5 Tips Jitu Mempertahankan Berat Badan Setelah Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selamat! Usaha diet Anda berhasil, dan berat badan ideal pun telah dicapai. Eits, meski berat badan idaman sudah digenggam, bukan berarti Anda bisa seenaknya makan dan berhenti olahraga. Yang ada nantinya berat badan malah bisa naik lagi. Inilah mengapa mempertahankan berat badan terbilang lebih susah dibanding ketika Anda menurunkan berat badan. Kira-kira apa yang bikin mempertahankan berat badan lebih susah? Adakah tips untuk berat badan tetap stabil dan seimbang?

Kenapa mempertahankan berat badan itu susah?

Pada saat Anda mencapai berat maksimal tubuh, seluruh sistem biologis Anda berubah. tapi ketika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan, berat badan semula bisa saja muncul kembali. Dr. Rachel Batterham, kepala Pusat Penanganan Obesitas di rumah sakit Universitas College London, mengatakan bahwa alasannya karena sistem biologis tubuh yang ingin kembali ke berat badan maksimal yang telah mereka capai.

Ken Fujioka, MD, direktur klinik nutrisi dan metabolik di Scripps Clinic California, juga menyatakan hal yang serupa. Otak dan sel-sel tubuh akan bergerak mencari asupan lemak dari setiap seluk beluk tubuh. Dan ketika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan membuat tubuh lebih berhasrat mengonsumsi lemak. Hasilnya, mungkin tubuh jadi lapar selalu, walaupun berat badan sudah turun.

Lalu, bagaimana cara mempertahankan berat badan ideal?

1. Buat catatan dan perhatikan apa yang Anda makan

Diari makanan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan agar tidak kembali seperti semula. Membuat catatan makanan maksudnya agar Anda mampu menahan dan  mengontrol jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, serta anda dapat mengidentifikasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh anda. Selain mencatat diary makanan anda juga harus mencatat waktu makan, hal ini bertujuan agar anda tidak terus-terusan makan.

2. Tetap aktif berolahraga

Menurut American College of Sports Medicine, meskipun berat badan sudah stabil dan seimbang, latihan atau berolahraga minimal 250 menit per minggu akan membantu Anda mempertahankan bobot tubuh yang seimbang. CDC pun juga merekomendasikan para pelaku diet, ataupun yang sudah berhasil diet, untuk berolahraga ringan  selama 60-90 menit setiap harinya dalam seminggu.

3. Selalu cek timbangan berat badan

Cara lain untuk membantu mengendalikan berat yang seimbang adalah dengan rajin menimbang berat badan. Dr. Fujioka mengatakan bahwa dengan selalu menimbang berat, hal ini bisa membuat otak dan tubuh melawan rasa lapar yang Anda punya. Buat diri Anda mengontrol nafsu dan rasa lapar yang mendera. Anda tidak mau, kan, berat dan bentuk tubuh jadi berlebih seperti dahulu kala?

4. Jangan lupa untuk biasakan sarapan

National Weight Control Registry, meneliti lebih dari 3.000 orang Amerika yang telah mencapai penurunan berat badan sekitar 60 kilogram dan mempertahankannya selama sekitar enam tahun. Peneliti menemukan, bahwa sarapan pagi merupakan faktor penting untuk mencegah berat badan naik lagi. Maka dengan sarapan, hal itu bisa menjadi salah satu cara yang patut dilakukan demi menjaga berat badan ideal.

5. Motivasi diri selalu

Tidak ada salahnya memotivasi diri untuk tetap tampil sehat, bugar dan menarik. Dengan begitu, Anda bisa mengingatkan diri Anda bahwa makan makanan sehat dan rajin berolahraga merupakan metode paten yang harus diterapkan seumur hidup. Masalah stabil atau turunnya berat badan adalah bonus semata yang bisa Anda dapat dari hidup sehat tersebut. Selain itu, menjaga berat badan dan hidup sehat juga bisa menghindari Anda dari risiko kesehatan serius seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker tertentu, dan masalah kesehatan lainnya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Menghilangkan bekas luka butuh waktu lama. Simak daftar obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang tepat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit