Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Alasan Kenapa Susu Kuda Liar Lebih Sehat Daripada Susu Sapi Biasa

5 Alasan Kenapa Susu Kuda Liar Lebih Sehat Daripada Susu Sapi Biasa

Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum susu sapi atau versi vegetariannya, seperti susu almond atau susu kacang, ketimbang harus minum susu kuda liar. Meskipun kurang populer, nyatanya susu kuda sudah dikonsumsi oleh banyak orang dari segala penjuru dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan pada abad ke 19, susu kuda sudah mulai dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Susu kuda liar juga tidak kalah sehat dibandingkan dengan susu sapi. Apa saja manfaat susu kuda liar bagi kesehatan? Simak artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut.

Beragam manfaat susu kuda liar bagi kesehatan

Susu kuda liar yang paling terkenal di Indonesia berasal dari kuda-kuda liar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Itu sebabnya bagi masyarakat Timur Indonesia, mengonsumsi susu kuda liar bukan lagi barang baru. Berikut ini beragam manfaat susu kuda liar yang harus Anda ketahui.

1. Kandungan gizinya sama dengan ASI

Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia. ASI diketahui mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein (whey dan kasein), asam lemak (omega-3 dan omega-6), karnitin, vitamin (A, C, D, E, dan K; serta riboflavin, niasin, dan asam panthothenic), hingga karbohidrat.

Bahkan banyak rumah sakit bersalin di Perancis yang menggunakan susu kuda sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan kekebalan bagi bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur. Namun, penggunaan susu kuda sebagai pengganti ASI ini mulai mengalami pengurangan setelah perang dunia kedua selesai.

2. Cocok untuk orang-orang yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi (intoleransi laktosa) maupun yang alergi susu sapi.

Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.

3. Melancarkan pencernaan

Susu kuda liar telah lama dipercaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan akibat jajahan bakteri jahat di usus, seperti diare dan6 Gejala Radang Usus yang Kelihatan Sepele, Tapi Perlu Diwaspadai. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki kandugan lysozyme dan lactoferrin yang bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di usus.

Perlu diketahui, lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba. Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar bisa bertindak sebagai probiotik karena dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

4. Perawatan kecantikan

Sama seperti susu kambing, salah satu manfaat susu kuda liar adalah untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini karena kandung kandungan laktoferrin di dalamnya.

Tidak hanya itu, susu kuda juga bermanfaat untuk merawat dan mencegah kulit berjerawat karena komponen anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

5. Rendah kalori

Diketahui dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori. Hal ini membuat orang yang sering minum susu kuda tidak cepat gemuk. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

History and Ancestral Benefits of Mare’s Milk – https://www.milksandhealth.com/mare-milk/ diakses pada 11 Agustus 2017

Dietetic Effects of Oral Intervention with Mare’s Milk On the Severity Scoring of Atopic Dermatitis, On Faecal Microbiota and On Immunological Parameters In Patients with Atopic Dermatitis – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19462320 diakses pada 11 Agustus 2017

High Fiber Probiotic Fermented Mare’s Milk Reduces The Toxic Effects Of Mercury In Rats – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3338224/ diakses pada 11 Agustus 2017

Immune-Modulating Properties of Horse Milk Administered to Mice Sensitized to Cow Milk – http://www.journalofdairyscience.org/article/S0022-0302(16)30718-4/fulltext diakses pada 11 Agustus 2017


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x