9 Tanda Ada Masalah Pada Liver Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Hati atau liver adalah organ pencernaan yang berada tepat di bawah tulang rusuk, tepatnya di sisi kanan perut Anda. Organ ini berfungsi mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun. Bila kerusakan hati terjadi, tanda-tandanya tentu dapat mengganggu kesehatan . Lantas, apa saja gejala sakit liver?

Gejala umum dari sakit liver

penyakit hati (liver) hepatitis sirosis

Umumnya, penyakit liver, terutama pada tahap awal, tidak menunjukkan tanda dan gejala yang kentara. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kerusakan hati bisa ditandai dengan kondisi tertentu. 

Berikut ini sejumlah ciri-ciri penyakit liver yang perlu Anda waspadai. Pasalnya, semakin cepat gangguan fungsi hati ditangani, semakin besar peluang kesembuhan yang dimiliki. 

1. Penyakit kuning

Salah satu gejala umum dari sakit liver adalah penyakit kuning atau jaundice. Penyakit kuning adalah kondisi ketika selaput mata dan kulit menjadi berwarna kuning. Hal ini terjadi ketika kadar pigmen empedu (bilirubin) meningkat drastis dalam darah. 

Begini, kadar bilirubin yang tinggi dapat dipicu oleh peradangan, masalah pada sel hati, hingga penyumbatan saluran empedu. Selain itu, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh kerusakan sel darah merah dan hal ini cenderung terjadi pada bayi yang baru lahir.

Itu sebabnya, penyakit kuning sering menjadi ciri-ciri sakit liver yang pertama dan terkadang menjadi satu-satunya tanda dari penyakit ini. 

2. Nyeri perut bagian atas

Ada banyak penyakit yang dapat memicu rasa sakit pada bagian atas dan salah satunya adalah penyakit liver. Nyeri perut bagian atas adalah gejala yang paling sering dialami oleh pasien sakit liver karena letak organ hati yang berada di sekitar area tersebut. 

Penyebab Paling Umum Sakit Perut Sebelah Kanan

Meski tidak terlalu sering memicu rasa sakit, ada beberapa jenis penyakit liver yang menjadi dalang dari nyeri perut ini, yakni: 

  • abses, nanah yang berkumpul di sekitar hati memicu rasa sakit, 
  • penyakit hepatitis dan memicu rasa sakit pada perut bagian atas, 
  • hepatitis alkoholik akibat konsumsi alkohol terlalu banyak merusak hati dan menyebabkan rasa sakit, dan
  • pembesaran hati akibat kanker yang dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman pada perut. 

Bila rasa sakit pada perut disertai dengan menguningnya kulit dan selaput mata, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. 

3. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala umum yang sering dialami oleh pasien sakit liver, terutama penyakit hepatitis, baik akibat dari virus maupun konsumsi berlebihan. Namun, rasa lelah yang dialami tidak bisa menjadi pertanda tingkat keparahan dari penyakit hati. 

Hal ini dikarenakan gejala penyakit hati ini tidak dialami oleh semua orang. Beberapa pasien penyakit liver mungkin sangat merasa lelah, sedangkan lainnya tidak merasakan hal yang sama. 

Selain itu, kelelahan juga bisa dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti anemia dan pola makan yang buruk. Hal ini yang membuat dokter sulit menentukan, apakah kelelahan yang dialami disebabkan oleh penyakit hati atau masalah kesehatan lainnya. 

4. Perut bengkak

akibat perut buncit

Beberapa dari Anda mungkin merasa bahwa perut yang bengkak atau bunci disebabkan oleh terlalu banyak makan. Faktanya, perut yang bengkak bisa menjadi salah satu ciri-ciri dari penyakit liver. 

Hal ini dikarenakan perut bengkak dapat disebabkan oleh asites. Asites adalah penumpukan cairan pada rongga perut akibat kebocoran cairan dari hati dan usus. Kondisi ini sering menjadi gejala dari penyakit liver dan dapat memicu perut bengkak.

Selain itu, perut bengkak juga terkadang menyebabkan rasa nyeri dan sesak napas. Namun, perlu diingat bahwa kondisi juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari masalah kesehatan lainnya, sehingga tidak bisa selalu disebabkan oleh sakit liver.

5. Warna urine berubah menjadi gelap

Bila Anda menjumpai warna urine berubah menjadi gelap atau kecoklatan, ada kemungkinan hal tersebut adalah gejala dari sakit liver. Mengapa demikian? 

Perubahan warna urine menjadi gelap sering terjadi akibat adanya bilirubin atau mioglobin pada urine. 

Bilirubin adalah senyawa yang memecah hemoglobin dan senyawa lainnya. Umumnya, hati akan mencerna bilirubin dan mengirimkannya ke saluran empedu. Dari saluran empedu, bilirubin akan masuk ke usus kecil atau disimpan di kantong empedu. 

Bila hati mengalami peradangan, rusak, atau saluran empedu tersumbat, bilirubin tidak dapat keluar dari hati. Akibatnya, kadar bilirubin dalam darah pun meningkat dan keluar dari ginjal. 

Itu sebabnya, orang yang mengalami hepatitis atau sirosis sering ditandai dengan warna urine yang gelap. 

6. Wasir atau ambeien

cara mengobati ambeien dengan obat

Gejala penyakit liver lainnya yang perlu Anda waspadai adalah wasir atau ambeien. Pasalnya, pasien sirosis hati berisiko mengalami wasir. Hal ini dapat terjadi karena sirosis hati menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di dalam rektum atau varises. 

Pembuluh darah yang membengkak ini dapat terjadi tanpa sembelit dan bisa memicu perdarahan, serta komplikasi lainnya. 

Selain itu, penumpukan cairan pada perut atau asites juga bisa meningkatkan risiko wasir. Pasalnya, cairan berlebih di perut yang menyebabkan perut bengkak dapat menekan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan aliran darah terganggu. 

7. Warna BAB pucat

Sama seperti urine, perubahan warna BAB menjadi pucat juga disebabkan oleh bilirubin. Pada saat hati melepaskan bilirubin ke feses, BAB Anda umumnya akan berwarna coklat.

Bila feses berwarna tanah liat atau pucat, ada kemungkinan Anda mengalami infeksi pada hati yang disebabkan oleh produksi empedu atau aliran empedu keluar. Selain itu, orang yang mengalami sakit kuning juga sering ditandai dengan warna BAB yang pucat. 

Gejala sakit liver ini mungkin disebabkan oleh penumpukan zat kimia empedu di dalam tubuh. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang berhubungan dengan penyakit liver yang dapat mengubah warna BAB, seperti: 

8. Mudah memar

Bagi Anda yang sering mendapati kulitnya terdapat memar-memar meski tidak pernah jatuh, mungkin perlu berhati-hati. Pasalnya, mudah memar juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari penyakit liver akibat konsumsi alkohol berlebihan.

Begini, penyalahgunaan alkohol adalah faktor risiko utama dari penyakit hati, seperti sirosis. Pada saat kerusakan hati berkembang, hati mungkin akan berhenti memproduksi protein yang membantu proses pembekuan darah. 

Alcoholic Fatty Liver: Penyakit Hati Karena Minum Alkohol

Proses pembekuan darah yang terganggu bisa membuat Anda mudah memar yang juga bisa disertai dengan kondisi lainnya, seperti:

  • rasa gatal, 
  • kelelahan, 
  • kaki bengkak, hingga
  • penyakit kuning. 

9. Ciri-ciri kerusakan hati lainnya

Selain gejala sakit liver yang telah disebutkan di atas, ada beberapa kondisi yang juga bisa menjadi pertanda kerusakan hati, seperti: 

  • nafsu makan menurun, 
  • mual dan muntah, 
  • kulit pucat, 
  • anemia, 
  • mudah bingung, hingga
  • diare

Bila Anda mengalami salah satu atau lebih gejala yang telah disebutkan, dan tidak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter. 

Semakin cepat Anda mendapatkan penanganan, semakin besar peluang kesembuhan yang dimiliki. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko gagal hati permanen yang mungkin membutuhkan pengobatan seumur hidup.

Habis Minum Minuman Beralkohol?

Ukur berapa kadar alkohol dalam darahmu sekarang!

Hitung di Sini!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Gejala Hepatitis yang Perlu Dikenali Sebelum Terlambat

Tidak semua orang terinfeksi hepatitis akan menunjukkan gejala, walau kadang bisa muncul mirip flu. Kenali gejala hepatitis sebelum terlambat.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

10 Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab kaki bengkak, mulai dari cedera, lama berdiri, kehamilan, dan banyak lagi. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 10 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati Anda

Hati-hati karena obat yang dijual bebas dapat menjadi racun bagi hati. Simak cara udah menjaga kesehatan hati berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 10 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Apa Hubungan Kayu Manis (Cinnamon) dan Penyakit Liver?

Kayu manis memang punya segudang manfaat kesehatan. Namun, konsumsi cinnamon pun bisa berbahaya bagi pengidap penyakit liver.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 29 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Daftar pantangan makanan untuk pengidap hepatitis

7 Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
efek alkohol pada ereksi

Benarkah Alkohol Membuat Pria Sulit Ereksi?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara penularan hepatitis a

Hindari Berbagai Cara dan Risiko Penularan Hepatitis A Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
akibat bau mulut

Kenali Beberapa Penyakit yang Ditandai oleh Bau Mulut

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit