Perkembangan Bayi 18 Minggu atau 4 Bulan 2 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 18 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Menggerakkan tangan dan kaki secara bersamaan dan terus-menerus.
  • Mengangkat kepalanya sendiri hingga 90 derajat.
  • Duduk sendiri, meski masih perlu sedikit dibantu.
  • Menumpukan berat tubuhnya pada kaki.
  • Menelungkupkan tubuh dan menahan berat tubuh dengan dadanya.
  • Menggulingkan tubuhnya sendiri.
  • Berubah posisi dari berbaring menjadi duduk, atau dari berdiri menjadi duduk.
  • Menunjukkan respons saat mendengar suara bel atau lonceng.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Tertawa.
  • Memekik kencang.
  • Menyatukan kedua tangannya.
  • Memegang mainan.
  • Mengikuti atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya sekitar 180 derajat.
  • Mengenali wajah orang-orang terdekatnya.
  • Tersenyum sendiri.
  • Tersenyum kembali saat diajak bercanda.
  • Mengenali tangannya sendiri.

Kemampuan motorik kasar

Bayi mengalami peningkatan berbagai hal pada masa perkembangan 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu ini. Setelah sebelumnya mampu menggerakkan kedua kaki dan tangan dan mengangkat kepalanya sendiri, maka pada perkembangan bayi 18 minggu ini Anda akan melihat berbagai hal menarik lainnya.

Di antaranya, si kecil telah mampu menggunakan kakinya untuk menopang berat tubuhnya, serta tengkurap dan menggunakan menumpukan berat tubuhnya pada dada di perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Lebih dari itu, bayi mulai berguling sendiri dan berubah posisi dari berbaring ke duduk, atau dari posisi  bayi berdiri kemudian duduk sendiri. Namun, si kecil masih butuh bantuan Anda atau sandaran untuk menopangnya saat duduk.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Selain dengan “senjata” menangisnya, bayi juga akan lebih banyak menggunakan kata “ooh” dan “aah” untuk memberitahu Anda bahwa ia menginginkan sesuatu sebagai bentuk perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Baik itu saat ingin menyusu, digendong, diperhatikan, maupun diajak bercanda.

Kemampuan motorik halus

Perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu dari segi kemampuan motorik halus akan tampak semakin terampil dalam menggunakan tangan. Terbukti, di perkembangan bayi usia 18 minggu ia mampu memegang mainan, serta melihat atau mengikuti orang dan objek ke mana saja, sekitar 180 derajat.

Kemampuan sosial dan emosional

Anda juga akan semakin terkagum-kagum saat melihat perkembangan kemampuan sosial dan emosional bayi di usia 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu. Contohnya, ia mampu mengenali wajah orang-orang di sekitarnya, tersenyum sendiri, hingga tersenyum karena melihat orang lain juga tersenyum.

Bayi juga telah mampu mengenali tangan dan fungsinya, sehingga semakin bersemangat untuk menggunakan kemampuan tangannya ini pada masa perkembangan bayi 18 minggu.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu?

Untuk membantu mendukung perkembangan bayi 18 minggu, Anda bisa bermain dengannya. Ada beragam permainan yang dapat merangsang panca indra buah hati, dari merangsangnya untuk memegang barang dengan tekstur yang berbeda-beda.

Benda-benda tersebut akan merangsang perkembangan indra penglihatan bayi dan motorik si kecil. Anda juga bisa mencoba ajak bayi berinteraksi dengan permainan seperti cilukba guna mendukung perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Anda dapat menutupi wajah Anda dengan kedua tangan, kemudian buka tangan Anda dan memperlihatkan wajah yang berseri-seri, sambil berseru “cilukba!” Bayi biasanya menyukai interaksi seperti itu.

Selain itu, untuk di perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu sekarang, bayi Anda mungkin senang bermain dengan tangan dan kakinya selama beberapa menit dalam satu waktu.

Mendadak Anda akan menyadari suasana di kamar tidur sangat sunyi dan menemukan bahwa bayi Anda sedang bermain dengan tangannya atau bantal di dekatnya. Jika begitu, tandanya ia butuh perhatian dan pantauan lebih dari orang dewasa.

Kesehatan Bayi Usia 18 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu?

Tergantung kondisi spesifik bayi, dokter atau perawat dapat memeriksa seluruh atau sebagian hal berikut selama masa perkembangan bayi 18 minggu:

  • Memeriksa fisik termasuk pemeriksaan ulang masalah sebelumnya.
  • Mengevaluasi perkembangan. Dokter akan memeriksa untuk menilai kemampuannya. Misalnya dalam mengontrol kepala, menggunakan tangan, mendengar dan berinteraksi dengan bayi, atau mengandalkan cerita Anda tentang apa yang mereka lakukan.

Jangan tunda untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu, yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di usia perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu, meliputi:

1. Mata merah

Mata merah, atau konjungtivitis, adalah kondisi mata bengkak karena virus, bakteri atau alergi. Membran pembungkus bagian putih mata dan dalam kelopak mata (conjunctiva) akan mengalami iritasi.

Alhasil, mata menjadi merah, dengan karat putih, mengeluarkan cairan berwarna kuning atau hijau, dan kering. Mata bayi mungkin juga berair dan sulit terbuka di pagi hari pada perkembangan usia 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Bayi mungkin bisa terkena di salah satu atau kedua mata selama perkembangan usia 18 minggu ini. Bila anak mengalami tanda dan gejala mata merah pada bayi, bawa ke dokter secepatnya. Bayi harus diperiksa dan diobati langsung.

Mata merah adalah penyakit menular, jadi berhati-hatilah untuk menghindari penyakit ini dari bayi. Anda harus sering mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah meneteskan mata bayi dengan tangan untuk menghindari infeksi pada perkembangan bayi 18 minggu.

Sebaiknya jaga bayi di rumah saja dan jangan bawa ke taman bermain atau ke tempat yang ramai anak-anak. Anda juga harus sering membersihkan ranjang, pakaian, dan handuk tangan.

Jika penyebabnya adalah bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik, biasanya dalam bentuk obat tetes mata atau salep. Bila penyebabnya virus, dan anak mengalami gejala flu, dokter akan menyarankan Anda untuk menjaga kebersihan mata bayi dengan handuk hangat.

Jika penyebabnya adalah alergi, dokter akan membantu menentukan penyebabnya, lalu Anda akan perlu mengisolasi bayi Anda dari lingkungan sekitar sebisa mungkin. Dokter akan memberikan obat tetes mata bayi untuk perawatan efektifnya di perkembangan usia 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Terkadang kelenjar yang terkena akan membentuk karat mata dan membuat mata rentan terhadap infeksi. Tergantung kondisi bayi, dokter mungkin menyarankan memijat saluran air mata atau mengompres area dengan handuk hangat untuk membantu menyembuhkan kondisi bayi di perkembangan 4 bulan 2 minggu. 

2. Berat badan bayi mulai berkurang

Umumnya jika anak bayi aktif dan kondisi tubuh baik pada masa perkembangan bayi 18 bulan atau 4 bulan 2 minggu, maka berat badannya akan naik dengan stabil. Bila berat badannya di bawah rata-rata, Anda harus mengawasi tinggi badannya untuk dapat menilai baik atau tidaknya perkembangan bayi, termasuk di usia 18 minggu.

Ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi ukuran dan berat badan bayi, misalnya faktor genetik. Jika Anda dan pasangan Anda memiliki tubuh yang kurus atau kecil, kemungkinan bayi juga akan kurus dan berat badan kurang dari berat badan ideal.

Selain itu, penyebab lainnya mungkin termasuk kekurangan gizi. Anda juga sebaiknya tidak membatasi jumlah makanan untuk bayi (meskipun secara tidak sadar) selama perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu ini.

Beberapa orangtua berharap bayi mereka ramping saat mereka tumbuh, jadi mereka membatasi kalori dan lemak saat baru lahir.

Hal ini sangat berbahaya karena bayi justru perlu banyak asupan zat gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Maka itu, Anda bisa mengatur kebiasaan makan bayi dengan lebih sehat di perkembangan usia 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Bila Anda percaya bahwa bayi Anda terlalu kurus karena tidak bisa menyerap gizi dengan benar, maupun tingkat metabolisme yang tidak seimbang, coba konsultasikan dengan dokter.

Penyakit menular atau kronis juga bisa berpengaruh pada kondisi ini. Hubungi dokter untuk mendapatkan saran, jawaban, serta perawatan tepat waktu terkait perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 18 minggu?

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu:

1. Mengisap jempol

Hampir semua bayi mengisap jari jempol mereka pada tahun awal. Ini hal yang wajar karena mulut bayi tidak hanya untuk makan, tapi juga membantu si menemukan sesuatu dan bermain-main demi mendukung perkembangan 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu.

Awalnya, dia mungkin hanya memasukkan jari ke dalam mulut secara acak. Namun, kemudian dia akan menyadari bahwa menaruh tangan ke dalam mulut memberikan sensasi menyenangkan dan dari situlah akan menjadi kebiasaan.

Pertama-tama, Anda akan menganggap hal tersebut sangat lucu atau berguna meskipun mereka sendiri mencari hiburan tanpa butuh bantuan.

Namun, saat mereka terus mengisap tangan, Anda mulai cemas ketika anak mulai masuk sekolah dan tetap melakukannya sepanjang waktu. Sebab hal yang mungkin terjadi di perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu ini dapat memicu ejekan dari anak lain dan teguran dari guru.

Untuk mengatasi situasi ini, alihkan perhatiannya dengan mainan bayi, atau permainan yang menggunakan tangan.

2. Jadwal menyusui

Sampai usia bayi genap 6 bulan, ASI eksklusif masih menjadi makanan dan minuman yang terbaik untuknya. Selama masa perkembangan di usia 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu ini, jadwal menyusu bayi biasanya sekitar 7-8 kali dalam sehari.

Rentang antar waktu menyusui di perkembangan bayi 18 minggu atau 4 bulan 2 minggu tersebut kurang lebih antara 2,5-3,5 jam.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 19 minggu?

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Januari 15, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca