Seperti Apa Rupa Bayi Saya Saat Baru Lahir Nanti?

Oleh

Setelah bayi Anda lahir dan dokter memastikan bahwa ia bernapas dengan semustinya, bayi Anda akan diletakkan pada dada Anda untuk membentuk ikatan ibu dan anak. Anda akan merasa kagum akan bayi Anda yang telah Anda nantikan selama 9 bulan. Perubahan besar yang terjadi adalah napas pertama bayi Anda.

Pada titik ini, paru-paru bayi yang selama ini dipenuhi dengan cairan saat kehamilan, akan terisi dengan oksigen dari udara. Cairan pada paru-paru akan keluar melalui darah dan sistem limfa, dan digantikan dengan udara. Paru-paru bayi harus mampu menukar oksigen dan karbon dioksida. Pada saat yang bersamaan, sirkulasi darah yang kuat pada paru-paru akan dimulai. Beberapa napas pertama setelah kelahiran mungkin adalah napas tersulit yang akan dirasakan bayi dalam hidupnya.

Dalam beberapa menit setelah kelahiran, bayi Anda akan distimulasi untuk bernapas, cairan ketuban akan mengering sehingga bayi Anda tidak kehilangan panas dan bayi Anda akan diawasi selama proses transisi ini. Jika semuanya berjalan dengan baik, bayi Anda akan diletakkan pada dada Anda, dengan kontak kulit.

Saat bayi Anda lahir, mungkin ia tidak akan terlihat seperti yang Anda bayangkan. Jika Anda belum pernah melihat bayi yang baru lahir, Anda mungkin akan terkejut akan penampilan bayi Anda. Jika bayi Anda dilahirkan secara normal, bentuk kepala bayi mungkin akan memanjang, atau disebut “conehead”.

Merawat bayi yang tidak sehat

Pada kondisi yang langka, dapat terjadi sesuatu pada pertumbuhan selama kehamilan. Bayi mungkin lahir dengan masalah pertumbuhan pada satu atau beberapa sistem organ. Hal ini disebut kelainan congenital, atau cacat lahir. Beberapa bayi memiliki kelainan kromosom dan beberapa lahir dengan kelainan genetik seperti cystic fibrosis, phenylketonuria, hypothyroidism, atau sickle cell anemia.

Kelainan congenital dan kelainan genetik dapat memberi tantangan pada Anda dan anak Anda saat ia bertumbuh dewasa, terutama apabila kondisi ini tidak ditangani. Sebagai orangtua, Anda mungkin telah mendambakan bayi yang “sempurna”. Anda mungkin merasa kecewa saat Anda menyadari bayi Anda memiliki cacat lahir atau kelainan genetik. Anda mungkin akan merasa emosional, shock, penolakan, sedih, dan marah, sebelum pada akhirnya Anda menerima keadaan yang terjadi. Operasi dan bentuk lain terapi medis dapat berguna dalam penanganan kondisi tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca