Perkembangan Bayi 17 Minggu atau 4 Bulan 1 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 17 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 17 minggu  atau 4 bulan 1 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Menggerakkan tangan dan kaki secara bersamaan dan terus-menerus.
  • Mengangkat kepalanya sendiri hingga 90 derajat.
  • Duduk sendiri, meski masih perlu sedikit dibantu.
  • Menumpukan berat tubuhnya pada kaki.
  • Menelungkupkan tubuh dan menahan berat tubuh dengan dadanya.
  • Menunjukkan respons saat mendengar suara bel atau lonceng.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Tertawa.
  • Memekik kencang.
  • Menyatukan kedua tangannya.
  • Memegang mainan.
  • Mengikuti atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya sekitar 180 derajat.
  • Mengenali wajah orang-orang terdekatnya.
  • Tersenyum sendiri.
  • Tersenyum kembali saat diajak bercanda.
  • Mengenali tangannya sendiri.

Kemampuan motorik kasar

Pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, akan tampak pergerakan tangan, kaki, dan tubuh bayi akan semakin lincah. Pada masa perkembangan bayi 17 minggu ini , Anda akan melihat si kecil mampu duduk dengan baik meski perlu sandaran atau ditahan dengan tangan Anda.

Seiring berjalannya waktu, nantinya si kecil juga akan mampu duduk sendiri tanpa bantuan sama sekali. Perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu ini juga membuat bayi sudah mampu menggunakan dada untuk menahan berat tubuhnya saat dalam posisi telungkup.

Hal itu dilakukan sembari ia mengangkat kepala dan menggerakkan kedua kaki serta tangannya selama masa perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Meski masih akan terus menangis, tapi pada perkembangan bayi 17 minggu ini si kecil sudah semakin sering menggunakan kata “ooh” dan “aah” sebagai upaya untuk memberitahu keinginannya.

Misalnya sebagai tanda lapar dan ingin menyusu, si kecil mungkin akan mengatakan “ooh” berkali-kali. Atau, saat Anda mengajaknya bicara dan bercanda, ia akan meresponsnya dengan menyebut “aah” di masa perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu.

Kemampuan motorik halus

Setelah terlihat mahir saat menyatukan atau menempelkan kedua tangannya, perkembangan motorik halus lainnya yang bisa dilakukan bayi 17 minggu yakni memegang mainan dengan baik.

Perkembangan bayi di usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu juga dapat mengikuti atau melihat sesuatu ke segala arah, sekitar 180 derajat.

Kemampuan sosial dan emosional

Di perkembangan usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu ini, si kecil makin sering memperlihatkan senyumnya pada Anda. Misalnya saat ia sedang bermain sendiri, melihat sesuatu yang menarik perhatiannya, diajak bicara, maupun saat bercanda dengan orang lain.

Perkembangan kemampuan bayi dalam mengenali wajah orang-orang di sekitarnya pada usia 17 minggu juga semakin lancar. Ditambah lagi, buah hati Anda mampu mengenali tangannya sendiri dan semakin tertarik untuk berlatih menggunakan tangannya dalam melakukan berbagai hal pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu ini.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu?

Untuk membantu perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, dorong bayi untuk berbicara sambil posisikan bayi duduk di depan cermin, atau meniru ekspresi dan suara yang bayi buat.

Anda bisa juga bereaksi saat bayi membuat suara atau mencoba berkata sesuatu untuk membantunya menyadari pentingnya bahasa dan mengerti cara berkomunikasi pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu.

Kesehatan Bayi Usia 17 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu?

Setiap dokter memiliki metode tersendiri untuk memeriksa kesehatan dan perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu tergantung situasi tertentu. Tes fisik secara keseluruhan serta jumlah dan jenis teknik diagnosis dan prosedur akan beragam tergantung kondisi dan perkembangan bayi 17 minggu.

Namun, Anda bisa mengantisipasi dan berkonsultasi kepada dokter tentang masalah setelah bayi menjalani pemeriksaan kesehatan pada perkembangan 17 minggu:

  • Beri tahu dokter tentang Anda dan bayi seperti bagaimana cara memberi makan, cara menidurkan bayi. Termasuk situasi perkembangan secara keseluruhan saat mengasuh bayi di usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu.
  • Dokter akan mengukur berat badan bayi, tinggi atau panjang badan bayi, serta lingkar kepala bayi untuk menunjukkan kondisi kesehatan bayi.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di usia perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, meliputi:

1. Infeksi telinga

Infeksi telinga pada usia perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu cukup umum terjadi. Infeksi telinga bernama otitis media akut ini muncul saat virus atau bakteri dan cairan terperangkap di belakang gendang telinga.

Pada awalnya kondisi ini akan menimbulkan gejala seperti rasa sakit, bengkak, dan demam. Meski begitu, infeksi telinga sangat umum terjadi pada bayi, tak terkecuali pada masa perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu.

Infeksi telinga pada masa perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Namun, dokter akan meresepkan acetaminophen untuk rasa sakit dan demam. Penyakit bayi sering bisa sembuh secara perlahan dalam 2 hari setelah pengobatan.

2. Membantu bayi bangun

Bila bayi sulit bangun sendiri setelah ia jatuh selama melatih perkembangan di usia 17 minggu, bantu ia berdiri atau ke posisi duduk. Namun, jangan berusaha membuatnya berdiri, karena perkembangan leher dan punggung bayi usia 17 minggu belum sempurna.

Alih-alih membuatnya berdiri, Anda bisa menyokong bayi berusia 3-4 bulan. Di mana usia tersebut bayi bisa menegakkan kepala dan tidak jatuh ketika Anda membantunya dari berbagai posisi, tak terkecuali di masa perkembangan bayi 17 minggu.

Selain mengubah postur, posisi duduk akan membantu bayi bisa melihat lebih jauh di perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu. Daripada hanya menatap langit atau sekitarnya dari kereta dorong, bayi yang duduk akan bisa melihat berbagai hal. 

Contohnya orang yang lewat, toko, rumah, pohon, hewan peliharaan, bis, mobil, dan hal-hal menakjubkan di sekitarnya di masa perkembangan 17 minggu ini.

Bayi di perkembangan 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu juga akan lebih bisa bersenang-senang dibanding saat hanya berbaring. Jadi, saat bayi duduk ia akan bisa lebih santai.

3. Bayi terlalu tembam

Berbeda dengan kelebihan berat badan pada orang dewasa, bayi tembam tidak berarti disebabkan karena pola makan atau menyusui yang kuat.

Beberapa tips ini bisa membantu jika Anda cemas tentang status berat badan di perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu:

  • Hanya menyusui saat bayi lapar.
  • Sesuaikan pola makan bila perlu.
  • Perhatikan kalori makanan.
  • Jangan sapih anak terlalu dini untuk mendorongnya tidur sepanjang malam. Bukan hanya tidak efektif, tapi juga menyebabkan kelebihan berat badan pada anak.
  • Dorong bayi untuk lebih aktif. Jika jarang bergerak, doronglah bayi untuk lebih banyak bergerak.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu?

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu:

1. Ketika bayi menolak ASI

Bayi tidak mau menyusu ini biasanya bersifat sementara, dan adala alasan tertentu. Penyebab paling umum saat bayi enggan menyusun termasuk di masa perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, yakni:

  • Pola makan ibu. Misalnya jika ada beberapa makanan yang membuat bayi menolak ASI, hindari makanan tersebut sampai mereka disapih.
  • Bayi terkena flu. Saat hidung tersumbat, bayi tak dapat bernapas melalui mulut dan mengisap secara bersamaan, dan tentunya pilihan pertama bayi adalah menggunakan mulut untuk bernapas.
  • Bayi mau tumbuh gigi. Walaupun hampir semua bayi tidak punya gigi sampai usia 5-6 bulan, tapi sebagian ada yang mulai tumbuh gigi lebih awal. Seringkali bayi akan tumbuh satu atau dua gigi pada 4 bulan pertama. Menyusui akan menekan gusi yang dapat membengkak sehingga bayi akan merasa sakit di perkembangan bayi 17 minggu.
  • Sakit telinga.
  • Ada luka dalam mulut bayi.
  • ASI mengalir dengan lambat. Saat lapar, bayi akan kehilangan kesabaran bila susu tidak cepat keluar.
  • Stres pada ibu.

Saat terjadi hal seperti ini pada perkembangan bayi 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu, beberapa cara berikut mungkin dapat membantu:

  • Jangan mencoba membiarkan bayi minum susu lainnya.
  • Coba lagi. Meskipun dia terus menolak menyusui, dia mungkin kembali mengisap setelah beberapa saat.
  • Perlahan berikan makanan padat untuk bayi.

Jika bayi terus menolak menyusu atau ada gejala lain, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik terkait kondisi dan perkembangan bayi 17 minggu.

2. Sulit mengganti popok

Jika sebelumnya biasanya bayi usia 17 minggu atau 4 bulan 1 minggu berperilaku tenang saat popoknya diganti, kini perkembangan dirinya mungkin telah berbeda.

Anda bisa saja merasa lebih sulit untuk mengganti popok bayi. Hal ini kemungkinan bayi merasa tidak nyaman serta terpaksa memakai popok bayi

Triknya, sebelum mengganti popok, siapkan segala keperluan sebelum meletakkan bayi di meja ganti. Tambahkan juga suara untuk mengalihkan perhatiannya, seperti suara dari televisi, HP, kotak musik atau mainan favoritnya.

Anda juga bisa bernyanyi atau mengajak bayi berbicara sampai selesai mengganti popok.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 18 minggu?

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Januari 15, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca