Perkembangan Bayi 23 Minggu atau 5 Bulan 3 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 23 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Mengangkat kepalanya sendiri.
  • Mampu duduk, meski masih perlu ditopang.
  • Menumpukan berat tubuhnya pada kaki.
  • Mampu menahan tubuhnya dengan dada saat dalam posisi telungkup.
  • Menggulingkan tubuhnya.
  • Mampu mengubah posisi dari berbaring menjadi duduk, atau dari berdiri menjadi duduk.
  • Menunjukkan respons saat mendengar suara bel atau lonceng.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Tertawa lepas ketika Anda mengajaknya bercanda atau bicara.
  • Memekik.
  • Mengubah suara seolah hendak bicara.
  • Menyatukan kedua tangannya.
  • Memegang mainan maupun objek lain.
  • Mengikuti atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya sekitar 180 derajat.
  • Meraih benda-benda di sekitarnya.
  • Mengenali wajah orang-orang terdekatnya.
  • Tersenyum sendiri atau merespons senyuman orang lain.
  • Mengenali tangannya sendiri.
  • Bermain dengan mainannya.

Kemampuan motorik kasar

Pada masa perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, motorik kasar bayi masih belum jauh berbeda dengan usia sebelumnya. Anda masih akan melihat bayi berguling ke sana kemari, dan tidur dalam posisi telungkup dengan adanya bantuan dari dada dan lengannya.

Bayi sudah mampu berubah posisi dari bayi berdiri dan berbaring menjadi duduk sendiri. Meski begitu, Anda masih harus menyangganya agar bisa bayi bisa duduk dengan tegak.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Bayi Anda akan lebih banyak mengucapkan kata “ooh” dan “aah” saat dirinya menginginkan maupun melihat sesuatu yang menarik di perkembangan usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu. Namun, ia masih akan terus menangis di saat-saat tertentu. Ia juga mulai mengubah suaranya sebagai permulaan untuk bayi belajar bicara.

Kemampuan motorik halus

Perkembangan motorik halus bayi di usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, umumnya telah mampu menggunakan tangannya dengan baik.

Misalnya ketika tertarik dengan benda yang berada di dekatnya, bayi akan berusaha meraih untuk mengambil benda tersebut. Ini karena di perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, bayi mulai memahami bahwa tangannya merupakan perpanjangan dari tubuhnya.

Selain itu, bayi juga sudah semakin handal dalam menumpuk 2 kubus di perkembangan usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu.

Kemampuan sosial dan emosional

Pada masa perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, si kecil masih akan terus menunjukkan senyum saat ia melihat hal menarik. Ia juga akan sudah bisa membalas senyum orang lain yang mengajaknya bercanda atau bicara.

Pada perkembangan usia 23 minggu ini, bayi juga sedang senang-senangnya bermain dengan mainannya. Hal ini bisa didukung berkat kemampuan motorik halusnya yang telah mengalami perkembangan cukup baik di usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu?

Di perkembangan usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, keingintahuan bayi sedang cukup tinggi saat melihat berbagai objek di dekatnya. Anda bisa merangsang perkembangan bayi usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu ini dengan meletakkan beberapa objek maupun mainan di dekat bayi.

Cara ini juga dapat membantu melatih perkembangan bayi 23 minggu untuk semakin handal dalam menggunakan tangannya dalam menggenggam suatu objek.

Kesehatan Bayi Usia 23 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu?

Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan terkait kesehatan dan perkembangan bayi pada usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu ini.

Siapkan sejumlah pertanyaan untuk pemeriksaan bulan depan. Namun, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter jika anak mengalami masalah tertentu terkait perkembangan bayi 23 minggu yang tidak bisa ditunggu hingga kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di usia perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu, mencakup:

1. Memahami grafik pertumbuhan si kecil

Dokter akan memantau pertumbuhan si kecil dengan mengukur berat badan bayi, tinggi badan bayi, serta lingkar kepala bayi. Setelah itu dokter akan membandingkan dengan data hasil di setiap bulannya, serta dengan pertumbuhan dan perkembangan yang seharusnya terjadi di usia tersebut.

Jika terdapat perbedaan hasil pengukuran pada perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 2 minggu, mungkin ini merupakan tanda bayi mengalami masalah kesehatan yang memengaruhi penyerapan gizinya. Dokter akan menggunakan laju pertumbuhan sebagai landasan untuk mempertimbangkan bagaimana perkembangan bayi Anda dibandingkan dengan bayi seusianya.

Jangan cemas bila bayi Anda tidak memenuhi kriteria pertambahan berat atau tinggi badan ideal. Pasalnya, setiap bayi akan memiliki laju pertumbuhan yang berbeda-beda, termasuk di perkembangan usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu ini.

Bayi bisa berkembang dengan lambat selama periode ini, akan meningkat pada tahap berikutnya atau sebaliknya. Kecepatan perkembangan dan indeks massa tubuh bayi di usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu mungkin tergantung genetik.

Terlebih, kesehatan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, termasuk lingkungan, kepribadian, dan level aktivitas. Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki kecemasan terkait perkembangan bayi usia 23 minggu.

2. Menarik telinga

Jari tangan dan tangan, telapak kaki dan kaki, serta telinga adalah semua bagian yang menimbulkan rasa ingin tahu. Bayi Anda akan mulai menjelajahi bagian tubuhnya sebagai bentuk perkembangan di usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu.

Jika bayi tampak  menarik-narik telinga saat dia sedang rewel dan demam, ia mungkin terkena infeksi telinga atau tumbuh gigi. Penting untuk memberi tahu dokter gejala apapun yang tidak normal mengenai perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu.

3. Eksim

Eksim pada bayi merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspdai. Eksim aadalah salah satu penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan gatal. Beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang eksim pada bayi di antaranya:

  • Rutin potong kuku bayi saat ia sedang tidur untuk mengurangi luka jika bayi mencakar bagian yang gatal.
  • Paparan sabun dan air berkepanjangan akan membuat kulit semakin kering, jadi batasi waktu mandi sampai sekitar 10-15 menit. Pastikan bayi menggunakan sabun khusus bayi yang lembut. Setelah mandi, pakaikan pelembap khusus untuk bayi.
  • Oleskan lotion khusus untuk kulit bayi saat kulitnya masih basah. Hal ini dapat membantu mengurangi gatal setelah mandi. Namun, Anda tidak boleh menggunakan minyak atau krim sejenis Vaseline untuk kulit bayi.
  • Lingkungan yang terlalu panas, dingin, atau kering bisa memperburuk eksim, hindari membawa bayi keluar cuaca sedang buruk. Jaga suhu ruangan, dan gunakan humidifier pada ruangan untuk menjaga udara tetap lembap.
  • Kenakan pakaian yang terbuat dari katun. Hindari memakaikan pakaian dari benang sintetis, wol, atau terlalu tebal.
  • Jangan memberikan asupan makanan yang cenderung membuat gatal dan memperparah eksim. Tanyakan pada dokter makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi bayi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan pada perkembangan bayi 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu?

Berikut yang harus Anda perhatikan dalam perkembangan bayi usia 23 minggu atau 5 bulan 3 minggu:

1. Memperoleh ASI

Selama bayi masih berusia kurang dari 6 bulan, pemberian ASI eksklusif sebaiknya tidak lepas dari keseharian bayi. Dengan catatan, ini berarti tidak memperbolehkan bayi mendapatkan asupan makanan dan minuman lainnya selain ASI, termasuk air putih.

Ketika bayi diberikan air putih, jus, susu formula, maupun makanan dan minuman lainnya, artinya pemberian ASI eksklusif gagal. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ASI dinilai menjadi makanan dan minuman dengan sejumlah kandungan yang terbaik untuk bayi. Termasuk mendukung perkembangan bayi di usianya 23 minggu atau 5 bulan ini.

2. Jadwal menyusui ASI

Seiring bertambahnya usia si kecil, frekuensi jadwal menyusui bayi mungkin akan semakin berkurang sedikit demi sedikit. Pada perkembangan usia 23 minggu ini, bayi bisa menyusu sekitar 7-8 kali dalam satu hari. Sementara jarak waktunya, bisa berkisar 2,5-3,5 jam untuk sekali menyusu.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi minggu 24?

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Januari 15, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca