Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 6 Minggu

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Perkembangan bayi usia 6 minggu

Bagaimana perkembangan bayi di minggu 6?

Senyum itu universal. Jadi, bersiaplah untuk mendapatkan hadiah berupa senyuman berseri-seri tanpa gigi dari bayi Anda, hanya untuk Anda. Ini pasti akan meluluhkan hati Anda. Pada minggu kedua bulan pertama, bayi biasanya mampu memiliki reaksi tertentu terhadap bunyi lonceng, misalnya menatap, menangis, atau terdiam.

Kebanyakan ahli menyarankan untuk menaruh bayi di atas ranjang saat masih terjaga, tapi sudah mengantuk. Ini akan membantunya belajar tertidur dengan sendirinya, keahlian yang akan berguna bagi Anda dan bayi ketika dia terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Anda bisa membantu bayi mencapai tahap tersebut lebih cepat dengan menetapkan kebiasaan tidur yang sehat dari awal, misalnya rutinitas jam tidur yang diawali dengan mandi yang menenangkan, pijat bayi, atau cerita sebelum tidur. Rutinitas ini juga membantu membangun sifat mandiri bayi.

Kesehatan Bayi Usia 6 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 6?

Tergantung kesehatan bayi, dokter akan melakukan pemeriksaan tertentu. Namun bila Anda membawanya ke dokter minggu ini, konsultasikan kepada dokter tentang hal di bawah ini:

  • Jika berat badan bayi sulit naik atau mengalami penyakit apapun
  • Jika Anda cemas dengan kebiasaan, pola tidur, dan pola makan bayi yang tidak wajar selama 2 minggu terakhir

Merawat bayi usia 6 minggu

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Nutrisi bayi

Jangan khawatir bila Anda tidak bisa menyusui. Bayi yang diberi susu botol, selama tetap sehat, bahagia, dan memiliki berat badan yang normal, artinya ia mendapatkan cukup nutrisi. Namun terlalu banyak susu formula dapat membuat bayi terlalu gemuk yang juga bisa mengakibatkan masalah lainnya. Bila bayi muntah, sakit perut, atau mengalami kenaikan berat badan drastis, bisa saja ini berarti bayi terlalu banyak minum susu formula. Dokter anak akan mampu memberitahu Anda berapa banyak susu formula yang harus bayi dapatkan setiap jam makan.

Pada tahap ini, dokter mungkin juga meresepkan beberapa vitamin dan nutrisi seperti vitamin D dan zat besi.

Posisi tidur

Ketika orangtua menidurkan bayi, pilihan terbaik adalah posisi telentang. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur telentang mengurangi peluang terkena demam, hidung tersumbat, dan infeksi telinga serta muntah di malam hari. Mulailah tidurkan bayi dengan posisi telentang segera, sehingga dia akan terbiasa dan merasa nyaman dalam posisi itu sejak awal.

Pernapasan bayi

Laju pernapasan bayi baru lahir yang normal adalah sekitar 40 kali setiap menit selama terjaga; ketika bayi tidur, laju pernapasan mungkin melambat sampai 20 kali per menit. Tapi yang mungkin membuat Anda cemas adalah jika pola pernapasan bayi tidak teratur saat tidur. Bayi mungkin bernapas dengan cepat, dengan napas yang cepat dan dangkal berulang kali, yang berlangsung selama 15-20 detik, dan biasanya berhenti selama kurang dari 10 detik, dan kemudian bernapas lagi. Jenis pola pernapasan ini yang disebut pernapasan periodik, termasuk normal dan ini diakibatkan oleh pusat pengendalian pernapasan bayi yang belum sempurna di dalam otak. Jangan membalut bayi dengan gurita karena lilitan gurita yang terlalu ketat bisa mengganggu kelancaran saluran napas bayi.

Kebersihan tali pusar

Infeksi tali pusar jarang terjadi, terutama bila Anda membersihkan daerah tali pusar dan menjaga bayi Anda tetap bersih dan kering. Jika Anda memperhatikan adanya bercak kemerahan pada kulit atau tali pusar atau ada cairan dari tali pusar bagian bawah, terutama bila tali pusar berbau, segera bawa bayi Anda ke dokter. Jika bayi Anda mengalami infeksi, dokter akan memberikan antibiotik. Tali pusar biasanya mengering dan lepas dalam 1-2 minggu setelah bayi lahir. Ketika tali pusar lepas, Anda mungkin menemukan adanya sedikit darah atau cairan seperti darah mengalir. Ini adalah hal yang lumrah dan tidak perlu dicemaskan. Namun, bila pusar tidak menutup sempurna dan tidak mengering dalam 2 minggu setelah tali pusar lepas, bawa bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 6 minggu?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Tidur bayi

Tidak ada hal yang lebih membahagiakan daripada melihat malaikat kecil Anda tidur. Namun, bila bayi Anda tertidur dalam dekapan Anda saat Anda sibuk dengan pekerjaan lainnya, pindahkan bayi ke atas tempat tidur dengan lembut lalu tunggu selama 10 menit sampai dia benar-benar tidur, kemudian cobalah:

  • Taruh bayi di atas matras yang tinggi. Selama beberapa minggu pertama, gunakan pengganti tempat tidur bayi seperti kereta dorong, ayunan bayi, atau buaian, semua ini mungkin membuat Anda lebih mudah membawa bayi keluar masuk.
  • Kurangi cahaya di dalam kamar tidur bayi.
  • Semakin jauh jarak antara tempat bayi tidur dan tempat Anda akan menaruhnya, semakin besar kesempatan bayi terbangun. Jadi beri makan atau ayun bayi sedekat mungkin dengan buaian atau boks bayi.
  • Beri makan atau ayun bayi dengan lengan Anda yang paling nyaman, untuk mempermudah Anda menidurkan bayi di dalam boks bayi
  • Awasi bayi Anda
  • Nyanyikan beberapa lagu pengantar tidur

Menangis

Pada minggu kedua bulan pertama, bayi mungkin masih menangis. Beberapa solusi ini mungkin bisa berguna untuk Anda. Daripada mencoba banyak jenis metode untuk membujuk bayi, Anda perlu mencoba cara lainnya. Cobalah setiap metode sebelum Anda menggunakan metode lainnya. Beberapa trik yang bisa Anda coba di kesempatan lainnya sebelum bayi mulai menangis antara lain:

  • Respon. Jangan khawatir Anda akan memanjakan bayi Anda jika Anda bereaksi seketika. Lagi pula, lebih banyak perhatian tidak akan meningkatkan ketergantungan. Jadi langsung peluk dan tenangkan bayi ketika dia menangis.
  • Lihat situasi. Sebelum memutuskan apakah bayi menangis tanpa alasan, tentukan apakah ada penyebab sepele dan mendasar yang bisa diperbaiki.
  • Dekatkan diri. Riset telah menunjukkan bahwa bayi yang digendong atau dibawa dengan kereta dorong bayi selama setidaknya 3 jam setiap hari lebih jarang menangis daripada bayi yang tidak sering digendong.
  • Bedong. Membedong dapat membuat bayi merasa nyaman, terutama saat kolik.
  • Tambahkan sedikit tekanan. Posisi apapun yang memberikan tekanan lembut pada perut bayi dapat menghilangkan ketidaknyamanan karena menangis.
  • Menyusui atau memberikan dot.
  • Mulai dengan hal yang baru. Izinkan orang lain untuk menggendong bayi Anda sebagai permulaan baru.
  • Cari udara segar untuk menenangkan bayi.
  • Kendalikan udara. Pastikan bayi sering bersendawa selama menyusui untuk membuang udara yang terjebak.
  • Hiburlah bayi dengan hal-hal yang menyenangkan.
  • Buatlah suasana yang ceria.
  • Periksa pola makan. Pastikan bayi Anda tidak menangis karena kelaparan.
  • Periksakan bayi ke dokter.
  • Carilah bantuan. Manfaatkan setiap kesempatan dalam berbagi masalah.

Bagaimana perkembangan bayi Anda di minggu selanjutnya?

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca