Kenapa Bayi Saya Menolak Menyusu, dan Apa yang Bisa Dilakukan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum.

Meski ASI adalah sumber nutrisi utama dan terbaik bagi bayi, kadang malah bayi tidak mau menyusu. Hal ini tidak luput menjadi kekhawatiran bagi sang ibu. Sebenarnya, apa yang menyebabkan bayi menolak  menyusu? Adakah cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kenapa bayi tidak mau menyusu tiba-tiba?

Bayi pada umumnya butuh menyusu hingga 8-12 kali dalam 24 jam, tapi kebutuhan ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia bayi Anda.

Ketika bayi tidak mau menyusu atau menolak menyusu padahal tidak sedang disapih, ini adalah caranya berkomunikasi dengan Anda untuk mengatakan ada sesuatu yang salah. Mungkin bayi tidak mau menyusu karena:

  • Rasa ASI berubah akibat dari makanan yang Anda makan. Rasa ASI juga bisa berubah karena perubahan hormon dan pengaruh obat atau vitamin yang Anda konsumsi.
  • Sakit mulut dari tumbuh gigi, sakit gusi, demam, atau infeksi seperti sariawan bisa menjadi salah satu penyebab bayi menolak menyusu. Selain itu, infeksi telinga juga dapat menyebabkan tekanan atau nyeri saat menyusui.
  • Hidung tersumbat membuat bayi sulit bernapas saat menyusui.
  • Mastitis adalah infeksi payudara yang bisa mengurangi produksi ASI dan membuat rasa ASI lebih asin karena meningkatnya kadar sodium dalam tubuh ibu.
  • Perubahan aroma tubuh ibu. Ini bisa disebabkan dari penggunaan sabun atau perlengkapan mandi lainnya yang Anda gunakan.
  • Gangguan dalam rutinitas atau jadwal menyusui bayi Anda
  • Stres. Bayi juga bisa mengalami stres karena disebabkan perubahan lingkungan seperti ikut perjalanan jauh, menyusu di ruang yang berisik, hingga pindah ke rumah baru. Reaksi ibu yang berlebihan saat bayi menggigit puting juga bisa membuat bayi takut dan tidak mau menyusui.

Lama bayi menolak menyusu bisa bervariasi. Umumnya berlangsung antara dua hingga lima hari, tapi bisa juga berlangsung lebih lama.

Ketika bayi menolak menyusu, lakukan ini

Bila bayi tidak mau menyusu, jangan memaksanya minum. Cobalah untuk sabar dan tenang. Memaksa bayi untuk tetap menyusu akan semakin memperburuk keadaan.

Cobalah alihkan sebentar perhatian si kecil dari menyusui. Misalnya dengan berjalan-jalan di luar rumah, melihat mainan, atau menyanyikan lagu anak-anak.

Bila persediaan ASI Anda rendah, Anda perlu memompa atau memijat payudara setiap beberapa jam sekali, atau sesering bayi Anda menyusui. Ini akan membantu menjaga persediaan ASI Anda, mencegah pembengkakan payudara, dan memberi bayi Anda ASI yang dibutuhkan.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi yang menolak menyusu, yaitu:

  • Cobalah menyusui saat bayi Anda sangat mengantuk. Banyak bayi yang menolak untuk menyusui saat mereka terjaga.
  • Kunjungi dokter bayi Anda untuk mengetahui dan mengobati masalah kesehatan yang membuat bayi menolak menyusui.
  • Cobalah untuk mengubah posisi menyusui. Bayi bisa merasa nyaman pada salah satu posisi menyusui dan tidak nyaman dengan posisi yang lainnya. Carilah posisi yang membuat bayi Anda nyaman saat menyusui.
  • Menyusui bayi Anda sambil mengayunkan atau berjalan bisa jadi membuat bayi Anda lebih nyaman.
  • Menyusui di tempat yang bebas gangguan, seperti di ruangan dengan pencahayaan yang remang-remang dan sepi, jauh dari suara radio atau televisi.
  • Berikan bayi Anda kontak dari kulit ke kulit, misalnya dengan menyusui tanpa mengenakan baju.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca