Perkembangan Bayi 11 Minggu atau 2 Bulan 3 Minggu

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/01/2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 11 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi di usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Sudah bisa melakukan gerakan tangan dan kaki bersamaan.
  • Sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri.
  • Sudah mulai bisa mengangkat kepalanya sekitar 90 derajat.
  • Sudah mulai bisa berguling.
  • Sudah mulai bisa menahan berat tubuhnya dengan kaki.
  • Bersuara dengan menangis.
  • Sudah bisa menunjukkan respons ketika mendengar suara bel.
  • Sudah bisa mengatakan “ooh” dan “aah”.
  • Sudah bisa tertawa.
  • Sudah bisa memekik keras.
  • Sudah bisa melihat dan mengamati wajah orang di dekatnya.
  • Sudah bisa tersenyum kembali atau tiba-tiba saat diajak bicara.
  • Sudah bisa tersenyum sendiri.

Kemampuan motorik kasar

Pada perkembangan bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, Anda masih akan melihat si kecil menggerakkan kedua tangan dan kakinya ke sana kemari dalam waktu yang sama. Selain itu, perkembangan bayi 11 minggu juga mulai mampu mengangkat kepalanya sekitar 90 derajat saat berbaring.

Ketika melihat Anda bergerak mengitari ruangan, bayi juga bisa memerhatikan Anda sembari memiringkan kepalanya mengikuti arah pergerakan Anda sebagai bentuk perkembangan 11 minggu. Di usia ini juga, Anda akan melihat bayi berguling sendiri dan menahan berat tubuhnya dengan kedua kakinya.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Sebagai cara bayi usia 11 minggu dalam berkomunikasi, selain menangis, Anda akan mendengar ocehan “ooh” dan “aah” dari mulut si kecil. Contohnya hal ini akan dilakukannya saat menunjukkan keinginan untuk menyusu, atau ketika Anda mengajaknya bermain dan berbicara di perkembangan bayi 11 minggu.

Selain itu, perkembangan bayi di usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu juga bisa tertawa ketika diajak bercanda, dan memekik di saat-saat tertentu.

Kemampuan motorik halus

Bukan hanya mampu menggerakkan kedua tangannya ke sama kemari. Perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu juga terlihat dapat memerhatikan objek yang berada di garis tengah atau di sekitaran area tersebut.

Kemampuan sosial dan emosional

Perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu mampu mengenali wajah orang-orang di sekitarnya. Si kecil juga dapat tersenyum sendiri, serta tersenyum saat diajak berbicara meski belum mengerti apa yang ia dengar.

Dalam perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, Anda akan melihat lebih banyak ekspresi dari si kecil ketika diajak berinteraksi, seperti cemberut, mengernyit, senyum lebar, dan aktif mengoceh dengan suara khasnya.

Bayi Anda juga sangat senang diajak bermain dan umumnya akan rewel jika mereka tidak diberikan perhatian yang cukup selama perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu ini.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu?

Berikan bayi cukup ruang sehingga mereka bisa meluruskan tubuh dan menggerakkan tangan dan kaki untuk melatih perkembangan bayi  11 minggu atau 2 bulan 3 minggu. Anda juga bisa menaruh selimut di atas lantai dan membiarkannya bergerak sesukanya.

Ini akan membantunya memperkuat dan mengembangkan otot-ototnya. Jangan lupa, selalu awasi bayi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya bermain sebagai cara untuk memberikannya perhatian di perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu.

Misalnya membaringkan tubuh Anda, kemudian letakkan bayi di atas perut Anda. Secara otomatis, biasanya si kecil akan refleks mengangkat kepalanya sendiri untuk melihat Anda.

Bahkan, ia mungkin juga akan menggunakan lengannya untuk memberikan tenaga bagi tubuhnya saat mengangkat kepala. Ini termasuk salah satu upaya untuk melatih perkembangan bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu.

Kesehatan Bayi Usia 11 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter pada bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu?

Segera diskusikan dengan dokter jika dalam tahap perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, jika si kecil mengalami:

  • Demam tinggi
  • Tidak mau makan
  • Buang air besar tidak normal
  • Terlalu sering atau jarang buang air kecil
  • Ruam sulit hilang
  • Mata atau telinga mengeluarkan cairan
  • Terus-terusan menangis

Kondisi tersebut bisa menunjukkan gangguan kesehatan tertentu, jadi segera bawa si kecil ke dokter. Jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui saat merawat bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai perkembangan bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, yaitu:

1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah jenis dermatitis pada kulit kepala yang umumnya terjadi pada bayi dan balita. Kondisi tersebut membuat kulit kepala bayi di perkembangan 11 minggu ini terlihat berkerak, bersisik, mengelupas, dan memerah.

Anda bisa mengatasi masalah kulit ini dengan melakukan pijatan halus menggunakan baby oil atau minyak kelapa. Setelah itu, cuci kepala si kecil hingga bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit yang mengelupas dan minyak.

Pada kasus yang parah, perkembangan 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu ini, bayi mungkin harus menggunakan sampo sulfur antiseborrheic yang mengandung salicylate setiap hari. Namun, hal ini perlu mendapatkan konsultasi dan persetujuan dengan dokter terlebih dahulu sebelumnya.

Bila kondisi bayi menjadi lebih serius, hentikan pengobatan manapun dan bicarakan dengan dokter untuk menemukan cara lain guna menjaga kesehatan dan perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu. Gejala dermatitis seboroik pada kulit kepala umumnya cenderung lebih  parah jika kulit kepala bayi berkeringat.

Jadi Anda harus menjaga kulit kepala bayi tetap bersih dan kering dan tidak boleh memakaikan topi jika memang tidak perlu. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai segala perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu.

2. Kaki melengkung

Kebanyakan kaki melengkung pada perkembangan bayi 11 minggu terjadi karena penyebab tertentu. Misalnya karena efek samping persalinan dan kram yang sering terjadi pada ibu hamil, sehingga membuat kaki bayi jadi terhimpit. Atau bahkan, menyebabkan perkembangan kaki bayi usia 11 bulan bengkok atau berputar ke dalam.

Sebagian besar kaki bayi yang melengkung ini akan kembali seperti semula tanpa perawatan, termasuk di masa perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu.

Sebaiknya berhenti membedong bayi dengan kain gurita terlalu kencang. Namun jika Anda mengkhawatirkan penyebab lain dari bengkoknya perkembangan kaki bayi 11 minggu, segera konsultasikan ke dokter.

3. Testis yang mengecil pada bayi laki-laki

Organ kelamin pada bayi biasanya mulai berkembang selama masa kehamilan. Jika ovarium selesai berkembang saat lahir, testis akan selesai berkembang juga dan mulai terlihat pada saat ini.

Akan tetapi, sekitar 3-4 persen bayi yang lahir normal dan 30 persen bayi prematur mengalami pengecilan testis. Perubahan testis yang relatif rumit di perkembangan 11 minggu ini sebenarnya tidak langsung menentukan apakah testis bayi mengecil atau tidak.

Pasalnya, ada beberapa kondisi bayi yang mungkin terjadi pada perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu, sehingga testis mengalami perubahan ukuran dan bentuk. Biasanya, testis menyembul dari tubuh saat suhu panas.

Sementara testis akan mengecil ketika suhu dingin. Selain itu testis kiri dan kanan bayi yang mungkin terlihat di perkembangan 11 minggu juga bisa memiliki ukuran yang berbeda. Testis kiri biasanya lebih rendah daripada testis kanan dan membuat bagian kanan terkesan menghilang atau mengecil.

Operasi bisa memperbaiki posisi semula. Terapi hormon juga bisa menyembuhkan kasus ini. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut terkait kesehatan dan perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu?

Supaya perkembangan bayi 10 minggu atau 2 bulan 3 minggu ini lebih optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua:

1. Berbicara

Perkembangan bayi usia 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu masih belum bisa berbicara atau menjawab berbagai pertanyaan yang Anda ajukan. Namun, dia akan belajar berbicara lebih cepat dan lebih baik jika Anda terus mengajaknya berbicara dari awal.

Anda bisa mengajarkannya berbicara kapanpun dan di mana pun, seperti saat memeluknya atau menenangkan bayi saat menangis. Ketika mendengarkan Anda berbicara dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri, perkembangan kemampuan bahasa bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu akan berkembang pesat.

2. Menyusui dengan salah satu puting susu

Jangan hanya menyusui dengan salah satu puting susu atau payudara saja. Pasalnya, hal ini akan mengganggu produksi ASI di salah satu payudara yang tidak sering digunakan untuk menyusui.

Dalam banyak kasus, setelah masa menyusui, payudara ibu akan dalam kondisi di mana salah satu sisi mengecil dan sisi lainnya lebih besar (walaupun hanya Anda yang bisa melihatnya). Hal ini juga bisa saja terjadi di masa perkembangan bayi 11 minggu atau 2 bulan 3 minggu. Namun, tidak perlu cemas, perbedaan ukuran akan membaik setelah menyapih bayi Anda.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 12 minggu?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Rekomendasi Obat Tradisional untuk Atasi Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik bisa diobati menggunakan sampo antijamur atau obat steroid, tapi terdapat obat tradisional yang bisa membantu meredakan gejala.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

6 Jenis Dermatitis dan Macam-Macam Gejala yang Ditimbulkannya

Peradangan kulit akibat dermatitis muncul dalam berbagai jenis. Bagaimana perbedaan gejala, penyebab, dan pengobatan macam-macam dermatitis?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Tips Membuat Rumah Aman untuk Anak Bebas Bergerak

Bila anak sudah mulai merangkak dan berjalan, Anda perlu menata kembali rumah agar anak bebas bergerak. Berikut tips membuat rumah aman untuk anak.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

6 Hal yang Jadi Penyebab Dermatitis, dan 3 Faktor Pemicu Kumatnya Gejala

Dermatitis menimbulkan peradangan pada kulit. Berbagai faktor yang berasal dari dalam dan luar tubuh diketahui berkaitan dengan penyebab dermatitis.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Direkomendasikan untuk Anda

susu formula yang tidak bikin sembelit untuk bayi anak

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020
Sampo untuk dermatitis seboroik

Jenis Sampo dan Perawatan Kulit Kepala yang Tepat untuk Dermatitis Seboroik

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020
Dermatitis pada bayi

Penyebab Dermatitis pada Bayi dan Gejala yang Paling Umum Muncul

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020
Obat untuk dermatitis seboroik

3 Pilihan Obat Dermatitis Seboroik yang Efektif Atasi Kulit Kepala Gatal Bersisik

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020