Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Jangan Panik, Ketahui Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Terus

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

DISPONSORI OLEH:

Jangan Panik, Ketahui Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Terus

Menangis merupakan cara bayi untuk berkomunikasi dengan orangtuanya. Namun, tangisan yang terjadi terus menerus bisa membuat siapa pun merasa jengkel. Sebagai orangtua, tentu Anda ingin tangisan bayi segera berakhir. Untuk itu, ketahui cara tepat menenangkan bayi yang menangis histeris pada artikel di bawah ini.

Ketahui penyebab tangisan dan tetap tenang saat mengatasinya

Bayi dapat menangis karena beberapa hal, seperti merasa bosan, lapar, atau tidak nyaman.

Dengan mengetahui penyebab bayi menangis yang tepat, bayi Anda akan lebih mudah merasa tenang karena kebutuhannya berhasil terpenuhi.

Namun, ketika tangisan bayi tidak dapat diatasi dengan mudah dan cepat, Anda mungkin akan melakukan segala cara untuk menenangkan bayi yang rewel.

Perlu diingat bahwa Anda tetap harus bersikap lembut dan tenang saat menenangkan si kecil yang rewel.

Dalam artian, jangan pernah mengguncang, memukul, atau mencubit karena hal tersebut memiliki konsekuensi yang berbahaya bagi bayi.

Guncangan, pukulan atau cubitan pada bayi bisa menyebabkan memar, bengkak dan perdarahan.

Bahkan, guncangan bayi bisa menyebabkan kebutaan, kerusakan otak, dan yang paling fatal adalah kematian.

Untuk menjaga diri Anda tetap tenang, letakkan bayi di tempat yang aman seperti tempat tidur, dan biarkan bayi menangis sejenak.

Lalu, luangkan waktu beberapa menit untuk menenangkan diri Anda seperti dengan meditasi, berbicara dengan pasangan atau teman, atau mendengarkan lagu.

Bila perlu, mintalah bantuan pada pasangan, pengasuh atau orang yang Anda percaya untuk menenangkan bayi yang sedang menangis.

Gunakan waktu tersebut untuk menenangkan diri dan bersantai sejenak.

Cara ampuh menenangkan bayi yang menangis

Jangan panik, berikut cara menenangkan bayi menangis yang bisa dicoba.

1. Membiarkan bayi menghisap dot atau empeng

Cara pertama dalam menenangkan bayi menangis yang patut Anda coba adalah dengan memberikan dot atau empeng untuk mendiamkan bayi yang rewel dalam waktu singkat.

Bagi beberapa bayi, mengisap dot atau empeng bisa memberikan kenyamanan dan membuat bayi tetap merasa rileks dan tenang meski hanya sejenak.

2. Menidurkan bayi di ruangan yang tenang

Saat bayi menangis histeris, cobalah untuk menidurkan bayi Anda di ruangan yang gelap dan tenang tanpa gangguan dari lingkungan sekitar.

Beberapa bayi menyukai ruangan dengan white noise atau suara menenangkan, seperti suara kipas angin dan jam yang berdetak.

Anda juga bisa menyalakan soft music atau musik lembut untuk menenangkan bayi yang rewel.

Tak ada salahnya juga untuk bersenandung dan berbicara dengan lembut kepada bayi.

Suara dan kehadiran Anda mungkin dapat membantu menenangkan bayi yang menangis.

3. Membedong bayi

Cara ketiga untuk menenangkan bayi menangis adalah dengan membedong bayi dengan kain tipis yang halus untuk memberikan kehangatan.

Bagi beberapa bayi yang berusia lebih tua, biasanya lebih menyukai dilapisi dengan selimut tipis yang halus agar bisa tidur lebih nyenyak di waktu tidurnya

4. Menggendong bayi dengan lembut

Gerakan menggoyang dengan menggendong bayi secara langsung di lengan atau gendongan bisa mengingatkan bayi akan gerakan yang biasa mereka rasakan saat masih di dalam kandungan.

Menggendong pun bisa membuat bayi menjadi tenang karena adanya gerakan mengayun yang pelan dan lembut sehingga membuat mereka merasa nyaman.

Anda juga bisa mencoba alternatif untuk meletakkan bayi di ayunan, tetapi jangan terlalu lama melakukan hal ini.

Jika bayi Anda tertidur di ayunan, pindahkan bayi perlahan ke tempat tidurnya, dan baringkan tubuhnya dengan posisi telentang.

5. Hindari menyusui bayi secara berlebihan

Memberikan makan bayi, khususnya dengan menyusui secara berlebihan bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, berikan jeda setidaknya 2 hingga 2,5 jam untuk menyusui bayi.

Jika bayi menangis sebelum waktu menyusui tiba, tawarkan dot atau empeng untuk mencegah tangisan.

Anda juga bisa mencoba mengarahkan bayi untuk mengisap ibu jarinya hingga waktu menyusui tiba. Namun, pastikan tangan bayi bersih sebelum diisap.

6. Memijat tubuh bayi dengan perlahan

Apabila tangisan bayi sulit dihentikan, Anda bisa membuka pakaiannya dan memberikan pijatan lembut untuk bayi.

Cobalah untuk bicara pada bayi dengan tenang saat memijat, dan pastikan Anda melakukannya di ruangan yang hangat.

Selain bisa menenangkan bayi, penelitian dalam Singapore Medical Journal menemukan bahwa pijat bayi juga bisa meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi sehingga hal ini direkomendasikan untuk dilakukan dari rumah.

7. Mengusap lembut kepala bayi untuk membantunya tertidur pulas

Tangisan bisa menjadi pertanda bahwa bayi mengantuk. Anda bisa mencoba mengusap kepala bayi dari bagian depan dahi hingga bagian belakang leher. Lakukan hal ini secara berulang sampai mereka tertidur pulas.

Tak sedikit bayi akan segera menghentikan tangisannya dan tertidur dengan adanya usapan lembut ini.

Anda juga bisa mengeluarkan suara atau senandung yang menenangkan si kecil.

8. Mengoleskan balsam pada tubuh bayi

Cara terakhir dalam menenangkan bayi menangis yang bisa Anda coba adalah dengan mengoleskan obat gosok atau balsam pada tubuh bayi, tepatnya di bagian dada, punggung dan leher.

Dalam memilih balsam bayi, pastikan Anda memilih balsam yang mengandung Eucalyptus Oil dan ekstrak bunga Chamomile, seperti yang terkandung pada Transpulmin Baby.

Dua bahan alami ini bisa memberikan kehangatan dan kenyamanan khusus untuk bayi. Terlebih lagi, ekstrak bunga Chamomile juga memberikan aroma menenangkan dan efek relaksasi yang mungkin dibutuhkan oleh bayi Anda.

Apabila bayi masih tetap menangis meskipun Anda sudah melakukan cara-cara di atas, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Pasalnya, tangisan yang terjadi tanpa henti juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada bayi.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

(2018). Kids Health Information : Crying and unsettled babies – colic. Rch.org.au. Retrieved 8 May 2022, from https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Crying_and_unsettled_babies/.

Calming a Fussy Baby. Nationwide Children’s. (2021). Retrieved 8 May 2022, from https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/health-wellness-and-safety-resources/helping-hands/calming-a-fussy-baby.

How to Calm a Fussy Baby: Tips for Parents & Caregivers. HealthyChildren.org. (2022). Retrieved 8 May 2022, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/crying-colic/Pages/Calming-A-Fussy-Baby.aspx.

Soothing a crying baby. nhs.uk. (2019). Retrieved 8 May 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/soothing-a-crying-baby/.

Lam, T., Chan, P., & Goh, L. (2019). Approach to infantile colic in primary care. Singapore Medical Journal, 60(1), 12-16. https://doi.org/10.11622/smedj.2019004

Calm a Crying Baby Techniques | Children’s Hospital Colorado. Childrenscolorado.org. Retrieved 8 May 2022, from https://www.childrenscolorado.org/conditions-and-advice/calm-a-crying-baby/calming-techniques/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nadhila Erin Diperbarui a week ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto