backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

4 Manfaat Pakai Apron Menyusui dan Tips Memilihnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

4 Manfaat Pakai Apron Menyusui dan Tips Memilihnya

Tak jarang ibu menyusui mengeluhkan sulitnya menemukan tempat yang nyaman dan terhindar dari orang lain untuk menyusui. Untuk mengatasi masalah ini, apron menyusui adalah salah satu alat khusus yang bisa digunakan sebagai penutup tubuh ibu saat menyusui.

Namun bukan hanya untuk menutupi tubuh ibu, apron menyusui juga memiliki manfaat atau kegunaan lainnya dalam proses menyusui bayi. Ketahui manfaat serta tips memilih dan memakainya di bawah ini.

Manfaat apron menyusui untuk ibu dan bayi

gigi anak berlubang

Apron menyusui, atau disebut juga celemek menyusui, adalah aksesori atau alat tambahan yang bisa digunakan oleh ibu saat menyusui.

Manfaat atau kegunaan menggunakan apron menyusui untuk ibu dan bayi, antara lain sebagai berikut.

1. Memberikan privasi

Apron menyusui biasanya memiliki desain yang dapat menutupi bagian dada dan juga bayi saat menyusui.

Dengan begitu, penutup ini bisa memberikan privasi bagi ibu dan bayi saat menyusui di tempat umum atau saat ada tamu di rumah tanpa harus terlihat oleh orang lain di sekitarnya.

Selain saat menyusui, melansir dari CDC, celemek menyusui ini juga bisa digunakan untuk membantu menutupi bagian dada ibu saat memompa ASI.

2. Menyediakan kenyamanan

Apron menyusui dapat membantu menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman bagi ibu dan bayi.

Hal ini dapat melindungi ibu dan bayi dari gangguan dan distraksi dari orang di sekitarnya.

3. Mengurangi stres

Dengan menggunakan celemek menyusui, ibu dapat merasa lebih santai dan tenang saat menyusui di tempat umum.

Ibu tidak perlu merasa khawatir terlihat oleh orang lain saat harus menyingkap pakaiannya untuk menyusui bayi. Stres pada ibu menyusui pun dapat terhindari.

4. Meningkatkan fokus

Apron menyusui dapat membantu bayi untuk bisa fokus menyusu.

Bayi pun bisa menyusu dengan lebih baik tanpa terganggu oleh lingkungan sekitar yang mungkin terlalu ramai, berisik, atau terlalu cerah.

Dengan manfaat penggunaan celemek menyusui, ibu dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri saat menyusui di tempat umum, sehingga memberikan manfaat bagi ibu dan bayi.

Apa saja perlengkapan menyusui lainnya yang dibutuhkan ibu?

Perlengkapan menyusui yang umumnya diperlukan meliputi berikut ini.
  • Bra menyusui. Bra menyusui khusus yang dirancang untuk memudahkan ibu dalam menyusui bayi.
  • Baju menyusui. Baju dengan desain khusus yang memudahkan akses saat menyusui bayi.
  • Pompa ASI. Alat untuk memompa ASI agar bisa disimpan dan digunakan pada lain waktu.
  • Bantal menyusui. Bantal yang dirancang khusus untuk menopang bayi saat menyusui dan memberikan kenyamanan pada sang ibu.
  • Krim puting payudara. Krim khusus untuk menjaga kelembapan dan kesehatan puting payudara selama menyusui.

Tips memakai apron menyusui

ibu menyusui makan banyak

Pemakaian celemek menyusui yang kurang tepat dapat membuat Anda dan si Kecil tak nyaman. Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan apron menyusui.

  • Praktikkan di rumah terlebih dahulu. Sebelum menggunakan celemek menyusui di tempat umum, praktikkan di rumah terlebih dahulu agar Anda dan bayi terbiasa menggunakannya.
  • Pilih apron yang sesuai. Pilih celemek menyusui yang sesuai untuk kebutuhan, sehingga tidak membuat Anda atau bayi merasa tidak nyaman saat menyusui.
  • Periksa posisi apron. Pastikan apron menyusui terpasang dengan baik dan kedudukannya sesuai dengan tubuh Anda. Apron harus memiliki cukup ruang untuk bayi Anda agar dapat menyusu dengan nyaman.
  • Pastikan tak terlalu ketat. Pastikan tali pengikat celemek tidak terlalu ketat, agar tidak membuat Anda merasa tidak nyaman saat menyusui.
  • Latih gerakan menyusui. Praktikkan gerakan dan posisi menyusui dengan celemek menyusui terpasang pada tubuh agar Anda terbiasa dengan gerakan yang tepat dan membantu bayi Anda menyusu dengan baik.
  • Menjaga privasi. Pastikan celemek menyusui menutupi daerah dada dengan baik, sehingga memberikan privasi kepada Anda saat menyusui di tempat umum.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan apron menyusui dengan lebih nyaman dan efektif saat menyusui bayi di tempat umum atau saat ada tamu di rumah.

Tips memilih apron menyusui

Untuk memilih apron menyusui yang tepat, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum membelinya.

  • Bahan yang nyaman. Pilih celemek menyusui yang terbuat dari bahan yang lembut, ringan, dan nyaman untuk digunakan, baik untuk Anda maupun bayi Anda.
  • Desain yang praktis. Pilih celemek menyusui dengan desain yang praktis dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu menyusui dengan nyaman dan efisien.
  • Ukuran yang sesuai. Pastikan celemek memiliki ukuran yang cukup besar untuk memberikan cakupan yang optimal, tetapi juga cukup ringan dan tidak terlalu besar, sehingga masih mudah dibawa dan digunakan di mana saja.
  • Ketersediaan saku. Beberapa celemek menyusui dilengkapi dengan saku di bagian depan. Pilih celemek yang dilengkapi saku jika Anda ingin menyimpan tisu, ponsel, atau aksesori kecil lainnya saat sedang menyusui.
  • Kemudahan perawatan. Pilih celemek menyusui yang mudah untuk dibersihkan dan dirawat agar dapat digunakan secara praktis dalam jangka panjang.
  • Faktor privasi. Pastikan celemek menyusui dapat menutupi bagian tubuh yang cukup bagi Anda dan bayi saat sedang menyusui di tempat umum.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat memilih apron menyusui yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta memberikan kenyamanan dan privasi saat menyusui bayi.

Bayi Anda pun bisa mendapatkan asupan ASI yang cukup serta manfaat dari ASI yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan