Mengenal Jenis-Jenis Vitamin dan Beragam Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sudah tahu kalau vitamin adalah nutrisi yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, apa yang membuat vitamin begitu penting? Sebenarnya apa itu vitamin? Apa saja jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu vitamin?

Vitamin adalah zat organik yang banyak ditemukan pada makanan. Nah, vitamin adalah zat yang sangat penting dalam membantu perkembangan fisik dan mental manusia, meski dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Karena dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, vitamin tergolong sebagai zat gizi mikro.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin.

Jenis-jenis vitamin dan perbedaannya

Vitamin adalah jenis zat gizi mikro yang masih terbagi-bagi lagi dalam kelompok dan jenis yang berbeda. Ada 6 jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh manusia. Sedangkan dua kelompok vitamin yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam lemak tersimpan pada sel-sel lemak dan memerlukan lemak agar dapat diserap. Yang termasuk vitamin larut lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Mirip seperti lemak, vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan jika jumlahnya sudah berlebih dan akan digunakan untuk proses selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi suplemen vitamin-vitamin ini secukupnya saja. Bila dikonsumsi berlebihan, vitamin ini tidak dibuang oleh tubuh sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Kebalikannya, vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh manusia perlu mengonsumsi vitamin larut air setiap hari dalam jumlah yang sesuai. Keunggulannya, vitamin jenis ini dapat diserap kapan pun tanpa harus membutuhkan lemak.

Manfaat masing-masing vitamin

Mengetahui manfaat dan efek kesehatan dari masing-masing vitamin adalah hal yang penting. Hal ini bisa membantu Anda menyeimbangkan pola makan dan mengetahui gejala-gejala defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu.

Vitamin yang larut dalam lemak

  • Vitamin A berfungsi untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi imun, menjadi salah satu faktor utama yang membantu pertumbuhan sel, serta berperan dalam proses pembentukan gen dan protein. Gejala kekurangan vitamin A adalah gangguan penglihatan dan rentan terkena infeksi.
  • Vitamin K membantu proses pembekuan darah. Gejala kekurangannya antara lain jadi mudah lebam, darah berwarna hitam pekat, dan ada bekuan darah kecil di bawah kuku.
  • Vitamin D mampu membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang serta memelihara sistem saraf. Gejala kekurangan vitamin D adalah rakitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa.
  • Vitamin E melindungi membran sel, mencegah pembekuan darah yang berlebihan, serta memasok oksigen ke dalam darah. Gejala kekurangan vitamin E antara lain cemas, masalah pada sistem peredaran darah, dan sistem reproduksi.

Vitamin yang larut dalam air

  • Vitamin B bisa menyediakan cadangan energi (vitamin B6) dan melepaskan energi (vitamin B12), memelihara sistem saraf dan visual. Gejala kekurangan vitamin B adalah anemia, peradangan, lemas, paranoid, parestesia, nyeri, diare, dan lain-lain.
  • Vitamin C berfungsi untuk membantu pembentukan kolagen sekaligus melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA. Maka, gejala kekurangan vitamin C di antaranya adalah badan lemas, nyeri otot dan sendi, kulit kering, lidah pucat, mimisan, luka lama sembuhnya, dan lain-lain.

Hello Health Group tidak menyediakan saran, diagnosis, maupun perawatan medis.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit