home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Benarkah Lebih Sehat dari Telur Biasa?

7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Benarkah Lebih Sehat dari Telur Biasa?

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Terdapat dua jenis telur yang umum dimakan masyarakat, yaitu telur ayam kampung dan ayam negeri. Telur ayam kampung dipercaya memiliki nutrisi yang lebih sehat karena cara pemeliharaannya yang lebih alami. Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh beragam manfaat kesehatan dengan makan telur ayam kampung. Memangnya, apa kandungan gizi di dalam telur ayam kampung sehingga membuatnya punya banyak khasiat?

Perbedaan telur ayam kampung dan ayam negeri

makanan pengganti telur

Sebelum mengulik lebih jauh seputar kandungan gizi dan manfaat telur ayam kampung, sudah tahukah Anda perbedaan telur ayam kampung dan negeri?

Ayam kampung hidup bebas tanpa kandang dan mengonsumsi pakan alami seperci cacing, biji-bijian, atau ulat.

Hal ini berbeda dengan ayam negeri yang diternakkan di kandang khusus dan diberi makanan mengandung bahan kimia.

Ukuran telur ayam kampung juga lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam negeri yang di jual di pasaran. Kira-kira, telur ayam kampung punya berat sekitar 27-56 gram (g) per butirnya.

Beberapa ciri khas yang membedakan telur ayam kampung dan ayam negeri yakni sebagai berikut:

  • Warna cangkang telur ayam kampung lebih putih, sedangkan telur ayam negeri berwarna kecokelatan.
  • Ukuran telur ayam negeri lebih besar dan punya cangkang dengan tesktur yang kasar.
  • Kuning telur ayam kampung berwarna lebih oranye, sedangkan telur ayam negeri punya warna kuning telur yang lebih cerah.

Melihat karakteristik tersebut, mungkin bisa sedikit disimpulkan bahwa kandungan nutrisi ayam kampung dan ayam negeri berbeda.

Kandungan nutrisi telur ayam kampung

kuning telur untuk kolesterol

Meskipun cara merawat ayam kampung dan ayam negeri berbeda, pada dasarnya telur yang dihasilkan dari kedua jenis ayam ini memiliki kandungan nutrisi yang sama sehatnya.

Sedikit perbedaan dari telur ayam kampung dan telur ayam negeri terdapat pada komposisi gizinya.

Sebuah riset dari North Carolina University menunjukkan telur ayam kampung mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats dan polyunsaturated fats) yang lebih banyak ketimbang telur ayam negeri.

Namun, jumlah kolesterol, vitamin E, dan vitamin A pada kedua telur ini cenderung sama.

Begitu pula dengan kandungan gizi lain pada telur ayam kampung tidak jauh berbeda dengan telur ayam pada umumnya.

Berdasarkan fakta gizi yang dipaparkan oleh Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (g) telur ayam kampung yang dimasak rata-rata memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

  • Protein: 16.3 g
  • Energi: 251 kalori (Kal)
  • Karbohidrat: 1,4 g
  • Lemak: 19,4 g
  • Fosfor: 250 miligram (mg)
  • Kalsium: 62 mg
  • Besi: 2,5 mg
  • Vitamin A: 36 mikrogram (mcg)
  • Karoten: 221 mcg

Selain sebagai sumber protein yang berkualitas, telur ayam kampung juga tersusun atas kandungan lain seperti vitamin B1, omega-3, dan antioksidan.

Manfaat kesehatan dari telur ayam kampung

telur setengah matang

Telur ayam kampung dengan beragam nutrisinya tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, termasuk karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral.

Di samping itu, kandungan nutrisi dalam telur ayam kampung bisa memberikan manfaat penting bagi kesehatan.

Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa Anda peroleh dari telur ayam kampung:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Makan telur ayam kampung memberi manfaat untuk meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) hingga 10 persen. HDL sendiri merupakan jenis kolesterol yang baik bagi tubuh.

Tingkat HDL yang lebih tinggi di dalam tubuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

Pada telur juga terkandung kolin yang memiliki fungsi penting dalam proses pemecahan amino acid homocysteine, yaitu zat yang berpengaruh menimbulkan gangguan pada jantung.

2. Mencegah katarak

Manfaat telur ayam kampung yang satu ini berasal dari kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang terdapat pada kuning telur.

Vitamin A memang dikenal baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan. Sementara lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang aktif bekerja pada retina mata.

Kekurangan lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan mempercepat penuaan mata.

3. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Sama halnya dengan telur biasa, telur ayam kampung mengandung kolesterol yang tinggi.

Namun, kolesterol dalam telur ayam kampung tak lantas meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ini karena tubuh mampu menyeimbangkan jumlah kolesterol yang berasal dari makanan.

Selain itu, pada telur ayam kampung terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang biasanya banyak terkandung pada minyak ikan.

Omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida yaitu komponen kolesterol jahat yang berisiko menyebabkan penyakit jantung.

4. Mengoptimalkan fungsi otak

Selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, kolin pada telur ayam kampung juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Kolin bertugas untuk mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak.

Dalam satu butir telur ayam kampung, terkandung kurang lebih 100 gram kolin.

Beberapa vitamin dan mineral lain yang terdapat pada telur juga membantu otak dan sistem saraf bekerja dengan lebih efektif.

5. Mendukung perkembangan sel

Telur merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi.

Protein adalah zat yang sangat penting dalam pembentukan sel tubuh sehingga bermanfaat untuk keberlangsungan kerja setiap organ.

Pada protein terdapat asam amino esensial yang memiliki fungsi penting untuk mengoptimalkan perkembangan struktur sel sekaligus membantu sel agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Jumlah asam amino yang terdapat dalam telur ayam kampung juga sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Alhasil, tubuh bisa langsung mendapatkan seluruh manfaat dari protein.

6. Membangun masa otot

Sebagai sumber protein, telur ayam kampung juga punya manfaat untuk meningkatkan masa otot sekaligus memperkuat kerja otot.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, protein mengandung asam amino. Nah, setelah masuk ke dalam tubuh, kandungan protein pada telur ayam akan dipecah menjadi asam amino.

Otot kemudian akan menyerap kandungan asam amino ini untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan selama beraktivitas.

Jika tidak mendapat asupan protein yang cukup, otot bisa rusak secara perlahan dan menimbulkan nyeri.

7. Membantu menurunkan berat badan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa telur memiliki kandungan protein yang tinggi.

Protein merupakan makronutrien yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama setelah dikonsumsi.

Hal ini tentunya dapat memengaruhi jumlah kalori tambahan dari konsumsi makanan lain.

Menyantap makanan yang mengenyangkan dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan lain yang mengandung kalori lebih tinggi.

Artinya, mengonsumsi telur saat menjalani diet dapat membantu mengurangi konsumsi makanan lain dalam jumlah yang lebih besar.

Melihat pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa telur ayam kampung merupakan salah satu sumber protein berkualitas yang dilengkapi berbagai kandungan nutrisi bermanfaat.

Meski begitu, Anda tetap perlu memerhatikan jumlah dan frekuensi konsumsi telur ayam kampung agar tidak berlebihan.

Ini karena telur mengandung kolesterol tinggi sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan jantung saat dimakan dalam jumlah besar.

Waspadai juga reaksi alergi dari telur. Konsulitasikan kembali dengan dokter untuk mengetahui efek samping konsumsi telur secara menyeluruh terhadap kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Filipiak–Florkiewicz, A., Dereń, K., Florkiewicz, A., Topolska, K., Juszczak, L., & Cieślik, E. (2017). The quality of eggs (organic and nutraceutical vs. conventional) and their technological properties. Poultry Science, 96(7), 2480-2490. https://doi.org/10.3382/ps/pew488

Rong, Y., Chen, L., Zhu, T., Song, Y., Yu, M., & Shan, Z. et al. (2013). Egg consumption and risk of coronary heart disease and stroke: dose-response meta-analysis of prospective cohort studies. BMJ, 346(jan07 2), e8539-e8539. https://doi.org/10.1136/bmj.e8539

Anderson, K. (2011). Comparison of fatty acid, cholesterol, and vitamin A and E composition in eggs from hens housed in conventional cage and range production facilities. Poultry Science, 90(7), 1600-1608. https://doi.org/10.3382/ps.2010-01289

Panganku oleh Kementerian Kesehatan RI. (2021). Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Retrieved 25 February 2021, from http://panganku.org/id-ID/view

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fidhia Kemala
Tanggal diperbarui 07/03/2021
x