Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar Plus Manfaatnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/02/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Para ibu menyusui mungkin sudah tidak asing lagi dengan anjuran pijat payudara untuk memperlancar ASI. Selain bertujuan agar ASI lancar, memijat payudara dengan cara yang benar juga memberikan efek relaksasi yang nyaman bagi ibu menyusui. 

Memijat payudara atau yang juga dikenal dengan istilah pijat laktasi ini bisa Anda lakukan dengan mudah asalkan tahu cara tepatnya. Tak perlu bingung, silakan simak alasan dan cara memijat payudara di dalam ulasan ini.

Pijat payudara selama menyusui

bentuk payudara

Setelah melahirkan, banyak wanita merasa takut kalau pemberian ASI pada si buah hati tidak lancar. Memang ada banyak hal yang bisa mengganggu produksi ASI

Namun untungnya, ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memperbanyak produksi ASI. Salah satunya dengan memijat payudara dengan cara yang benar. 

Jika biasanya Anda mendengar mengonsumsi makanan, susu, jamu, maupun suplemen supaya produksi ASI lamcar, kini Anda bisa mencoba untuk memijat payudara.

Selain berpengaruh pada ASI, pijatan membuat peredaran darah di sekitar payudara juga menjadi lebih baik. Memijat payudara dengan cara yang benar akan membuat sumbatan dan gumpalan pada kelenjar susu terurai perlahan-lahan agar ASI lebih lancar.

Alhasil, memijat payudara dengan cara yang benar bisa membantu agar ASI bisa keluar dengan mudah dan lancar.

Jika Anda tidak melakukan pijat payudara untuk memperlancar ASI, hal ini berisiko menimbulkan penyumbatan pada saluran susu.

Manfaat pijat payudara selama menyusui

Itulah mengapa memijat payudara dengan cara yang benar penting agar aliran ASI lebih lancar. Sebab, lama-lama kondisi ini dapat mengakibatkan payudara mengalami pembengkakan.

Jadi, ibu menyusui yang punya masalah dengan produksi ASI dapat mencoba cara ini agar ASI yang keluar lebih lancar.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Korean Academy of Nursing.

Penelitian yang dilakukan di tahun 2011 tersebut mengamati dua kelompok ibu menyusui yang melakukan pijat payudara.

Nyatanya, memijat payudara dengan cara yang benar selama 30 menit dalam kurun waktu 10 hari pasca melahirkan bisa membantu agar ASI lancar.

Bahkan, nyeri pada payudara saat menyusui juga terasa semakin membaik apabila Anda memijat payudara dengan cara yang benar.

Beberapa kandungan di dalam ASI yang bisa membaik dengan pemberian pijatan yakni meliputi cairan ASI itu sendiri, lemak, hingga kandungan kaseinnya.

Di samping membantu memperlancar ASI, pijat payudara juga ampuh untuk mencegah sekaligus meredakan pembengkakan, mastitis, dan infeksi pada payudara.

Kedua kondisi tersebut memang merupakan masalah menyusui yang umum terjadi. Menariknya lagi, di samping bertujuan agar aliran ASI lancar, memijat payudara dengan cara yang tepat juga bisa membantu tubuh merasa lebih rileks dan nyaman.

Itulah mengapa memijat payudara dengan cara yang benar juga membantu pikiran jadi lebih tenang dan Anda bisa beristirahat dengan baik, melansir dari American Pregnancy.

Tidak menutup kemungkinan, rutin memijat payudara bisa menjadi cara untuk terhindar dari masalah ASI tersumbat karena stres maupun kurang tidur.

Cara memijat payudara agar ASI lancar

perubahan payudara fibrokistik

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pijat payudara saat menyusui, hal ini mungkin membuat Anda semakin tertarik untuk melakukannya secara rutin agar ASI lancar. 

Berikut cara mudah dalam memijat payudara agar aliran ASI lebih lancar:

  1. Sambil berdiri di hadapan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan.
  2. Letakkan empat jari dari tangan tangan kanan pada bagian atas salah satu payudara, dan empat jari pada tangan kiri di bagian bawahnya.
  3. Gerakkan kedua tangan maju mundur dengan lembut alias secara melingkar. Jika tangan kanan bergerak ke arah kiri, tangan kiri akan bergerak ke kanan.
  4. Pindahkan kedua tangan Anda ke bagian sisi pinggir payudara, dan gerakkan secara melingkar seperti yang sebelumnya dilakukan. Jika perlu, beri tekanan pada payudara secara perlahan.
  5. Coba gunakan juga ujung jari-jari Anda untuk memijat dan memberikan sedikit tekanan pada payudara.
  6. Ulangi gerakan ini sampai sekitar 20 kali, kemudian ganti ke bagian payudara yang lainnya.
  7. Masih berada di posisi yang sama, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri.
  8. Gunakan tiga atau empat jemari tangan kanan Anda, lalu buat gerakan melingkar di atas puting susu sebanyak 20 kali.
  9. Lakukan langkah ini sembari jari-jari Anda memberikan tekanan lembut pada payudara.
  10. Rasakan seperti sedang mendorong ASI mengarah ke puting susu, agar bisa dengan lancar keluar.
  11. Masih dengan kedua jari-jari tangan Anda, urut payudara perlahan-lahan dari bagian luar.
  12. Posisikan tangan di bagian bawah ketiak dan belahan dada, kemudian menuju ke arah puting payudara.
  13. Ulangi langkah tersebut sebanyak 10 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.
  14. Dengan ujung ibu jari dan telunjuk, puntir pelan-pelan puting susu pada masing-masing payudara.

Beberapa saat usai melakukan pijat payudara untuk memperlancar ASI ini, ASI mungkin akan keluar sedikit demi sedikit.

Perhatikan hal ini saat melakukan pijat payudara

manfaat pijat payudara

Memijat payudara agar ASI lancar bukanlah pijat biasa seperti pada umumnya. Ini dikarenakan pijat payudara untuk memperlancar ASI dapat turut meningkatkan produksi hormon prolaktin.

Prolaktin adalah hormon yang membantu melancarkan produksi dan aliran ASI pada payudara. Dengan demikian, menyusui bisa terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan untuk Anda maupun si kecil karena memijat payudara dengan cara yang benar agar ASI lancar.

Bagi Anda yang ingin rutin memijat payudara dengan cara yang benar, Anda bisa melakukannya di mana saja termasuk setiap hari di rumah.

Sebaiknya pilih waktu yang tenang dan senggang untuk memijat payudara agar ASI lancar. Tujuannya agar Anda bisa merasa rileks dan tidak terburu-buru saat memijat payudara dengan cara yang benar.

Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan pijat payudara beberapa saat sebelum menyusui buah hati atau memompa ASI.

Akan tetapi, sebelumnya penting untuk mengetahui beberapa hal terkait pijat payudara untuk memperlancar ASI. Berikut yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum menerapkan cara memijat payudara agar ASI lancar:

  1. Sebelum memijat payudara, cuci dulu kedua tangan Anda sampai bersih.
  2. Siapkan minyak pijat yang aman dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia berbahaya.
  3. Hindari losion atau minyak pijat yang mengandung pewangi atau pewarna tambahan.
  4. Jangan langsung mengoleskannya pada kulit payudara. Alangkah baiknya untuk menuangkan losion atau minyak pijat terlebih dahulu secukupnya di telapak tangan.
  5. Gosokkan pada kedua tangan Anda hingga minyak atau losion merata.

Minyak untuk pijat payudara agar memperlancar ASI

Pilihan yang paling tepat untuk memijat payudara agar ASI lancar adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil.

Anda juga bisa memakai minyak khusus pijat payudara untuk memperlancar ASI yang tersedia di toko atau apotek terdekat.

Setelah menuangnya ke telapak tangan, gosok terus sampai timbul rasa hangat. Ketika dirasa sudah cukup hangat, sekarang Anda siap melakukan pijat payudara untuk memperlancar ASI.

Baru kemudian Anda lanjutkan dengan memompa ASI maupun menyusui si kecil setelah memijat payudara. Jangan lupa untuk membersihkan payudara terlebih dahulu dari minyak gosok atau losion yang baru saja Anda balurkan.

Konsultasikan ke dokter jika terdapat masalah pada payudara

merawat implan payudara

Melakukan pijat payudara agar ASI lancar sebenarnya tidak sulit. Namun, bila Anda merasa sedikit kebingungan dengan gerakan pijat payudara untuk memperlancar ASI, coba konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Selain mempertanyakan mengenai pijat payudara untuk memperlancar ASI, konsultasikan juga bila Anda mengalami keluhan atau masalah pada payudara selama menyusui.

Entah itu keluhan terkait pembengkakan, nyeri, sakit, peradangan (mastitis), infeksi jamur, hingga penyumbatan saluran yang tidak kunjung membaik.

Dokter nantinya akan memberikan penanganan yang tepat untuk masalah Anda sekaligus menjelaskan cara memijat payudara agar ASI lancar sesuai dengan kondisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Banyak ibu yang khawatir karena setelah sang buah hati lahir ke dunia, ASI tidak kunjung keluar dari payudara. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 05/06/2020 . Waktu baca 10 menit

Kerap Bikin Penasaran, Ternyata Seperti Inilah Rasa ASI

ASI dari setiap ibu bisa memiliki rasa yang berbeda bergantung dari berbagai faktor seperti hormon dan makanan. Seperti apa rasa ASI?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

asi dan mpasi

Agar Tidak Keliru, Begini Cara Menyeimbangkan Pemberian ASI dan MPASI Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 8 menit
berhubungan seks setelah operasi caesar

Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit