Jerawat Bisa Jadi Pertanda Anda Punya Gangguan Hormon

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jenis jerawat yang paling umum adalah jerawat yang muncul selama masa pubertas akibat perubahan kadar hormon. Namun, terkadang jerawat lebih dari sekedar suatu masalah kulit. Jerawat dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan lain yang tersembunyi. Anda harus memeriksa jerawat Anda untuk mengetahui apa yang ada di baliknya, terutama karena jerawat tanda masalah hormon biasanya sering dikira hanya masalah kulit biasa.

Masalah hormon yang sering ditandai dengan jerawat

Jerawat paling sering muncul akibat perubahan hormon. Namun, ketika jerawat tanda masalah hormon biasanya muncul saat Anda mengidap kondisi berikut.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) adalah suatu masalah hormon yang mengenai wanita. Dalam gangguan ini, hormon dalam tubuh Anda tidak seimbang. Ovarium dapat memiliki banyak kista. Itulah mengapa ini disebut sindrom ovarium polikistik.

PCOS dapat mempersulit wanita untuk menjadi hamil. PCOS yang tidak diobati dapat menyebabkan diabetes atau masalah jantung. PCOS juga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, dan jerawat. Ini adalah gejala yang paling terlihat karena jerawat memengaruhi penampilan Anda.

Ciri jerawat tanda PCOS

Jika jerawat Anda masih bertahan setelah masa pubertas terutama di pipi, dagu, leher atas; atau jerawat muncul sebelum menstruasi, Anda harus berkonsultasi pada dokter atau dermatologist untuk diagnosis yang tepat. Anda mungkin memiliki PCOS. Deteksi dini membantu Anda mengendalikan gangguan ini dengan lebih baik.

Masalah hormon lainnya

Sebagian orang memiliki masalah yang disebut hiperplasia adrenal kongenital. Ini adalah istilah kondisi di mana tubuh tidak memiliki beberapa enzim yang berkaitan dengan produksi beberapa hormon tertentu. Anda mungkin memiliki terlalu sedikit hormon seks seperti testosteron.

Bagaimana cara mengobati jerawat hormonal?

Jika Anda memiliki PCOS, obat-obatan topikal seperti retinoid mungkin tidak akan mempan untuk kondisi jerawat Anda. Namun, kebutuhan Anda mungkin terpenuhi oleh terapi hormon seperti pil KB. Pil ini memberikan hormon estrogen dan progesteron. Namun, Anda harus menunggu selama berbulan-bulan untuk melihat efeknya.

Jika kebutuhan Anda tidak terpenuhi oleh pil KB, dokter dapat menganjurkan Anda untuk menggunakan spironolactone, terutama jika Anda merokok, karena merokok dapat mengurangi efek kontrasepsi. Terkadang, Anda harus menunggu selama beberapa tahun untuk melihat perkembangannya.

Jerawat muncul akibat perubahan hormon selama masa remaja. Namun, jika perubahan tersebut disertai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, dan kenaikan berat badan, Anda mungkin memiliki gangguan hormon lainnya. Periksakan terlebih dahulu untuk menemukan penyebabnya dan pilih metode pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Apa penyebab, ciri-ciri, dan obat yang sering digunakan untuk mengobati psoriasis?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 13 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Penyebab Penyakit Kulit Beserta Faktor yang Meningkatkan Risikonya

Tiap penyakit kulit punya beragam penyebab. Untuk itu, penting mengetahui penyebab pastinya agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 11 menit

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Entah karena terbakar matahari, perawatan wajah, atau alasan lain, Anda mungkin menemukan kulit mengelupas tiba-tiba. Bagaimana merawatnya agar tak rusak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
dermatitis

Dermatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
dermatitis seboroik adalah eksim kulit kepala

Dermatitis Seboroik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
mengatasi patah hati

5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit