Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 11 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Bayi Usia 11 Minggu

Perkembangan bayi 11 minggu cukup beragam, sebagai orangtua mungkin Anda penasaran apa saja yang sudah bisa dilakukan si kecil di usia tersebut.

Bagaimana perkembangan bayi 11 minggu?

Bayi usia 11 minggu umumnya sudah mulai aktif bergerak. Ya, pada usia ini bayi sudah dapat secara aktif menggerakan lengan dan menendang-nendangkan kakinya. Hal ini adalah langkah pertama bayi untuk siap belajar merangkak.

Dalam perkembangan bayi 11 minggu, Anda akan melihat lebih banyak ekspresi dari si kecil ketika diajak berinteraksi, seperti cemberut, mengernyit, senyum lebar, dan aktif mengoceh dengan suara khasnya. Bayi Anda juga sangat senang diajak bermain dan umumnya akan rewel jika mereka tidak diberikan perhatian yang cukup.

Bayi usia 11 minggu umumnya sudah dapat:

  • Menegakkan kepalanya saat sedang didudukkan
  • Membusungkan dada menggunakan lengannya ketika sedang dalam posisi tengkurap
  • Berbalik (dalam satu arah)
  • Mencoba meraih mainan atau benda-benda yang diletakkan di atasnya
  • Berkata dengan konsonan yang hampir serupa

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya?

Berikan bayi cukup ruang sehingga mereka bisa meluruskan tubuh dan menggerakkan tangan dan kaki. Anda juga bisa menaruh selimut di atas lantai dan membiarkannya bergerak sesukanya, ini akan membantunya memperkuat dan mengembangkan otot-ototnya. Jangan lupa, selalu awasi bayi Anda.

Kesehatan Bayi Usia 11 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter pada bayi usia 11 minggu?

Segera diskusikan dengan dokter jika dalam tahap perkembangan bayi 11 minggu, si kecil mengalami:

  • Demam tinggi
  • Tidak mau makan
  • Buang air besar tidak normal
  • Terlalu sering atau jarang buang air kecil
  • Ruam sulit hilang
  • Mata atau telinga mengeluarkan cairan
  • Terus-terusan menangis

Kondisi tersebut bisa menunjukkan kondisi kesehatan tertentu, jadi segera bawa sang bayi ke dokter.

Apa yang harus saya ketahui saat merawat bayi usia 11 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika merawat bayi usia 11 minggu, yaitu:

Kemunculan dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah jenis dermatitis pada kulit kepala yang umumnya terjadi pada bayi dan balita. Kondisi tersebut membuat kulit kepala bayi terlihat berkerak, bersisik, mengelupas, dan memerah. Anda bisa mengatasi masalah kulit ini dengan melakukan pijatan halus menggunakan baby oil atau minyak kelapa. Setelah itu, cuci kepala si kecil hingga bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit yang mengelupas dan minyak.

Pada kasus yang parah, si kecil mungkin harus menggunakan sampo sulfur antiseborrheic yang mengandung salicylate setiap hari. Namun, Anda harus tahu bahwa beberapa kasus mungkin memburuk dengan metode ini. Bila kondisi bayi menjadi lebih serius, hentikan pengobatan manapun dan bicarakan dengan dokter untuk menemukan cara lain.

Gejala dermatitis seboroik pada kulit kepala umumnya cenderung lebih  parah jika kulit kepala bayi berkeringat, jadi Anda harus menjaga kulit kepala bayi tetap bersih dan kering dan tidak boleh memakaikan topi jika memang tidak perlu. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Kaki melengkung

Kebanyakan kaki melengkung pada bayi terjadi karena dua penyebab, yaitu efek samping persalinan dan kram yang sering terjadi pada ibu hamil sehingga membuat kaki bayi jadi terhimpit sehingga menyebabkan kaki bayi membengkok atau berputar ke dalam.

Sebagian besar kaki bayi yang melengkung ini akan kembali seperti semula tanpa perawatan. Sebaiknya bayi tidak dibedong dengan kain gurita terlalu kencang. Namun jika Anda mengkhawatirkan penyebab lain dari bengkoknya kaki bayi Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Testis yang mengecil

Organ kelamin pada bayi biasanya mulai berkembang selama masa kehamilan. Jika ovarium selesai berkembang saat lahir, testis akan selesai berkembang juga dan mulai terlihat pada saat ini.

Akan tetapi, sekitar 3-4 persen bayi yang lahir normal dan 30 persen bayi prematur mengalami pengecilan testis. Perubahan testis yang relatif rumit ini sebenarnya tidak langsung menentukan apakah testis bayi mengecil atau tidak.

Pasalnya ada beberapa kondisi yang membuat testis dapat mengalami perubahan ukuran dan bentuk. Biasanya, testis menyembul dari tubuh saat suhu panas.

Sementara testis akan mengecil ketika suhu dingin. Selain itu testis kiri dan kanan juga bisa memiliki ukuran yang berbeda. Testis kiri biasanya lebih rendah daripada testis kanan dan membuat bagian kanan terkesan menghilang atau mengecil.

Operasi bisa memperbaiki posisi semula. Terapi hormon juga bisa menyembuhkan kasus ini. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada bayi usia 11 minggu?

Supaya perkembangan bayi 10 minggu lebih optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua:

Berbicara

Bayi usia 11 minggu masih belum bisa berbicara atau menjawab berbagai pertanyaan yang Anda ajukan. Namun, dia akan belajar berbicara lebih cepat dan lebih baik jika Anda terus mengajaknya berbicara dari awal.

Anda bisa mengajarkannya berbicara kapanpun dan di mana pun, seperti saat memeluknya atau menenangkan bayi saat dia menangis. Ketika mendengarkan Anda berbicara dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri, kemampuan bahasa bayi akan berkembang pesat.

Menyusui dengan salah satu puting susu

Jangan hanya menyusui dengan salah satu puting susu saja. Pasalnya, hal ini akan mengganggu produksi ASI di salah satu payudara yang tidak sering digunakan untuk menyusui.

Dalam banyak kasus, setelah laktasi, payudara ibu akan dalam kondisi di mana salah satu sisi mengecil dan sisi lainnya lebih besar (walaupun hanya Anda yang bisa melihatnya). Namun, tidak perlu cemas, perbedaan ukuran akan membaik setelah menyapih bayi Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca