backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 19/03/2024

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk?

Dalam benak kebanyakan orangtua, salah satu hal yang mungkin sering ditanyakan saat mengasuh anak, yakni umur berapa biasanya bayi bisa duduk. Momen bayi belajar hingga akhirnya bisa duduk merupakan salah satu tonggak pencapaian yang penting dalam tumbuh kembangnya.

Selain itu, kemampuannya yang bisa duduk sendiri menjadi bagian dari proses perkembangan motorik dan fisik bayi. Lantas, kapan bayi bisa duduk sendiri? Nah, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui umur berapa bayi bisa duduk serta tipsnya.

Umur berapa bayi bisa duduk?

bayi bisa duduk sendiri

Bagi bayi, belajar duduk membutuhkan usaha yang besar dan bukan hal yang mudah. Bayi Anda mungkin akan siap untuk duduk bila ia telah memiliki kontrol kepala yang baik.

Bayi secara bertahap akan belajar duduk sendiri antara usia 3 bulan sampai 9 bulan.

Melansir IDAI, otot-otot yang bayi Anda gunakan akan berkembang secara bertahap hingga akhirnya menjadi cukup kuat untuk bisa duduk saat usianya menginjak 6 bulan dan 7 bulan.

Saat usianya menginjak 3 bulan, otot leher dan kepala bayi Anda menguat dengan cepat.

Mulai saat ini dan seterusnya, bayi Anda akan belajar mengangkat kepalanya, terutama ketika tengkurap.

Selanjutnya, memasuki umur 5 bulan hingga 6 bulan, bayi akan mencari cara untuk menopang dirinya menggunakan lengannya dan menahan dadanya dari lantai atau seperti posisi push-up.

Pada usia 7 bulan hingga 8 bulan, bayi Anda mungkin dapat duduk tanpa penyangga atau bantuan dengan posisi yang tegak.

Bahkan, ia mungkin bisa duduk dengan baik dari posisi sebelumnya yakni berbaring atau tengkurap.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa hampir semua bayi dapat duduk sendiri pada saat mereka berusia 9 bulan.

Bagaimana cara membantu bayi agar bisa duduk?

Berapa bulan bayi bisa tengkurap

Setelah mengetahui fakta tentang umur berapa bayi bisa duduk, Anda dapat menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk membantu bayi Anda agar bisa duduk.

1. Sering melakukan tengkurap

Sebelum bisa duduk, dorong bayi Anda untuk melakukan tengkurap atau tummy time terlebih dahulu. Pastikan si Kecil melakukan aktivitas tersebut sesering mungkin.

Hal itu berguna untuk memperkuat otot kepala, bahu, leher, dan punggunggnya hingga dapat memberi kontrol pada kepalanya untuk duduk.

2. Tummy time sambil melihat ke atas

Doronglah bayi Anda untuk melihat ke atas selama tummy time.

Caranya dengan mengalihkan perhatian si Kecil menggunakan mainan bayi yang berisik, berwarna cerah, berwarna-warni, atau mengeluarkan suara.

Selain dapat melatih otot kepala yang diperlukan untuk duduk, cara ini juga berguna untuk memastikan bahwa pendengaran dan penglihatan anak berfungsi dengan baik.

3. Latihan duduk dengan bantuan

Sebelum bayi Anda benar-benar bisa duduk sendiri, lakukan latihan duduk sambil Anda ikut menopang atau memegangi badannya.

Hal itu dilakukan untuk membiasakan bayi Anda dalam posisi duduk. Selain itu, cara ini juga membantu leher dan kepalanya untuk mendapatkan kekuatan hingga nantinya dapat duduk sendiri.

4. Berlatih duduk di lantai

Saat bayi Anda baru pertama kali belajar duduk, coba lakukan bersama di lantai untuk membantu melatihnya. Pastikan untuk tetap dekat dengan bayi Anda saat ia mulai dalam posisi duduk.

Tempatkan bayi Anda di permukaan yang lembut, seperti kasur, atau letakkan bantal di sekelilingnya di lantai yang empuk.

Hal ini bertujuan untuk mencegah bayi Anda terluka jika ia jatuh selama tahap awal. Pastikan untuk tidak meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan.

5. Selalu berikan dorongan

Tidak selalu tentang teknik, ada sejumlah cara lain untuk membantu bayi Anda agar bisa duduk. Salah satunya yakni selalu berikan bayi Anda senyuman dan dorongan secara verbal untuk terus mencoba.

Sedikit dorongan dari Anda dapat sangat membantu untuk mencapai tonggak perkembangan bayi Anda.

Pada awalnya, posisi duduk bayi memang belum stabil dan masih jatuh meski ia sambil bersandar. Namun, Anda tak perlu lagi khawatir tentang umur berapa bayi Anda bisa duduk.

Hal itu dikarenakan setiap bayi akan mengembangkan keterampilan secara berbeda-beda, mungkin bisa lebih cepat atau lambat daripada yang lain.

Namun, bila bayi Anda tidak dapat duduk sendiri pada saat ia berusia 9 bulan, segera konsultasikan kepada dokter. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan sejumlah penanganan yang bisa Anda pertimbangkan.

Kesimpulan

Seorang bayi biasanya mulai bisa duduk dengan bantuan pada umur 4–6 bulan dan dapat duduk tanpa bantuan pada usia 9 bulan. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan dan setiap bayi dapat berkembang pada tingkat yang berbeda. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membantu bayi agar bisa duduk, misalnya dengan sering melakukan tengkurap, hingga latihan duduk dengan alat bantu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 19/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan