Perkembangan Bayi di Usia 33 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 33 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 33 minggu (8 bulan 1 minggu)?

Menurut Denver II, perkembangan bayi di usia 33 minggu atau 8 bulan 1 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Duduk sendiri tanpa sandaran.
  • Menggulingkan tubuhnya sendiri.
  • Berganti posisi menjadi duduk, dari berbaring dari berdiri.
  • Mulai mampu berdiri dengan berpegangan, meski belum sepenuhnya bisa.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Menirukan suara yang didengarnya.
  • Tertawa saat diajak bercanda atau bicara.
  • Memekik.
  • Mengucapkan kombinasi kosa kata, seperti “ba-ba”, “ga-ga”, “da-da”, dan lainnya.
  • Mengucapkan “da-da” dan “ma-ma” meski belum lancar.
  • Memegang mainan maupun objek lain.
  • Mengikuti atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya.
  • Berusaha mengambil mainan atau objek yang jauh dari jangkauannya.
  • Memberikan benda yang sedang ia pegang.
  • Mampu memegang dan mengambil 2 benda di tangannya, seperti kubus mainan.
  • Belajar untuk memegang satu kubus di kedua tangannya, dan saling memukul-mukulnya.
  • Belajar untuk mengambil benda dengan melibatkan kerja ibu jari tangannya.
  • Tersenyum sendiri atau merespons senyuman orang lain.
  • Bermain dengan mainannya.
  • Makan sendiri meski masih berantakan.
  • Mulai belajar untuk melambaikan tangannya.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi Anda sekarang sudah memasuki usia 33 minggu alias 8 bulan 1 minggu. Di usia ini, si kecil sudah mampu duduk sendiri, bahkan berganti posisi menjadi duduk setelah sebelumnya berdiri dan berbaring.

Buah hati Anda juga dapat berguling ke sana kemari saat dibaringkan di atas tempat tidurnya. Selain itu, Anda akan melihatnya semakin handal saat berdiri sendiri meski tetap masih butuh memegang sesuatu untuk menjaga keseimbangannya.

Tak hanya itu, buah hati Anda kini sedang mulai belajar untuk bisa berdiri sendiri dari posisi duduk, dan kemudian duduk kembali.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Sedangkan dalam kemampuannya untuk bicara dengan orang lain, bayi banyak mengatakan 1 kosa kata seperti “a”, “i”, dan lainnya. Atau gabungan kosa kata, contohnya “ga-ga”, ba-ba”, dan memanggil “dada” serta “mama” saat melihat orangtuanya.

Namun, menangis masih menjadi kemampuan andalan yang tidak luput dari diri si kecil. Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin sering mendengar ia tertawa, memekik, mengoceh, maupun menyampaikan suara bahagia lainnya sebagai bentuk perkembangan bayi.

Kemampuan motorik halus

Dari segi kemampuan motorik halusnya, di perkembangan bayi usia 33 minggu atau 8 bulan 1 minggu ini, ia mampu meraih objek yang ada di dekatnya. Kemudian ia bisa memegang objek tersebut, memberikannya pada orang lain, maupun memainkannya.

Ia bahkan bisa menggenggam dua objek dalam satu atau dua tangannya, maupun memainkannya dengan saling memukul keduanya. Bukan itu saja, buah hati Anda mulai belajar untuk mengambil suatu benda dengan melibatkan kemampuan ibu jarinya.

Kemampuan sosial dan emosional

Senyuman si kecil masih akan terus ia tunjukkan saat sedang menarik hal menarik sendiri, maupun ketika ada yang mengajaknya berkomunikasi. Buah hati Anda juga selalu bersemangat untuk makan sendiri di atas kursi makan miliknya, dan bermain-main dengan makanannya.

Sekarang, ia sedang berlatih untuk melambaikan tangannya dengan baik, dan belajar bagaimana carana menunjukkan keinginannya.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 33 minggu?

Setiap orangtua pasti ingin memastikan anaknya dalam keadaan baik dan terlindungi. Namun, jangan sampai kekhawatiran Anda justru menghambat perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membiarkannya memiliki ruang untuk tumbuh dan belajar. Hal ini akan membantunya menjadi lebih mandiri. Bukan berarti Anda bisa meninggalkannya tanpa pengawasan. Akan tetapi, pastikan bayi memiliki lingkungan bermain yang aman.

Anda bisa memulainya dengan memindahkan semua benda pecah belah ke tempat yang sulit dijangkau anak. Selain itu, tarulah semua benda berbahaya di dalam lemari yang terkunci. Anda juga harus memastikan jika bayi tidak bermain di area yang tinggi tanpa pengawasan.

Kesehatan Bayi Usia 33 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 33?

Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan terkait kesehatan dan perkembangan bayi pada usia 33 minggu atau 8 bulan 1 minggu ini.

Namun, jangan sungkan menghubungi dokter secepatnya jika Anda memiliki masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 33 minggu?

Ada beberapa hal yang Anda ketahui pada usia perkembangan bayi 33 minggu atau 8 bulan 1 minggu, yakni:

1. Berdiri

Bayi mungkin bisa berdiri sambil merambat pada benda-beda di sektarnya. Bahkan, jika Anda menyandarkan bayi di sebelah sofa, si kecil mungkin bisa menahan dirinya sendiri meski harus bersusah payar agar tidak jatuh.

Pada tahap ini, beberapa orangtua menaruh bayinya di alat bantu jalan bayi (baby walker). Alat bantu jalan satu ini sebenarnya dapat membantunya belajar berjalan. Caranya dengan memberikan bayi kesempatan untuk merangkak, menarik diri, dan berkeliling sambil bertahan pada perabotan.

Intinya, alat tersebut mendukung aktivitas yang membantu bayi belajar berjalan. Namun di sisi lain, baby walker bisa saja tidak sepenuhnya aman. Ya, bayi Anda bisa bergerak ke sana dan ke mari untuk mencapai benda berbahaya, seperti kompor yang menyala atau cairan kimia.

2. Keselamatan adalah hal yang utama

Sudah bisa berpindah tempat sendiri berarti bayi Anda mungkin lebih mudah terbentur dan jatuh. Dengan begitu, pastikan Anda:

  • Menjauhkan barang pecah belah.
  • Memasang pelindung pada ujung meja yang tajam.
  • Memasang pengaman pada dudukan toilet.
  • Memindahkan barang-barang yang bisa berbahaya ke area yang lebih tinggi.
  • Menyingkirkan deterjen dan obat beracun.
  • Menutup stop kontak.
  • Mengamankan bagian atas dan bawah depan tangga.

3. Perkembangan anak yang tertunda

Proses perkembangan sering berbeda-beda pada setiap anak. Beberapa bayi mungkin lebih cepat untuk belajar duduk, sementara anak lain bisa dengan cepat mendapatkan keahlian motorik halus yang rumit, seperti mengenggam benda kecil.

Sejumlah anak juga ada yang lambat berjalan, tapi bisa dengan cepat mendeteksi suara. Anda tak perlu cemas akan hal ini. Yang terpenting, pastikan kondisi si kecil dalam keadaan yang baik.

Bila Anda berpikir anak Anda mengalami sedikit penundaan dalam proses perkembangan yang normal, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter atau ahli tumbuh kembang anak. Hal ini dilakukan untuk memantau perkembangan, pendengaran, dan penglihatan anak.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 33 minggu?

Jika di masa perkembangan bayi usia 33 minggu atau 8 bulan 1 minggu bayi senang menarik segala benda. Hal ini bisa membuat Anda tidak tahan dengan kekacauan yang dibuatnya.

Sejumlah langkah berikut bisa Anda lakukan untuk menghadapinya:

  • Mulai dengan rumah yang aman. Sebelum Anda membiarkan bayi berkeliling rumah, pastikan rumah Anda dalam kondisi yang aman. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menaruh semua barang yang pecah belah dan berbahaya dari jangkauan anak.
  • Kendalikan diri sendiri. Jangan cepat emosi ketika bayi membuat kekacauan di rumah. Memarahi atau merebut benda yang secara paksa justru akan memancing kemarahan bayi. Di sisi lain, hal ini juga membuat bayi Anda merasa aktivitasnya dibatasi.
  • Ajarkan anak untuk rapi. Jangan membersihkan mainan saat bayi sedang asik-asinya bermain. Namun, ambil beberapa benda  setiap kali sesi bermainnya selesai, sambil berkata (walaupun bayi tidak mengerti),”Bisa bantu Ibu mengambil mainan ini dan menaruhnya kembali sekarang?”

Bagaimana perkembangan bayi Anda di minggu ke-34?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca