Normalkah Jika Payudara Jadi Besar Sebelah Saat Menyusui?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Selama masa menyusui, tak jarang muncul berbagai permasalahan yang membuat ibu bertanya-tanya. Salah satunya yakni keluhan dari beberapa ibu menyusui mengenai ukuran payudara yang menjadi besar sebelah saat masa menyusui. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi, ya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apakah payudara bisa besar sebelah saat menyusui?

pijat payudara

Saat Anda sedang menyusui si kecil, sel-sel saraf di payudara akan mengirim sinyal ke otak. Tujuannya yakni untuk melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin.

Hormon prolaktin berperan dalam memperbanyak produksi ASI. Sementara hormon oksitosin bertugas untuk menyalurkan ASI dari payudara ibu ke bayi, sekaligus mempererat kedekatan antara ibu dan bayinya.

Itu sebabnya, semakin sering Anda menyusui si kecil, maka hormon prolaktin dan oksitosin yang diproduksi di dalam tubuh juga akan semakin melonjak naik. Ada kalanya selama masa menyusui, bayi cenderung untuk menyusu di salah satu sisi payudara saja.

Sebenarnya hal ini sah-sah saja dan tidak membahayakan. Namun, hal ini berpotensi menyebabkan salah satu sisi payudara ibu menjadi besar sebelah saat menyusui.

Apa penyebab payudara besar sebelah saat menyusui?

payudara sakit saat menyusui

Pada dasarnya, payudara yang cenderung lebih besar sebelah saat menyusui merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab payudara besar sebelah saat masa menyusui:

1. Bayi menyusu di salah satu payudara

Kondisi ini disebabkan oleh pola menyusui si kecil yang mungkin cenderung lebih suka salah satu sisi payudara saja, dan bukan keduanya.

Pasalnya, saat Anda menyusui si kecil maka jaringan-jaringan penyuplai ASI di payudara akan bekerja lebih keras. Semakin sering ibu menyusui si kecil, semakin sel-sel jaringan jaringan payudara ini juga akan semakin membesar.

Di sisi lain, hal ini juga bisa disebabkan oleh keluarnya ASI lancar di salah satu payudara, sehingga membuat bayi senang menyusu di bagian ini.

Alasan lain mengapa bayi lebih senang menyusu di salah satu bagian payudara yakni karena ia memiliki infeksi pada satu sisi telinga. Hal ini yang kemudian membuat bayi merasa nyaman di salah satu payudara saja.

Infeksi pada payudara serta adanya perbedaan kondisi puting ibu, seperti masuk ke dalam, tidak rata, juga memicu bayi untuk menyusu di salah satu sisi payudara.

Maka itu, ketika ibu hanya menyusui di salah satu bagian payudaranya saja, secara tidak langsung ukuran payudara ini dapat semakin membesar. Bahkan, salah satu ukuran payudara bisa terlihat tidak sama dengan payudara lainnya yang jarang digunakan untuk menyusui.

2. Bayi lebih tertarik pada salah satu sisi payudara

Bayi bisa memiliki preferensi atau ketertarikan tersendiri pada salah satu maupun kedua sisi payudara. Jika ketertarikannya hanya pada salah satu sisi payudara, bisa menyebabkan payudara besar sebelah saat menyusui.

Ini karena ketika si kecil lebih tertarik pada salah satu payudara ibu, maka produksi ASI di payudara lain yang jarang digunakan untuk menyusui akan menjadi lebih lambat.

Kondisi ini yang kemudian mengakibatkan ukuran kedua sisi payudara tidak sama, alias yang lain berukuran lebih kecil.

3. Ukuran salah satu payudara lebih besar, dan produksi ASI-nya lebih banyak

Ukuran kedua sisi payudara memang umumnya tidak sama. Jika Anda perhatikan, salah satunya biasanya lebih besar, dan ini sudah tampak sejak Anda belum menyusui.

Ternyata, sisi payudara yang lebih besar berpotensi untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya lebih banyak jaringan yang berkembang dalam proses produksi ASI di salah satu payudara, ketimbang sisi yang lainnya.

Di samping itu, apabila Anda pernah melakukan operasi payudara seperti pemasangan implan atau silikon di salah satu sisinya, bisa berpengaruh pada produksi ASI. Ya, sisi payudara tersebut mungkin saja tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup.

Alhasil, ukuran payudara kemudian bisa tampak lebih besar daripada yang lainnya saat menyusui. Meski begitu, jangan khawatir.

Selama dokter mengatakan bahwa kondisi yang Anda alami aman dan tidak masalah, tentu ukuran payudara yang besar sebelah ini tetap bisa digunakan untuk menyusui. Bahkan, kelancaran produksi ASI dan proses menyusui tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya meski ukuran payudara besar sebelah saat menyusui.

Kuncinya, teruslah rutin melakukan pemeriksaan ke dokter guna memantau berat badan dan kesehatan si keci. Jika semuanya tampak baik-baik saja, Anda bisa terus memberikan ASI walaupun ukuran payudara besar sebelah.

Tips lancar menyusui saat payudara besar sebelah

bantal menyusui

Ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan bila Anda harus memberikan ASI pada si kecil dalam kondisi payudara besar sebelah saat menyusui. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menyusui melalui sisi payudara yang lebih kecil lebih dulu

Mulailah untuk lebih sering memberikan bayi sisi payudara yang ukurannya lebih kecil. Meski mungkin produksi ASI yang dihasilkan tidak sebanyak payudara yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan payudara ini juga akan menghasilkan ASI dalam jumlah banyak.

Adanya rangsangan dari isapan mulut bayi selama menyusu, akan membantu meningkatkan produksi ASI pada payudara yang ukurannya lebih kecil. Dengan menawarkan sisi payudara yang lebih kecil dulu, bayi tidak akan keburu kenyang menyusu pada payudara yang lebih besar.

2. Pompa ASI pada payudara yang lebih kecil

Setelah selesai menyusui, Anda bisa coba melakukan pompa pada payudara yang berukuran lebih kecil. Baik itu menggunakan pompa ASI elektrik maupun manual.

Selain menuntaskan keluarnya ASI, memompa ASI juga bertujuan untuk merangsang payudara dalam memproduksi ASI. Dengan begitu, setidaknya bisa membantu menyamakan ukuran salah satu sisi payudara yang lebih kecil dengan sebelah payudara lain yang lebih besar saat menyusui.

3. Menyusui dengan seimbang, di sisi kanan dan kiri

Meski saat menyusui ukuran payudara besar sebelah, sebaiknya tetap konsisten memberikan si kecil ASI secara bergantian dari kedua payudara secara seimbang. Bukan hanya berguna untuk membantu menyeimbangkan ukurannya.

Menyusui di kedua sisi payudara juga dapat meningkatkan produksi ASI agar tidak lancar di salah satu sisinya saja. Lebih dari itu, menyusui di kedua sisi payudara sekaligus dapat membantu mencegah terjadinya beberapa masalah umum pada masa menyusui.

Misalnya seperti pembengkakan pada payudara, saluran susu tersumbat, maupun mastitis. Saat si kecil mulai beranjak dewasa, Anda bisa mulai memiliki cara menyusui seperti apa yang paling sesuai untuk diterapkan pada buah hati Anda.

Jika pada beberapa kali menyusui si kecil hanya bisa menyusu pada salah satu sisi payudara saja, sebaiknya lakukan pompa ASI pada sisi lainnya dan berikan di waktu berikutnya.

Pada intinya, tentu ada manfaat di balik menyusui secara bergantian pada kedua sisi payudara. Selain membantu untuk memproduksi ASI yang sehat, menyusui secara seimbang juga bisa membuat si kecil beristirahat lebih nyenyak, serta menjaga keseimbangan ukuran kedua payudara ibu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca