home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hipermagnesemia (Kelebihan Magnesium)

Definisi kelebihan magnesium (hipermagnesemia)|Tanda dan gejala|Penyebab|Diagnosis dan pengobatan
Hipermagnesemia (Kelebihan Magnesium)

Definisi kelebihan magnesium (hipermagnesemia)

Kelebihan magnesium adalah ketidakseimbangan elektrolit yang dicirikan dengan tingginya kadar magnesium dalam darah. Kondisi yang juga disebut dengan hipermagnesemia ini terbilang langka dan biasanya disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal atau gagal ginjal.

Magnesium termasuk mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Mineral ini berperan penting dalam penghantaran sinyal saraf, kesehatan tulang dan pembuluh darah, fungsi jantung, serta keseimbangan elektrolit tubuh.

Orang yang sehat umumnya memiliki kadar magnesium rendah dalam darahnya. Sistem pencernaan dan sistem urologi terutama ginjal senantiasa mengatur seberapa banyak magnesium yang diserap oleh tubuh maupun dikeluarkan melalui urine.

Namun, pada orang yang mengalami hipermagnesemia, kadar magnesium meningkat drastis sehingga menimbulkan berbagai gejala. Jika dibiarkan, kadar magnesium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi berbahaya pada jantung.

Tanda dan gejala

Kadar magnesium yang tinggi dalam darah dapat menimbulkan gejala awal berupa:

Kadar magnesium darah kurang dari 4 miligram per desiliter (mg/dL) biasanya hanya menimbulkan gejala ringan atau tidak menimbulkan gejala sama sekali. Kurang dari 7 mg/dL, gejala yang muncul yakni mual, pusing, kebingungan, dan tubuh melemah.

Jika kadar magnesium darah mencapai 7 – 12 mg/dL, kemungkinan terjadi penurunan refleks, sakit kepala, flushing, dan sembelit. Penderita juga bisa mengalami tekanan darah rendah, kebingungan yang semakin parah, dan penglihatan kabur.

Kadar magnesium darah di atas 12 mg/dL menyebabkan kelumpuhan otot, penurunan tekanan darah dan laju pernapasan, serta penyumbatan usus. Bila kadar magnesium mencapai 15 mg/dL, penderita dapat mengalami serangan jantung dan koma.

Kapan harus periksa diri ke dokter?

Gejala awal hipermagnesemia mirip dengan kondisi lain. Namun, bila Anda meyakini bahwa gejala Anda berkaitan dengan kadar magnesium darah yang tinggi, segeralah kunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Tes lanjutan dari dokter dapat membantu menentukan apakah kadar magnesium darah Anda meningkat atau ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan penanganan lebih dini.

Penyebab

Kebanyakan orang yang mengalami kelebihan magnesium merupakan penderita gagal ginjal atau penyakit hati stadium akhir. Organ ginjal atau hati mereka tidak lagi bisa mengatur kadar magnesium darah seperti sebelumnya.

Bila salah satu organ ini tidak bekerja dengan baik, tubuh juga tidak mampu membuang kelebihan magnesium dalam darah. Alhasil, magnesium pun menumpuk dan kadarnya meningkat secara drastis.

Selain gagal ginjal dan gangguan fungsi hati, di bawah ini sejumlah kondisi lain yang dapat menyebabkan hipermagnesemia.

  • Terapi litium untuk mengatasi gangguan bipolar.
  • Hipotiroidisme, yaitu rendahnya hormon tiroid karena kelenjar tiroid kurang aktif.
  • Sindrom milk-alkali, yakni tingginya kadar kalsium darah akibat asupan kalsium yang berlebihan.
  • Penyakit Addison yang mengganggu fungsi kelenjar adrenal dalam membentuk hormon.
  • Familial hypocalciuric hypercalcemia (kelainan bawaan yang menyebabkan kadar kalsium dalam darah tinggi secara tidak normal/hiperkalsemia dan kadar kalsium dalam urine rendah hingga sedang).
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung magnesium, misalnya antasida untuk sakit lambung atau obat pencahar.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana cara mendiagnosis kelebihan magnesium?

Dokter biasanya mendiagnosis kelebihan magnesium melalui pemeriksaan darah. Tes ini menunjukkan kadar magnesium dalam darah Anda sekaligus menentukan seberapa parah kondisi yang Anda alami.

Kadar magnesium darah yang normal berkisar antara 1,7 – 2,3 mg/dL. Lebih dari itu, Anda dapat dikatakan mengalami kelebihan magnesium. Menurut kadar magnesium dalam darah Anda, hipermagnesemia terbagi menjadi tiga kategori berikut.

  • Ringan: kurang dari 7 mg/dL
  • Sedang: 7 – 12 mg/dL
  • Parah: lebih dari 12 mg/dL

Apa saja pilihan pengobatan yang tersedia?

Dokter akan memberikan asupan mineral kalsium melalui suntikan langsung ke pembuluh darah untuk mengurangi gejala. Upaya ini bisa mengatasi detak jantung yang tidak teratur, gangguan pernapasan, tekanan darah rendah, dan masalah saraf.

Selain itu, kelebihan magnesium bisa diatasi dengan obat diuretik yang membantu merangsang dan mempercepat pengeluaran urine. Dengan obat ini, magnesium berlebih di dalam tubuh akan keluar lebih cepat saat Anda buang air kecil.

Pada orang dengan fungsi ginjal normal, diagnosis dini dapat membantu keampuhan pengobatan. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan melakukan pengobatan yang bertujuan untuk mengeluarkan kelebihan magnesium dari tubuh Anda.

Pengobatan biasanya lebih rumit pada pasien gagal ginjal atau orang yang terlambat didiagnosis. Pada kasus ini, cara paling efektif untuk menghentikan gejala yaitu dengan dialisis (cuci darah) dan pemberian kalsium melalui suntikan ke pembuluh darah.

Hipermagnesemia merupakan kondisi ketika kadar magnesium darah lebih tinggi dari rentang normal. Bila Anda mengalami gejalanya, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hypermagnesemia. (2020). Retrieved 12 May 2021, from https://www.msdmanuals.com/professional/endocrine-and-metabolic-disorders/electrolyte-disorders/hypermagnesemia

Hypermagnesemia. (2019). Retrieved 12 May 2021, from https://emcrit.org/ibcc/hypermagnesemia/

Magnesium Blood Test. (n.d.). Retrieved 12 May 2021, from https://medlineplus.gov/lab-tests/magnesium-blood-test/

Magnesium. (2021). Retrieved 12 May 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Magnesium-HealthProfessional/

Cascella M, Vaqar S. Hypermagnesemia. [Updated 2021 Jan 16]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK549811/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 08/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x