Perkembangan Setiap Minggu

Puting Bayi Keluar Cairan Mirip Susu, Normal Apa Tidak?

Oleh Data medis direview oleh dr. Tania Savitri.

Di masa awal kelahiran, kadang puting bayi mengeluarkan cairan mirip susu. Hal ini mungkin bikin panik orangtua bayi. Kondisi keluarnya cairan ini sering disebut sebagai galaktorea pada bayi. Apa yang menjadi penyebab galaktorea pada bayi? Apa ini normal? Apa bisa disembuhkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu galaktorea?

Galaktorea adalah cairan yang keluar dari puting susu manusia, tapi beda dengan air susu seperti yang diproduksi ibu menyusui. Galaktorea merupakan kondisi yang bisa dialami bayi yang baru lahir atau bahkan laki-laki dewasa sekalipun.

Galaktorea sendiri bukanlah penyakit, tapi bisa menjadi tanda suatu masalah di dalam tubuh. Hal ini sebetulnya bisa saja terjadi pada wanita, bahkan mereka yang belum pernah memiliki anak atau setelah menopause. Namun, kasus yang terjadi pada bayi baru lahir mungkin membuat para orangtua cemas atau panik.

Penyebab puting bayi mengeluarkan cairan

Kondisi galaktorea yang dialami bayi ini sering diakibatkan oleh terlalu banyaknya hormon prolaktin, yaitu hormon yang bertanggung jawab pada produksi susu saat si bayi dilahirkan.

Lalu ada kondisi kesehatan lainnya yang membuat puting bayi mengeluarkan cairan mirip susu. Pasalnya, prolaktin diproduksi oleh kelenjar pituitari manusia, yang letaknya ada di dekat otak Anda. Kelenjar ini berukuran seperti kacang polong di dasar otak Anda. Tugasnya yaitu mengeluarkan dan mengatur beberapa hormon.

Nah, sewaktu hamil kadar estrogen ibu yang tinggi melewati plasenta ke dalam darah bayi. Hal ini dapat menyebabkan pembesaran jaringan payudara bayi, yang mungkin terkait dengan keluarnya cairan dari puting susu si bayi. Sedangkan kondisi yang dialami pria atau wanita yang belum pernah melahirkan, bisa saja disebabkan oleh perkembangan tumor pada bagian pituari.

Apa ada pengobatan khusus yang bisa dilakukan untuk galaktorea?

Pengobatan keluarnya cairan dari puting susu bayi sebetulnya bisa hilang dengan sendiri dalam beberapa bulan ke depan, dan hal ini termasuk normal untuk dialami. Jika kondisi ini disebabkan oleh tumor, galaktorea bisa ditangani dengan obat atau operasi.

Jika obat tertentu yang Anda minum menyebabkan galaktorea, dokter Anda mungkin meresepkan obat yang berbeda. Dalam banyak kasus, tidak ada perawatan yang diperlukan, dan kondisinya hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, selama dalam masa penyembuhan ada baiknya Anda hindari beberapa hal seperti menghindari menyentuh area payudara bayi, atau hindari memakaikan bayi dengan pakaian yang ketat hingga tubuh terkena gesekan.

Hindari juga memijat, memencet atau dengan sengaja mengeluarkan semua cairan darui puting bayi. Dikhawatirkan hal ini bisa membuat bakteri masuk ke kelenjar susu, yang kemudian menyebabkan mastitis. Mastitis adalah kondisi di mana bakteri masuk ke dalam payudara melalui kulit (puting) yang pecah atau melalui saluran susu di puting.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca