home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh Anda

8 Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh Anda

Cita rasanya yang manis-asam segar, membuat jambu air sering disajikan dalam bentuk rujak buah atau asinan. Jambu air merupakan tanaman buah yang mudah ditemukan di pekarangan dan sering dijadikan konsumsi keluarga. Selain itu, jambu air juga menyimpan sejumlah kandungan penting yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan nutrisi jambu air

kandungan jambu air

Sesuai dengan namanya, jambu air memiliki banyak kandungan air dalam daging buahnya. Jambu air yang memiliki nama latin Syzygium aqueum ini masuk ke dalam famili Myrtaceae alias suku jambu-jambuan.

Jambu air memiliki kemiripan dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), baik dari buah dan pohonnya, walaupun keduanya berbeda. Jambu air juga memiliki kerabat lain, yakni jambu jamaika atau jambu bol (Syzygium malaccense) yang memiliki ukuran lebih besar dan daging buah lebih tebal.

Asal muasal buah ini diketahui bermula dari kawasan Indochina dan Indonesia, yang kemudian menyebar ke Semenanjung Malaysia dan pulau-pulau di kawasan Pasifik. Kalangan internasional mengenal jambu air dengan istilah water apple atau rose apple.

Dikutip dari Panganku.org, dalam 100 gram daging buah jambu air memiliki sejumlah kandungan nutrisi seperti di bawah ini.

  • Air: 87 gram
  • Kalori: 46 kkal
  • Protein: 0,6 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 11,8 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Kalsium: 8 miligram
  • Fosfor: 9 milligram
  • Zat besi: 1,1 miligram
  • Natrium: 11 miligram
  • Kalium: 321,2 miligram
  • Seng (Zinc): 0,1 miligram
  • Beta karoten: 92 mikrogram
  • Thiamin: 0,02 miligram
  • Riboflavin: 0,38 miligram
  • Niacin: 4,6 miligram
  • Vitamin C: 5 miligram

Manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh Anda

Pemanfaatan buah jambu air untuk budidaya umumnya masih kurang disegani. Hal ini karena sifat buah jambu air yang mudah sekali busuk setelah matang, akibat kandungan airnya yang tinggi dan karakteristiknya yang tidak memiliki kulit.

Di luar hal tersebut, jambu air memiliki kandungan gizi yang lengkap, terutama vitamin dan mineral tertentu. Berikut beberapa khasiat dan manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Membantu mengontrol diabetes

mengetahui gejala diabetes

Di balik rasanya yang manis-asam, jambu air berkhasiat dalam membantu penderita atau orang yang memiliki risiko diabetes untuk mengontrol kadar gula tubuh.

Sebuah studi menyebutkan, jambu air memiliki kandungan jambosine, yakni jenis senyawa alkaloid yang menunjukkan hasil menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula dalam tubuh.

Ekstrak daun ataupun biji buah jambu air umum digunakan untuk membantu melawan diabetes dalam metode pengobatan tradisional. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak jambosine untuk mengontrol gula darah.

2. Memperlancar buang air besar

Kombinasi air dan serat yang tinggi dalam kandungan jambu air membuat buah ini bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan, sekaligus melancarkan buang air besar. Kedua kandungan ini dapat membantu makanan agar mudah dicerna, mengatasi sembelit, dan juga gangguan pencernaan lainnya.

Tanin, zat organik yang umumnya terasa pahit juga terkandung dalam daun jambu air. Senyawa ini pada tingkatan tertentu bermanfaat untuk mengobati diare atau mencret. Ekstrak biji jambu air juga berpotensi mengatasi disentri, penyakit infeksi usus akibat bakteri.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium yang tinggi dengan sodium yang rendah pada jambu air menjadi pilihan nutrisi tepat yang dibutuhkan penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Dikutip dari Harvard Health, Anda bisa mengombinasikan jambu air dan sumber kalium lain seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjalani diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi dan kolesterol tinggi.

Mengatasi kedua hal tersebut tentu dapat membantu Anda menghindari masalah kesehatan berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti aterosklerosis, stroke, serangan jantung, hingga jantung koroner.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

menurunkan kolesterol jahat

Tingginya kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam aliran darah dapat membentuk gumpalan lemak dan meningkatkan risiko Anda mengalami gangguan jantung.

Komplikasi masalah kardiovaskular yang Anda alami, juga dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner. Kandungan serat dan nutrisi lain yang terkandung dalam jambu air dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, niacin atau vitamin B3 dalam jambu air juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) yang bisa mengurangi kolesterol jahat dalam aliran darah, seperti dikutip dari Mayo Clinic. Konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

5. Menangkal radikal bebas

Frontiers in Pharmacology menguji kandungan daun jambu air yang umum digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu air kaya akan kandungan polifenol, antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang memengaruhi sel tubuh.

Tubuh yang terpapar radikal bebas lebih rentan terserang penyakit, maka penting untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Walaupun begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas sifat antioksidan pada tumbuhan ini.

6. Memelihara kesehatan gigi dan tulang

Buah-buahan menjadi salah satu sumber mineral bagi tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Salah satu kegunaan mineral adalah memelihara kesehatan gigi dan tulang Anda.

Jambu air memiliki kombinasi mineral, yakni magnesium, fosfor, dan kalium yang memainkan peranan dalam memperbaiki struktur tulang dan menjaga kesehatan gigi. Hal ini dapat Anda peroleh karena ketiga mineral tersebut dapat membantu penyerapan kalsium serta vitamin D dalam tubuh.

Menjaga kesehatan gigi dan tulang juga dapat membantu Anda terhindar dari gangguan, seperti tulang rapuh yang memicu osteoporosis di kemudian hari.

7. Menjaga kesehatan kulit wajah

merawat kulit wajah

Berbicara mengenai kecantikan wanita, tentu tidak terlepas dari merawat kesehatan kulit wajah. Jambu air yang memiliki kandungan antijamur, antibakteri, dan antiperadangan dapat membantu atasi masalah kulit wajah, seperti jerawat atau acne vulgaris.

Antioksidan dalam jambu air juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda yang dipicu stres, polusi, atau kurangnya nutrisi makanan, dengan memicu produksi kolagen. Kandungan air yang tinggi pada buah ini juga dapat membantu melembapkan kulit wajah.

International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa ekstrak daun jambu air memiliki senyawa fenolik yang melindungi kulit dari radikal bebas. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitas bahan ini sebagai produk perawatan kulit.

8. Memelihara fungsi saraf

Dibanding nutrisi lainnya, jambu air tinggi kandungan kalium yang penting sebagai mineral sekaligus elektrolit tubuh untuk memelihara fungsi saraf dan sel tubuh.

Orang yang menderita hipokalemia, kadar kalium dalam darah lebih rendah dari batas normal, bisa mengonsumsi jambu air untuk menaikkan kadar kalium. Kekurangan kalium dapat menimbulkan gangguan saraf dan otak, seperti kesemutan, pikun, dan kelemahan otot.

Selain itu, kekurangan kalium dapat memicu kram otot, yakni kontraksi kuat pada otot yang terjadi tiba-tiba dan terasa sakit. Mengonsumsi jambu air secara rutin dapat meningkatkan kadar kalium dan memperkuat otot untuk mencegah kondisi ini.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Tips mengonsumsi jambu air untuk merasakan khasiatnya

Karena mudah membusuk, Anda perlu segera mengonsumsi jambu air dalam keadaan matang. Buah ini juga umum disebut sebagai “buah meja”, karena dapat langsung makan dalam kondisi segar atau dengan sambal rujak untuk menambah cita rasanya.

Selain itu, Dinas Pertanian D.I.Yogyakarta juga menjelaskan bahwa buah jambu air juga dapat diolah menjadi puree, sirop, selai, atau bentuk awetan lain, seperti manisan atau asinan.

Berbagai manfaat dan khasiat jambu air tidak serta-merta dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Staughton, J., & Voltolina, V. (2020). Top 4 Health Benefits of Rose Apples | Organic Facts. Organic Facts. Retrieved 10 February 2021, from https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/rose-apples.html.

Java apple facts and health benefits. Health Benefits | Health Benefits of foods and drinks. (2020). Retrieved 10 February 2021, from https://www.healthbenefitstimes.com/rose-apple-java-apple/.

Jambu Air. Distan.jogjaprov.go.id. (2000). Retrieved 10 February 2021, from https://distan.jogjaprov.go.id/wp-content/download/buah/jambu_air.pdf

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Panganku.org. (2020). Retrieved 10 February 2021, from http://www.panganku.org/id-ID/view

Niacin. Mayo Clinic. (2020). Retrieved 10 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-niacin/art-20364984

The importance of potassium – Harvard Health. Harvard Health. (2019). Retrieved 10 February 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-potassium

Sobeh, M., Mahmoud, M. F., Petruk, G., Rezq, S., Ashour, M. L., Youssef, F. S., El-Shazly, A. M., Monti, D. M., Abdel-Naim, A. B., & Wink, M. (2018). Syzygium aqueum: A Polyphenol- Rich Leaf Extract Exhibits Antioxidant, Hepatoprotective, Pain-Killing and Anti-inflammatory Activities in Animal Models. Frontiers in pharmacology, 9, 566. https://doi.org/10.3389/fphar.2018.00566

Palanisamy, U. D., Ling, L. T., Manaharan, T., Sivapalan, V., Subramaniam, T., Helme, M. H., & Masilamani, T. (2011). Standardized extract of Syzygium aqueum: a safe cosmetic ingredient. International journal of cosmetic science, 33(3), 269–275. https://doi.org/10.1111/j.1468-2494.2010.00637.x 

Mohanty, S., & Cock, I. E. (2010). Bioactivity of Syzygium jambos methanolic extracts: Antibacterial activity and toxicity. Pharmacognosy research, 2(1), 4–9. https://doi.org/10.4103/0974-8490.60577

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.