Periode Perkembangan

Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 19 minggu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team.

Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di minggu 19?

Walaupun menangis masih merupakan cara berkomunikasi paling utama, bayi juga mulai mengembangkan rasa humor. Dia mungkin mulai tertawa karena kejutan yang menyenangkan, misalnya wajah Anda yang muncul dari bawah selimut atau mainan yang menyembul dari dalam kotak, asalkan tidak terlalu keras atau mengagetkan. Buat bayi tertawa dan tersenyum dengan wajah yang lucu dan berbagai macam kekonyolan lainnya. Bayi senang mendengarkan berbagai jenis suara, dan Anda tidak memerlukan mainan atau alat khusus untuk menciptakan suara. Cukup mengklik lidah Anda, bersiul, atau membuat suara binatang—bayi Anda akan menyukainya!

Di minggu ke-19, bayi bisa:

  • Meluruskan tubuh saat duduk
  • Berbalik (dalam satu arah)
  • Memperhatikan asal suara, terutama suara ibu
  • Mengucapkan sedikit kata sederhana
  • Melonjak-lonjak

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya di minggu 19?

Buat bayi tertawa dengan tertawa bersamanya atau membuat ekspresi wajah yang konyol. Anak juga suka mendengarkan beragam suara. Anda tidak perlu mainan atau alat khusus untuk menciptakan suara. Cukup mengklik lidah Anda, bersiul, atau membuat suara binatang—bayi Anda akan menyukainya! Cobalah memberikan bayi mainan yang digoyangkan dan Anda akan melihat ketertarikan bayi saat menggoyangkan mainan untuk membuat suara.

Doronglah anak Anda untuk menjelajah dan bermain dengan benda yang berbeda-beda. Anda bisa mengamati bayi bermain dan penasaran dengan mainannya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 19?

Setiap dokter akan melakukan tes fisik umum, serta jumlah dan jenis teknik diagnosis dan prosedur yang berbeda-beda tergantung kondisi anak. Dokter atau perawat akan memeriksa seluruh atau sebagian hal berikut:

  • Vaksinasi tahap kedua bila bayi sehat dan tidak ada indikasi lain dari dokter
  • Beri tahu dokter jika anak mengalami reaksi dari suntikan sebelumnya.

Apa yang harus saya ketahui di minggu 19?

Pada tahap ini, Anda harus tahu hal-hal ini:

Virus pernapasan akut (Acute Respiratory Virus atau RSV)

RSV sering mirip dengan gejala flu. Virus ini tidak menyebabkan penyakit tapi berbahaya jika menyebabkan infeksi telinga, bronkitis, pneumonia, yang dapat berkembang menjadi asma atau penyakit pernapasan lainnya. Kebanyakan anak di bawah 2 tahun rentan terhadap virus ini. Namun, penyakit ini terutama berbahaya bagi anak di bawah 6 bulan, bayi dengan masalah kesehatan, bayi prematur, atau yang sistem imunnya lemah.

Awalnya bayi mungkin sakit ringan, tapi setelah beberapa hari penyakit berkembang pesat yang dapat membuatnya sulit bernapas. Tanda-tandanya adalah lubang hidung membesar, terengah-engah, otot perut menyempit, mendesah, napas dangkal yang cepat (lebih dari 60 detak per menit), bibir dan kuku berwarna hijau dan sulit makan.

Bila anak Anda mengalami infeksi RSV, hubungi dokter. Dokter mungkin menyuruh Anda membawanya ke klinik untuk memeriksa pernapasannya. Dokter mungkin meresepkan bronchodilator isap untuk membantu anak lebih mudah bernapas. Antibiotik mungkin tidak membantu mengobati RSV. Namun, Anda bisa merawat bayi di rumah dengan membiarkannya minum cukup air dan jauhkan dari perokok pasif untuk mencegahnya sulit bernapas.

Cobalah obat tetes hidung untuk bayi atau obat penyemprot untuk membantu bayi lebih mudah bernapas. Obat ini bisa mengurangi lendir hidung bayi, sehingga mencegah masalah pernapasan. Pada saat bersamaan, angkat kepalanya tinggi-tinggi saat dia tidur. Anda bisa memberikan acetaminophen (paracetamol) jika bayi demam tapi harus sesuai arahan dokter. Bayi prematur, bayi dengan penyakit paru-paru atau jantung bawaan pada musim epidemi RSV harus divaksinasi untuk membantu mereka melawan virus.

Kelainan detak jantung

Jantung adalah organ tubuh penyokong hidup, jadi masalah jantung apapun sangat berbahaya, terutama bagi bayi. Namun, kebanyakan kasus ini tidak serius dan dapat hilang sendiri. Anda tidak perlu cemas.

Ketika dokter berkata bahwa bayi mengalami kondisi ini, berarti jantung membuat suara abnormal saat darah mengalir menuju jantung. Dokter biasanya bisa menemukan penyebab suara abnormal. Biasanya, kelainan detak jantung disebabkan oleh bentuk jantung yang masih belum reguler karena masih berkembang. Suara ini dianggap tidak berbahaya dan bisa terdiagnosis dengan pemeriksaan menggunakan stetoskop. Dokter mungkin tidak perlu melakukan tes atau pengobatan lebih lanjut. Lebih dari setengah anak menderita kondisi ini dan kondisi ini mungkin tetap berlanjut sepanjang masa anak-anak. Seringkali ketika jantung sudah sepenuhnya berkembang, tidak ada lagi kelainan detak jantung.

Kalau masih cemas, tanyakan dokter untuk mengetahui status jantung bayi dan apakah ada dampak bagi bayi untuk masa sekarang dan masa depan.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan di minggu 19?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Pemijatan tubuh

Pijat bukan hanya untuk orang dewasa. Belakangan ini, pijat lebih umum pada bayi dan sering dianggap sebagai terapi yang baik untuk kesehatan: bayi tumbuh lebih cepat, tidur lebih nyenyak, bernapas lebih cepat serta lebih waspada.

Bila Anda ingin belajar cara memijat bayi, belilah bukunya, menonton video atau mengambil kelas dengan terapis untuk mempelajari cara memijat bayi secara efisien. Atau Anda bisa mencoba pijat bayi menurut langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih waktu yang nyaman untuk Anda.
  • Pilih waktu yang tepat untuk bayi.
  • Ciptakan ruang yang nyaman.
  • Gunakan minyak kalau mau.
  • Ikuti reaksi anak: dia akan memberitahu Anda apakah dia menikmati pijatan dan Anda akan tahu kapan harus memijatnya, dan kapan berhenti berdasarkan respon bayi.
  • Menguji gerakan: umumnya, bayi senang disentuh ringan. Ini adalah ide untuk memulainya:
  • Taruh kedua tangan dengan lembut di salah satu sisi kepala dan pegang selama beberapa detik. Kemudian, elus wajahnya berulang kali, lanjutkan dari tubuh sampai kaki.
  • Pijat melingkar dengan jari-jari Anda di atas kepala bayi. Elus dahi dengan lembut, lalu tekan kedua tangannya dari antara dahi lalu pindah.
  • Elus dadanya dengan ringan dari luar ke dalam.
  • Gosok ringan perut atas bawah dengan tangan, lalu ke ujung dengan tangan satunya lagi dan bentuk lingkaran. Lalu, biarkan jari-jari Anda berjalan di atas perut bayi.
  • Gulingkan lengan dan kaki di antara kedua tangan Anda, elus lengan dan kaki. Buka telapak tangan dan pijat jari-jari bayi.
  • Angkat kaki dan turunkan lagi. Pijat, elus telapak kaki yang diluruskan.
  • Telungkupkan bayi dan pijat punggungnya dari satu sisi ke sisi lain dan dari atas ke bawah.
  • Selama pemijatan, bicaralah atau bersenandung untuk bayi. Selalu taruh satu tangan di atas tubuhnya.

Cobalah memijat bayi dan Anda akan terkejut dengan reaksinya.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-20?

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca