3 Penyebab Puting Susu Gatal Saat Menyusui, Plus Tips Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Menyusui seharusnya menjadi kegiatan yang baik untuk mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Namun, beberapa ibu justru tidak betah melakukannya berlama-lama karena merasakan gatal yang luar biasa di puting. Anak pun mungkin jadi tidak bisa mencukupi kebutuhan makannya. Yuk, cari tahu dulu apa yang menyebabkan puting gatal saat menyusui plus cara mengatasinya.

Macam-macam penyebab puting gatal saat menyusui

1. Kulit Anda sensitif

menyusu pada satu payudara

Keluhan puting gatal saat menyusui kerap dialami oleh ibu yang memiliki jenis kulit sensitif. Ini mungkin dapat diperparah dengan gesekan antara kulit puting dan pakaian serta isapan bayi saat menyusu.

Gesekan bahan dan isapan mulut bayi dapat menyebabkan jaringan puting yang memang sensitif jadi makin mudah teriritasi dan kering, sehingga akhirnya terasa gatal.

Bagaimana mengatasinya? 

Anda sebetulnya tak perlu terlalu khawatir karena masalah ini lama kelamaan akan membaik dengan sendirinya.

Namun untuk meredakan gatalnya, Anda bisa mandi atau berendam air hangat suam kuku selama 1o menit. Setelahnya oleskan pelembap yang mengandung vitamin E, cocoa butter, atau lanolin untuk mencegah kulit makin kering.

Bisa juga oleskan gel lidah buaya atau petroleum jelly pada puting yang terasa gatal.

2. Infeksi jamur

payudara gatal

Infeksi jamur juga bisa jadi penyebab puting gatal saat menyusui, bahkan mungkin juga terasa nyeri. Gejala lainnya meliputi kulit puting mengering dan tampak kemerahan.

Keluhan ini bisa bertambah buruk seiring waktu jika tidak cepat ditangani. Terutama jika Anda juga termasuk orang yang sering berkeringat.

Bagaimana mengatasinya?

Infeksi jamur diatasi dengan antibiotik dan krim antijamur dari resep dokter.

Agar tidak terulang kembali, selalu jaga kulit payudara tetap kering setiap kali habis menyusui. Liur bayi dan tetesan ASI yang membekas di sekitar puting dapat membuat kulit payudara terus-terusan lembap.

Segera mandi atau ganti baju setelah berkeringat, dan keringkan tubuh dengan baik. Cuci bra serta pakaian dengan air panas dan jemur di bawah sinar matahari.

3. Mastitis

Ada satu penyebab puting susu gatal yang khas hanya terjadi pada ibu menyusui, yaitu mastitis.

Mastitis adalah infeksi bakteri yang menyerang jaringan dalam payudara. Selain menimbulkan gatal, mastitis membuat payudara terasa lebih hangat, terasa nyeri, kemerahan bahkan bengkak. Ibu menyusui juga bisa mengalami demam tinggi karenanya.

Bagaimana mengatasinya?

Mastitis tidaklah berbahaya, apalagi sampai mengancam nyawa. Namun, Anda memang perlu lebih telaten untuk mengobatinya.

Infeksi bakteri mastitis diobati dengan resep antibiotik dari dokter. Selain menggunakan antibiotik, Anda mungkin dianjurkan juga untuk minum obat pereda nyeri guna meredakan demam dan keluhan lain yang menyertainya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca