4 Peralatan yang Butuh Dipersiapkan Sebelum Mulai MPASI

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi orangtua, pertama kalinya memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si kecil merupakan momen yang sangat membahagiakan sekaligus juga paling bikin deg-degan. Namun sebelum memikirkan makanan apa saja yang akan Anda racik untuknya, pastikan dulu Anda sudah punya peralatan MPASI yang benar agar proses pemberian makannya jadi lebih mudah.

Apa saja peralatan MPASI yang harus dipersiapkan?

Peralatan untuk membuat MPASI sebenarnya tidak harus lengkap semuanya, kok. Yang penting Anda bisa memastikan setiap alat masak yang Anda punya bisa mendukung dan mempermudah proses pemberian MPASI nantinya.

Nah, berikut ini rekomendasi peralatan MPASI yang sebaiknya Anda miliki:

1. Alat tumbuk

Sumber: Crate and Barel

Ada dua jenis alat tumbuk yang bisa digunakan, yakni yang manual ataupun elektrik. Sesuai namanya, alat ini berguna untuk menghaluskan makanan padat menjadi lebih lembut dengan tekstur yang sangat halus.

Blender dan food processor merupakan contoh alat tumbuk elektrik. Alat tumbuk elektrik bisa dipakai untuk menghaluskan makanan padat yang masih mentah atau dalam bentuk segar (misalnya buah atau sayur utuh) menjadi bentuk bubur halus.

Sementara itu, alat tumbuk manual seperti ulekan dan cobek batu mengharuskan Anda menghaluskan makanan pakai tenaga sendiri. Hanya makanan yang sudah dikukus dulu yang bisa dihaluskan pakai ulekan.

2. Slow cooker

Sumber: BGR

Slow cooker adalah dapat dikatakan sebagai alat pengolah MPASI yang praktis dan multifungsi. Anda bisa memasak, mengukus, dan menghangatkan makanan si kecil hanya dengan pakai satu alat yang sama.

Slow cooker juga dilengkapi dengan pengatur waktu (timer) yang akan memudahkan Anda dalam mengolah makanan si kecil. Jangan khawatir kandungan nutrisi makanannya akan hilang.

Peralatan MPASI yang satu ini diyakini dapat menjaga kandungan nutrisi asli makanan berkat teknik slow cookingnya yang pakai panas sedang.

3. Cetakan makanan

Sumber: Lazada

Jangan hanya membuat makanan yang itu-itu saja. Sesekali, kreasikan sajian MPASI untuk anak dengan tampilan dan bentuk yang lebih menarik. Gunakan cetakan makanan dengan berbagai bentuk yang pasti disukai si kecil.

Bukan hanya memperkenalkan MPASI pada bayi, secara tidak langsung Anda juga turut mengajarinya hal-hal baru.

4. Peralatan makan lengkap

Sumber: Marhami

Selain melengkapi peralatan memasak Anda, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan makan yang akan dipakai anak nantinya. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memilih satu set peralatan makan lengkap yang sudah termasuk piring, mangkok, sendok, garpu, dan gelas.

Namun tentu, tidak masalah kalau Anda ingin membeli peralatan makanan satuan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan yaitu pakai botol sendok makan (squirt).

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 4, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 30, 2018

Yang juga perlu Anda baca