5 Alasan Kenapa Susu Kuda Liar Lebih Sehat Daripada Susu Sapi Biasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum susu sapi atau versi vegetariannya, seperti susu almond atau susu kacang, ketimbang harus minum susu kuda liar. Meskipun kurang populer, nyatanya susu kuda sudah dikonsumsi oleh banyak orang dari segala penjuru dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan pada abad ke 19, susu kuda sudah mulai dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Susu kuda liar juga tidak kalah sehat dibandingkan dengan susu sapi. Apa saja manfaat susu kuda liar bagi kesehatan? Simak artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut.

Beragam manfaat susu kuda liar bagi kesehatan

Susu kuda liar yang paling terkenal di Indonesia berasal dari kuda-kuda liar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Itu sebabnya bagi masyarakat Timur Indonesia, mengonsumsi susu kuda liar bukan lagi barang baru. Berikut ini beragam manfaat susu kuda liar yang harus Anda ketahui.

1. Kandungan gizinya sama dengan ASI

Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia. ASI diketahui mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein (whey dan kasein), asam lemak (omega-3 dan omega-6), karnitin, vitamin (A, C, D, E, dan K; serta riboflavin, niasin, dan asam panthothenic), hingga karbohidrat.

Bahkan banyak rumah sakit bersalin di Perancis yang menggunakan susu kuda sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan kekebalan bagi bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur. Namun, penggunaan susu kuda sebagai pengganti ASI ini mulai mengalami pengurangan setelah perang dunia kedua selesai.

2. Cocok untuk orang-orang yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi (intoleransi laktosa) maupun yang alergi susu sapi.

Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.

3. Melancarkan pencernaan

Susu kuda liar telah lama dipercaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan akibat jajahan bakteri jahat di usus, seperti diare dan6 Gejala Radang Usus yang Kelihatan Sepele, Tapi Perlu Diwaspadai. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki kandugan lysozyme dan lactoferrin yang bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di usus.

Perlu diketahui, lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba. Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar bisa bertindak sebagai probiotik karena dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

4. Perawatan kecantikan

Sama seperti susu kambing, salah satu manfaat susu kuda liar adalah untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini karena kandung kandungan laktoferrin di dalamnya.

Tidak hanya itu, susu kuda juga bermanfaat untuk merawat dan mencegah kulit berjerawat karena komponen anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

5. Rendah kalori

Diketahui dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori. Hal ini membuat orang yang sering minum susu kuda tidak cepat gemuk. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Nutrisi Susu Oat alias Susu Gandum yang Tak Kalah Sehat

Oat tidak hanya dinikmati sebagai sereal, tapi juga sebagai susu. Ini dikenal sebagai susu gandum. Penasaran dengan nutrisi dan manfaatnya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Fakta Gizi, Nutrisi 23 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Optimalkan Perkembangan dan Kesehatan Tulang Anak dengan Susu Organik

Selain lebih berkualitas dan alami, susu sapi organik ternyata baik untuk tulang anak. Yuk, ketahui apa saja manfaat susu organik untuk tulang di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
manfaat susu organik untuk tulang anak
Anak 1-5 Tahun, Gizi Balita, Parenting 25 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Manfaat Susu Organik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

 Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa susu organik memiliki potensi manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
susu organik untuk daya tahan tubuh
Anak 1-5 Tahun, Gizi Balita, Parenting 24 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Kebaikan Susu Organik untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Anak

Produk susu organik kian populer. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, susu organik juga bermanfaat untuk memenuhi asupan energi anak.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
anak minum susu organik untuk energi
Anak 1-5 Tahun, Gizi Balita, Parenting 23 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat mandi susu adalah

Manfaat Mandi Susu untuk Kulit dan Cara Melakukannya di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
beda susu sapi atau susu kambing

Mana yang Lebih Sehat, Minum Susu Kambing Atau Susu Sapi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
diet susu risiko diabetes

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
susu hangat susu dingin

Mana yang Lebih Sehat, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit