Perkembangan Bayi di Usia 47 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 47 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 47 minggu (11 bulan 3 minggu)?

Menurut Denver II, pada usia bayi 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu, perkembangan si kecil biasanya sudah mampu:

  • Berdiri sebentar tanpa berpegangan pada Anda atau benda di sekitarnya.
  • Berubah posisi dari tidur ke duduk, duduk ke berdiri, dan berdiri ke duduk lagi.
  • Menggulingkan tubuhnya saat dalam posisi berbaring.
  • Duduk sendiri.
  • Bertumpu pada kedua lengan tangan saat tengkurap sembari mengangkat kepalanya.
  • Mengambil benda kecil dengan jempol dan telunjuk. Seperti biasa, singkirkan benda berbahaya dari jangkauan anak.
  • Berkata “dada” atau “mama” dengan jelas.
  • Berceloteh terus-terusan.
  • Menirukan suara apa saja.
  • Mengatakan “ooh” dan “aah”.
  • Tertawa dan memekik kencang.
  • Menggabungkan beberapa suku kata saat berceloteh.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi usia 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini masih berusaha untuk berdiri sendiri dalam waktu lama. Sebab sampai usia ini, waktu yang bisa dilakukan si kecil untuk berdiri sendiri belum begitu lama.

Masih serupa dengan usia 46 minggu, si kecil juga semakin mantap untuk mengangkat tubuhnya dari posisi berbaring ke duduk. Kemudian dari duduk ke berdiri, dan begitu juga sebaliknya bisa dilakukannya dengan baik.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Karena si kecil sekarang sudah mulai mengerti perkataan orang lain, Anda bisa mulai mengajarkannya cara membantu atau melakukan sesuatu. Biasakan berkata “tolong” dan “terima kasih”, serta buat aktivitas merapikan mainan menjadi menyenangkan dengan menjadikannya sebagai permainan.

Walaupun kemungkinan ia masih belum mengerti, tidak ada salahnya untuk memulai kegiatan ini. Seperti usia sebelumnya juga, si kecil sudah bisa memanggil “mama” dan “dada” dengan lancar, serta mengucapkan “ooh” dan “aah” sebagai penyebutan pada suatu benda.

Kemampuan motorik halus

Perkembangan bayi di usia 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu juga telah mampu melakukan kontrol sendiri atas dirinya. Misalnya, si kecil sudah bisa merentangkan tangannya sendiri tanpa harus Anda minta saat sedang dipakaikan baju.

Selain itu, ada beberapa bayi yang juga tertarik untuk mendengar bunyi kencang yang dihasilkan oleh suatu benda. Itu sebabnya, si kecil tampak senang saat memukul-mukul sesuatu, bahkan semakin kencang bunyi yang dihasilkan, semakin senang pula ia mendengarnya.

Ia juga semakin lancar dalam meraih benda di sekitarnya, menggengga, satu atau dua benda pada tangannya, maupun mengetuk-ngentukkan dua benda yang sedang ia genggam.

Kemampuan sosial dan emosional

Di usianya sekarang, si kecil telah mampu melambaikan tangannya untuk salam perpisahan, dan tersenyum sendiri atau dengan orang lain. Ia juga mulai mengerti bagaimana caranya memberi tahu Anda ketika sedang menginginkan sesuatu.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 47 minggu?

Pada usia 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini, Anda bisa mendukung perkembangan bayi dengan terus berada di sisinya. Contohnya untuk membantu bayi mengerti nama suatu benda, Anda perlu memperkenalkannya satu per satu.

Cara ini dapat membantu memperkaya kosa kata si kecil selama masa perkembangannya. Agar lebih mudah, Anda bisa menyebutkan nama masing-masing beda setiap kali si kecil melihat benda baru yang mungkin belum diketahuinya.

Anda juga bisa membacakan buku cerita bergambar, dan minta si kecil untuk menunjukkan benda yang ia kenal. Meski belum terlalu jelas dalam berbicara, setidaknya ini bisa merangsang perkembangan otak bayi dalam mengerti kosa kata.

Sesekali, Anda juga bisa si kecil untuk berpendapat. Contohnya, dengan menanyakan apakah ia ingin menggunakan kaus kaki berwarna biru atau hijau, serta permainan apa yang ingin ia mainan sekarang.

Selama masa ini, Anda mungkin mengalami kesulitan saat memandikan, memakaikan baju, dan melakukan kegiatan lainnya dengan bayi di pagi hari. Ini karena terkadang ia mungkin akan menolak melakukan apa yang Anda minta.

Apabila ia menolak saat dipakaikan baju, Anda bisa memancing kesenangan dengan bermain cilukba saat menarik baju dari atas kepalanya. Sedikit menggelitik kakinya saat mengenakan kaus kaki juga bisa Anda lakukan.

Di sisi lain, Anda bisa memberikannya kesempatan untuk memilih baju atau celana mana yang ingin dipakainya. Melibatkan mereka dalam suatu proses mungkin akan membantunya lebih sabar saat melakukan sesuatu.

Kesehatan Bayi Usia 47 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 47?

Jika memang perkembangan bayi usia 47 minggu ini tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada bayi yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 47 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di perkembangan bayi usia 47 minggu alias 11 bulan 3 minggu, yaitu:

1. Mengisap jempol

Kebiasaan bayi yang senang mengisap jempol sebenarnya sedang menggunakan cara sehat untuk berusaha menenangkan diri sendiri. Ini adalah cara menenangkan diri yang alami pada bayi, dan tidak berbahaya.

Bahkan, anak-anak bisa mengisap jempol tanpa berpengaruh pada giginya sampai berusia 2 tahun, Beberapa di antaranya juga dapat melakukannya dengan aman sampai berusia 4-5 tahun, saat gigi permanen mulai muncul.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan dengan dokter terkait kebiasaan si kecil yang satu ini. Pasalnya, perkembangan bayi di usia 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini bisa saja berpengaruh sampai usianya dewasa.

2. Mengedot

Dot adalah cara lain yang bagus bagi bayi untuk menenangkan diri sendiri. Akan tetapi, bukan berarti ini lebih baik dibandingkan mengisap jempol.

Ketika terbiasa menggunakan dot, bayi biasanya akan berhenti sendiri menggunakan dot. Beberapa bayi sebenarnya lebih senang mengisap jari.

3. Feses bayi

Sejak mulai makan makanan padat, feses atau pup bayi biasanya mulai tampak baik. Misalnya saat ia makan makanan tertentu, seperti jagung, akan ikut muncul di dalam feses.

Anda tidak perlu khawatir, karena perut bayi memang masih belajar untuk mencerna beberapa jenis makanan tertentu. Feses si kecil juga mungkin akan berubah warna sesuai dengan makanan yang ia makan.

Ketika ia makan bayam semalem, fesesnya pagi ini mungkin akan terlihat berwarna kehijauan. Seiring matangnya kerja sistem pencernaan si kecil, ia akan mencerna lebih banyak makanan. Dengan begitu, warna feses si kecil juga akan menjadi lebih umum dan tidak terlalu terpengaruh dengan warna makanan yang baru ia makan.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 47 minggu?

Berbagai hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi usia 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini:

1. Melihat orangtuanya tanpa busana

Pada perkembangan bayi di 47 minggu atau 11 bulan 3 minggu ini, mungkin ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan Anda. Salah satunya termasuk ketika ia melihat ayah atau ibunya dalam kondisi tanpa busana.

Pada usia ini, si kecil tidak akan terpengaruh sama sekali dengan apa yang ia lihat pada Anda. Misalnya saat mandi bersama orangtuanya. Bahkan, si kecil belum tentu akan mengingatnya terus sampai ia dewasa mengenai apa yang telah dilihatnya.

Namun, kebiasaan ini tidak bisa berlangsung terus, dan sebaiknya dihentikan saat ia berusia 3-4 tahun. Ketika si kecil ingin mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang dilihatnya, seperti ingin menyentuh kemaluan atau menarik puting susu Anda, sebaiknya jangan dilarang.

Bagaimana pun juga, ia punya ketertarikan sendiri untuk mengenal bagian tubuh. Baik itu yang umum terlihat, maupun yang lebih tertutup pakaian.

2. Ibu bekerja

Jika Anda adalah seorang ibu karir atau bekerja, mungkin Anda pernah merasakan dilema. Rasanya ingin menghabiskan waktu di rumah dengan si kecil, tapi tidak bisa karena harus bekerja. Atau ingin bersantai di rumah dengan si kecil, tapi masih ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu diurus.

Meski dengan jadwal yang padat, Anda tetap bisa menyisihkan sekitar 15-30 menit saat Anda baru pulang bekerja sebagai bentuk perhatian untuk si kecil. Misalnya dengan mengajaknya bermain, atau membacakannya buku cerita bergambar. Memberikan perhatian seperti ini bisa membantu bayi merasa bahwa ia tetap menjadi hal penting bagi Anda.

Bagaimana perkembangan bayi di minggu ke-48?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca