Periode Perkembangan

Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 20 minggu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team.

Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di minggu 20?

Ketika bayi menelungkup, mereka akan mengangkat kepala dan bahunya seperti saat Anda menariknya ke atas. Di minggu terakhir bulan ke-5, bayi mungkin:

  • Menggerakkan kaki saat digendong
  • Bisa duduk sendiri
  • Bereaksi jika Anda mengambil mainan dari tangannya
  • Bergerak ke sumber suara

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya di minggu 20?

Bila Anda membiarkan bayi menelungkup, dia akan merentangkan lengan dan kakinya, serta melengkungkan punggungnya ke atas. Latihan ini bagus untuk memperkuat otot leher dan membantu mengembangkan kemampuan mengontrol kebutuhan untuk duduk.

Agar bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari, mandikan dan bacakan cerita untuknya. Anda harus melakukan kebiasaan ini dalam urutan tertentu, seperti memberi makan, memandikan, memakaikan baju tidur, membacakan cerita keras-keras, bernyanyi atau memainkan musik dan lalu menidurkan bayi.

Proses persiapan tidur nyenyak yang baik bisa memberikan lebih banyak waktu untuk beristirahat dan membuat Anda dan bayi Anda menjadi lebih dekat lagi. Anda dan pasangan Anda bisa bergantian untuk melakukannya (ibu memandikan bayi, ayah membacakan cerita, misalnya). Atau supaya keduanya sering memiliki waktu untuk beristirahat, cobalah bergantian menidurkan bayi setiap malam.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 20?

Setiap dokter akan melakukan tes fisik umum, serta jumlah dan jenis teknik diagnosis dan prosedur yang berbeda-beda tergantung kondisi anak. Dokter atau perawat akan memeriksa seluruh atau sebagian hal berikut:

  • Memberi tahu hal-hal yang harus diketahui pada bulan selanjutnya seperti memberi makan, tidur, kemampuan berkembang dan masalah keselamatan bayi.
  • Reaksi mungkin muncul pada bayi saat vaksinasi kedua.
  • Bagaimana cara Anda mengasuh bayi? Kapan harus menghubungi dokter?
  • Kapan saya harus mulai menyapih bayi?

Apa yang harus saya ketahui di minggu 20?

Ada beberapa hal yang Anda ketahui:

Sindrom guncangan bayi

Sindrom guncangan bayi (shaken baby syndrome/SBS) adalah kondisi serius yang menyebabkan cedera otak. Ini muncul ketika seseorang mengguncang bayi terlalu keras, menyebabkan otak bayi berpindah di dalam tengkorak. Bayi sangat rentan karena otot leher bayi belum cukup kuat untuk menyokong kepala. Situasi ini, jika berlanjut, bisa menyebabkan cedera serius, kebutaan, kerusakan mata, keterbelakangan mental, kejang-kejang, kelumpuhan, kerusakan otak permanen atau bahkan kematian.

SBS mungkin muncul ketika Anda bermain dengan bayi terlalu agresif. Aktivitas biasa macam menggelitik saat berinteraksi dengan anak atau saat di dalam mobil di atas jalan yang kasar bukan penyebab sindrom ini.

Bayi yang diguncang mungkin tampak kolik atau terlalu mengantuk, muntah, atau tidak nafsu makan, sulit bernapas atau mudah marah. Jika Anda mencurigai anak Anda terkena SBS, hubungi dokter anak atau bawa dia ke ruang darurat secepatnya. Kondisi bayi mungkin memburuk dan dia akan mengalami kerusakan otak permanen jika tidak mendapatkan perawatan tepat waktu. Anda perlu berbicara dengan dokter sehingga mereka bisa mendiagnosis dan merawat bayi dengan benar sebisa mungkin.

Kotoran bayi berwarna hitam

Jika bayi mengeluarkan kotoran berwarna hitam, kemungkinan besar bayi memiliki terlalu banyak zat besi di dalam darah. Pada sebagian anak, saat bakteri memasuki saluran gastrointestinal, tubuh akan membuang bakteri melalui kotoran yang membuat kotoran berwarna coklat tua, hijau atau hitam. Ini bukan kondisi serius dan tidak perlu dicemaskan karena beberapa studi menunjukkan bahwa sejumlah kecil zat besi di dalam kotoran tidak akan membuat bayi sulit mencerna atau merasa tidak nyaman. Namun, tambahan zat besi untuk bayi tidak disarankan karena kebanyakan bayi sudah cukup mendapatkan zat besi dari ASI, susu formula, dan sereal. Bila anak Anda mengeluarkan kotoran berwarna hitam tanpa mengandung zat besi, bawa dia ke dokter secepatnya.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan di minggu 20?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Cara mendukung anak secara fisik dan mental

Banyak orangtua fokus terhadap perkembangan intelektual dan fisik. Anda tidak boleh melupakan pentingnya kesehatan tubuh. Cobalah menghabiskan waktu dengan anak Anda dalam aktivitas fisik. Pada tahap ini, Anda hanya bisa membantu anak duduk atau berdiri kalau mereka siap, angkat dia dengan lembut pada tangan pertama, biarkan bayi “mengendarai” dengan membengkokkan lutut bayi di atas sikunya dengan cara ritmik, atau mengangkat bayi dengan memegang tangannya tinggi-tinggi di pinggang bayi sehingga dia bisa melipat lengan dan kaki.

Ciptakan hal menyenangkan untuk tubuh bayi

Ciptakan kesenangan saat Anda membiarkan bayi berlatih. Berbicara atau bernyanyi keras-keras dan menjabarkan apa yang sedang Anda lakukan, akan membuat anak menyadari betapa menyenangkan aktivitas fisik.

Jangan terlalu mengatur bayi

Bayi yang selalu duduk di dalam kereta dorong atau di atas kursi khusus anak atau tas tidak pernah berkesempatan untuk menjelajahi aktivitas fisik sehingga bakal menjadi anak yang pasif dan lemah. Berapapun umurnya, bayi Anda perlu menjadi aktif. Dengan posisi punggung dorsal, bayi berusia 3-4 bulan akan mampu berbalik. Saat berada di posisi telungkup, bayi akan merangkak dan menjelajahi segalanya dengan tangan dan mulutnya, mendorong pinggulnya, mengangkat kepala dan bahunya. Semua aktivitas ini adalah untuk mempraktikkan cara alami untuk lengan dan kaki bayi dan dia mungkin melakukannya di ruangan luas tanpa batasan apapun.

Jangan terlalu serius

Bayi harus berolahraga dengan cara latihan alami. Banyak aktivitas bisa menyenangkan bagi Anda dan bayi, dan membantunya lebih berinteraksi dengan anak lainnya. Bila Anda memutuskan untuk mengambil bagian dalam kelas olahraga untuk anak kecil, pertimbangkan hal-hal ini:

  • Apakah gurunya sudah terlatih? Apakah olahraganya aman? Tanyakan dokter sebelum mendaftar. Awasi dengan baik. Latihan apapun dengan gerakan yang mengguncang sangat berbahaya. Kelas ini mungkin lebih menekan anak daripada menciptakan kesenangan.
  • Apakah anak senang? Bila dia tidak tersenyum atau tertawa saat latihan, dia mungkin tidak terlalu suka. Berhati-hatilah terutama jika anak tampak bingung atau takut saat dipaksa melakukan hal yang membuatnya tidak nyaman.
  • Apakah terdapat banyak peralatan yang cocok bagi bayi? Contohnya, pada usia ini, peralatan yang pantas akan berwarna cerah dan gelarkan karpet, berikan bola dan mainan.
  • Apakah anak akan diberikan kesempatan bermain bebas? Kebanyakan kelas bayi harus membiarkan mereka melakukannya sendiri daripada membagi anak menjadi beberapa kelompok.
  • Apakah kelas fokus terhadap musik? Anak sering menyukai musik dan aktivitas ritmik, seperti berayun dan bernyanyi atau gabungan keduanya selama latihan.

Biarkan bayi mengaturnya sendiri

Memaksa bayi berlatih, atau melakukan apapun yang membuatnya tidak siap atau tidak tertarik bisa mengakibatkan dampak negatif. Biarkan bayi berolahraga hanya kalau Anda memperhatikan bahwa bayi bisa menyerap dan berhenti ketika dia tidak suka atau merasa tidak nyaman dengan implikasi bahwa dia tidak mau lagi melanjutkannya.

Tetap membuat bayi bertenaga

Nutrisi yang baik lebih berperan penting dalam perkembangan fisik pada anak daripada olahraga. Anda harus selalu menyediakan nutrisi dan mineral penuh untuk mempertahankan tenaganya.

Jadilah contoh yang baik

Jadilah contoh yang baik untuk bayi Anda. Jika berhasil, ibu dan anak akan menjadi sehat. Bila anak melihat Anda berjalan ke pasar daripada mengendarai mobil, menonton televisi sambil berolahraga daripada makan gorengan, berenang di kolam renang daripada hanya berjemur di pinggir kolam, mereka akan lebih terdorong untuk berolahraga.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-21?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca