Mengenal Tepung Kelapa dan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah menggunakan tepung kelapa sebagai bahan yang dicampurkan untuk membuat kue? Atau malah Anda belum pernah melihatnya? Ternyata tepung ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Simak ulasannya.

Apa itu tepung kelapa?

Tepung kelapa adalah tepung yang berasal dari daging kelapa yang didapat setelah santan atau minyak kelapa dihasilkan. Bentuknya menyerupai tepung terigu berupa serbuk putih halus. Tepung ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan yang lebih baik dari tepung biasa.

Tepung ini diklaim 100 persen bebas gluten. Karena tidak mengandung gluten, tepung ini dianggap ideal bagi siapa saja yang intoleransi terhadap gluten. Tepung kelapa memiliki 58 persen kandungan serat, kandungan serat pada tepung ini lebih tinggi  jika dibandingkan dengan tepung terigu sehingga bisa memenuhi asupan serat harian Anda.

Apa saja manfaat tepung kelapa?

1. Mengendalikan gula darah

Karena tepung kelapa mengandung serat yang tinggi, tepung ini dapat mengontrol gula darah Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2003 menemukan bahwa mengganti tepung terigu dengan tepung yang dibuat dari kelapa ini dapat menurunkan indeks glikemik (ukuran dampak makanan terhadap gula darah).

Anda yang takut diabetes atau memang sudah mengidap diabetes bisa mengganti tepung terigu dengan tepung kelapa untuk mengontrol gula darah Anda. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Inovatif Food Science & Emerging Technologies juga telah mengonfirmasi temuan ini.

2. Menurunkan berat badan

Serat makanan pada tepung ini dapat membantu mengendalikan kadar glukosa sehingga memungkinkan untuk membantu mengontrol gula darah Anda. Makanan serat tinggi juga dipercaya dapat menjaga perut kenyang lebih lama sehingga dengan mengonsumsi tepung kelapa dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan Anda.

Tepung ini juga mengandung tinggi protein, rendah lemak, dan mengandung asam laurat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit. Tepung yang dihasilkan dari ampas santan ini juga mengandung mangan yang membantu dalam penyerapan mineral penting.

3. Membantu metabolisme

Selain tinggi serat dan protein, tepung ini juga memiliki gizi yang sangat tinggi. Salah satu gizi tinggi di dalam tepung adalah tingginya kandungan lemak jenuh yang sehat dalam bentuk asam lemak rantai sedang (MCFA).

Lemak jenuh dalam bentuk asam lemak rantai sedang ini digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan membantu mendukung metabolisme yang sehat, serta kadar gula darah yang seimbang.

4. Membantu kesehatan pencernaan

Tepung yang memiliki tekstur sama dengan tepung terigu ini juga dapat membantu Anda untuk memiliki pencernaan yang sehat karena tepung ini memiliki kepadatan nutrisi yang sangat tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tepung kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sedangkan tingginya kandungan serat makanan yang larut maupun tidak larut di dalam tepung kelapa dapat membantu menyehatkan usus Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

7 Panduan Memotong Kuku dengan Benar

Salah cara memotong kuku sering memicu cantengan dan infeksi jamur kuku. Bagaimana cara gunting kuku yang aman? Ikuti panduan ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit