home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini 7 Manfaat Jambu Jamaika untuk Tubuh Anda

Ini 7 Manfaat Jambu Jamaika untuk Tubuh Anda

Ada cukup banyak buah yang bisa memberikan efek segar saat dikonsumsi. Salah satunya adalah jambu jamaika karena kandungan airnya cukup banyak. Walaupun nama jambu ini terdengar asing, sebagian dari Anda pasti pernah mencobanya. Simak penjelasan lengkapnya mengenai manfaat serta kandungan dari jambu jamaika di bawah ini.

Kandungan gizi dari jambu jamaika

Apakah Anda merasa asing dengan buah yang bernama jambu jamaika? Di Indonesia, ini merupakan buah yang sering disebut sebagai jambu bol.

Buah berwarna merah dengan bentuk bulat atau lonjong ini juga mempunyai nama latin, yaitu Syzygium malaccense. Hal ini juga membuat buah ini disebut sebagai Malay apple.

Walaupun mirip dengan jambu air, jambu jamaika mempunyai ukuran yang lebih besar serta daging lebih tebal.

Selain menyegarkan, ada manfaat atau khasiat dari jambu jamaika untuk tubuh karena mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin C.

Berikut adalah fakta gizi serta kandungan di dalam buah jambu jamaika dihitung per 100 gram, di antaranya adalah:

  • Kalori: 49
  • Protein: 2,3 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 9,6 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Kalsium: 8 mg
  • Fosfor: 8 mg
  • Zat besi: 0,3 mg
  • Kalium: 14 mg
  • Beta karoten: 92 mcg
  • Vitamin B1: 0,13 mg
  • Vitamin B2: 0,01 mg
  • Vitamin C: 22 mg
  • Niasin: 0,5 mg

Manfaat jambu jamaika untuk tubuh

manfaat jambu jamaika

Apabila Anda melihat dari daftar kandungan gizi jambu jamaika, terdapat berbagai kandungan mulai dari vitamin, mineral, serta kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat jambu jamaika.

1. Menjaga kesehatan mata

Jambu jamaika atau jambu bol mempunyai kandungan berupa beta karoten dan bermanfaat untuk tubuh. Ini merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan pada makanan termasuk buah.

Dikutip dari laman University of Rochester Medical Center, beta karoten dapat membantu melindungi tubuh dari masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan mata.

Beta karoten yang terdapat di dalam jambu jamaika karena akan diubah dari beta karoten menjadi vitamin yang bagus untuk kesehatan mata Anda.

Selain mempertajam penglihatan, vitamin A juga kaya akan antioksidan dan bantu menjaga kesehatan kulit.

2. Menurunkan demam

Saat tubuh mengalami demam, tubuh tentu merasa tidak nyaman. Selain hawa tubuh yang terasa lebih panas, biasanya Anda juga kehilangan selera makan. Padahal, penting untuk tetap menjaga asupaan makanan serta cairan saat demam.

Jambu jamaika mengandung flavonoid serta vitamin C untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Lalu, kandungan air di dalam buah ini juga bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi saat sakit.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mineral dibutuhkan untuk setiap orang karena membantu agar tubuh tetap berfungsi dengan baik. Salah satu kandungan mineral di dalam jambu jamaika adalah kalsium.

Manfaat kalsium dalam jambu jamaika adalah untuk membantu menjaga agar tulang dan gigi tetap kuat sehingga mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Tidak hanya itu saja, kalsium juga dapat membantu melepaskan hormon dan enzim yang memengaruhi hampir semua fungsi di dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ada pula kandungan mineral lainnya dari jambu jamaika, yaitu zat besi yang merupakan salah satu mineral terpenting bagi kesehatan.

Hal ini karena zat besi adalah bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya. Ini juga membantu memberikan oksigen ke area otot.

Salah satu manfaat jambu jamaika karena adanya kandungan zat besi adalah membantu mengatasi kelelahan. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka tingkat energi pun menurun.

Maka dari itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena hemoglobin dapat melawan penyakit serta infeksi.

5. Mencegah kerusakan sel

Selain mineral, tubuh juga memerlukan antioksidan. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti buah, sayuran, serta suplemen.

Pada buah jambu jamaika, ada juga senyawa antioksidan seperti beta karoten dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh.

6. Melancarkan buang air besar

Hamper setiap sayuran dan buah mempunyai kandungan serat yang baik untuk tubuh.

Begitu juga dengan kandungan serat di dalam jambu jamaika yang bermanfaat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Maka dari itu, hal ini bisa melancarkan buang air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit.

7. Menjaga tekanan darah

Manfaat atau khasiat lainnya dari jambu jamaika adalah membantu menjaga tekanan darah.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan kalium yang merupakan bagian dari mineral serta elektrolit.

Anda bisa mennbah asupan buah serta sayuran dengan kandungan kalium untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah hipertensi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Malay Apple. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/malay_apple.html

Syzygium malaccense (Malay apple) . (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.cabi.org/isc/datasheet/52448

Beta-Carotene Benefits – NUTRI-FACTS. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.nutri-facts.org/en_US/nutrients/carotenoids/beta-carotene/health-functions.html

Rabeque C Savitha, A. (2011). Invitro Antioxidant Activities on Leaf Extracts of Syzygium Malaccense (L.) Merr and Perry. Ancient Science Of Life, 30(4), 110. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3336265/

Nutrition – women’s extra needs. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/nutrition-womens-extra-needs

Terms, D. (2019). Definitions of Health Terms: Minerals: MedlinePlus. Retrieved 10 February 2021, from https://medlineplus.gov/definitions/mineralsdefinitions.html

Office of Dietary Supplements – Potassium. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Potassium-HealthProfessional/#change

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 10/03/2021
x