manfaat pasta gigi memang banyak, tetapi sebagai cara menghilangkan jerawat bukan salah satunya.

Mengapa pasta gigi tidak cocok untuk jerawat?

Alih-alih mendapatkan kulit mulus, menghilangkan jerawat dengan pasta gigi justru memperburuk kondisi kulit Anda.

Kandungan yang ada pada pasta gigi hanya diformulasikan untuk gigi saja, bukan untuk permukaan kulit yang berjerawat. Meski kandungan kimia dalam pasta gigi aman untuk memutihkan gigi Anda, bukan berarti cocok untuk kulit.

Hal ini dikarenakan pasta gigi memiliki tingkat pH (keasaman) yang dapat mengiritasi kulit yang sehat. Bila pH di kulit terlalu tinggi, ruam dan sensasi terbakar pun dapat muncul.

Di lain sisi, sodium lauryl sulfate yang juga ditemukan di pasta gigi mungkin terlalu keras untuk mengatasi jenis jerawat yang ringan. Tingkat keparahan yang disebabkan oleh penggunaan pasta gigi terhadap jerawat pun akan tergantung pada sensitivitas kulit Anda.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Bagi Anda yang merasa berhasil mendapatkan manfaat dari pasta gigi untuk jerawat tidak boleh senang dahulu. Anda mungkin dapat menghindari iritasi kulit, tetapi ada bahaya lainnya yang mungkin muncul setelah menggunakan pasta gigi.

Sebagai contoh, kulit yang terlalu kering akibat menggunakan pasta gigi justru dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat baru. Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian pasta gigi untuk jerawat dan beralih ke obat penghilang jerawat yang terbukti aman.

Cara lain menghilangkan jerawat

vitacid cream

Bila ada teman atau kerabat Anda yang mengklaim menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ampuh bagi mereka, sebaiknya hindari pemikiran untuk menggunakannya.

Alih-alih menggunakan pasta gigi, ada segudang cara untuk mengatasi jerawat, mulai dari penggunaan bahan alami hingga obat-obatan dari dokter. Berikut ini beberapa alternatif pengobatan jerawat yang mungkin membantu Anda.

Krim dan salep penghilang jerawat

Salah satu jenis obat jerawat yang paling sering digunakan dan mudah dijumpai adalah krim penghilang jerawat. Krim penghilang jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat telah terbukti dapat mengatasi jenis jerawat ringan.

Selain salep dan krim penghilang jerawat, Anda juga dapat menggunakan sabun atau pembersih wajah dengan kandungan yang sama. Bila tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rekomendasi Masker Toko dan Masker Alami Buatan untuk Jerawat

Obat jerawat yang alami

Ketimbang menggunakan pasta gigi yang ada di rumah, menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan dengan berbagai bahan alami yang mudah Anda jumpai. Ada segudang obat alami jerawat yang mungkin tidak Anda sadari dapat dimanfaatkan.

Sebagai contoh, tea tree oil (minyak pohon teh) adalah salah satu cara alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Bahan alami yang satu ini telah lama digunakan oleh banyak orang karena terbukti efektif dan cukup aman.

Anda dapat mencampurkan minyak pohon teh dengan produk perawatan kulit berjerawat, seperti sabun atau produk lainnya untuk mendukung pengobatan. Selain tea tree oil, ada beragam bahan alami lainnya, seperti:

Meski begitu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan obat-obatan atau bahan alami untuk jerawat. Pasalnya, penggunaannya malah dapat berinteraksi dengan kandungan obat lain yang dipakai dan memicu peradangan di kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Malhi, H., Tu, J., Riley, T., Kumarasinghe, S., & Hammer, K. (2016). Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study. Australasian Journal Of Dermatology, 58(3), 205-210. doi: 10.1111/ajd.12465. Retrieved 15 October 2020. 

Hulick, K. (2016). Minty fresh zits treatment. Science News for Students. Retrieved 15 October 2020, from https://www.sciencenewsforstudents.org/article/minty-fresh-zits-treatment 

Bondi, C. A. M., Marks, J. L., Wroblewski, L. B., Raatikainen, H. S., Lenox, S. R., & Gebhardt, K. E. (2015). Human and Environmental Toxicity of Sodium Lauryl Sulfate (SLS): Evidence for Safe Use in Household Cleaning Products. Environmental Health Insights. https://doi.org/10.4137/EHI.S31765. Retrieved 15 October 2020. 

A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of A Pimple – Stat. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 15 October 2020, from https://fluoridealert.org/studies/saunders-1975/ 

What is acne. (2016). National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Retrieved 15 October 2020, from https://www.niams.nih.gov/health-topics/acne

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 05/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x