home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Pilihan Jus untuk Diet Menurunkan Berat Badan

5 Pilihan Jus untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Ada begitu banyak cara untuk menurunkan berat badan dan salah satunya adalah memanfaatkan jus buah sebagai minuman diet. Lantas, apa saja pilihan buah yang tepat untuk dijadikan jus dalam menu makanan yang sehat? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Manfaat jus untuk diet

Minum Jus Buah Setiap Hari, Sehatkah

Jus adalah ekstrak dari buah atau sayuran segar yang mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan fitonutrien di dalamnya. Beberapa orang percaya bahwa konsumsi jus buah atau sayur baik dilakukan selama diet.

Hal ini dikarenakan jus membantu tubuh menyerap nutrisi dan memberi istirahat pada sistem pencernaan ketika mencerna serat. Selain itu, jus berkhasiat dalam mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem imun, dan membantu menurunkan berat badan.

Meski begitu, sebagian serat dalam buah dan sayuran utuh akan hilang selama proses pembuatan jus. Itu sebabnya, para ahli menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar dibandingkan jus.

Pilihan jus untuk diet

Memanfaatkan jus buah atau sayur memang bukan cara menurunkan berat badan yang baru. Metode ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.

Minum jus adalah salah satu cara untuk membantu menambah asupan mineral, vitamin, dan antioksidan ketika diet. Ketiganya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Berikut ini beberapa pilihan jus buah dan sayur yang bisa Anda olah saat menjalani diet sehat.

1. Wortel

Salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi jus untuk diet menurunkan berat badan adalah wortel. Meski tidak cukup populer, jus wortel membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tanpa kandungan gula yang tinggi seperti pada buah apel atau jeruk.

Wortel termasuk sayuran rendah kalori bila dibuat menjadi jus, yaitu sekitar 39 kalori. Walaupun kandungan kalorinya rendah, jus wortel membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang.

Selain itu, jus sayuran yang satu ini dikenal dapat meningkatkan sekresi empedu berkat antioksidan di dalamnya. Alhasil, tubuh pun membakar lemak lebih banyak yang bisa membantu menurunkan berat badan.

2. Timun

Selain wortel, sayuran lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai jus diet adalah timun. Timun dikenal sebagai sayuran rendah kalori kaya akan air. Pada saat hendak menurunkan berat badan, Anda perlu makan lebih sedikit kalori atau membakarnya lebih banyak.

Itu sebabnya, Anda disarankan untuk tidak hanya makan makanan yang rendah kalori, melainkan juga mengenyangkan. Berkat kandungan air dan serat di dalamnya, timun memberikan rasa kenyang lebih lama.

Oleh sebab itu, timun menjadi salah satu pilihan jus yang cukup populer ketika seseorang ingin menurunkan berat badan.

3. Nanas

Nanas untuk obat batuk alami

Tahukah Anda bahwa kandungan vitamin A dan kalium dalam nanas bisa dimanfaatkan sebagai jus untuk diet? Tidak hanya itu, nanas mengandung enzim bromelain dan vitamin C yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Vitamin C adalah salah satu bentuk antioksidan yang diperlukan tubuh melawan radikal bebas. Sementara itu, bromelain bekerja dengan enzim lain seperti lipase untuk mencerna lemak dan menekan nafsu makan.

Bila nanas diolah menjadi jus, Anda akan mendapatkan sekitar 132 kalori, sehingga lebih baik kontrol porsi makan dalam rencana pola makan.

4. Semangka

Sama seperti nanas, kandungan air yang tinggi pada buah semangka ternyata berguna untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini kaya akan serat, tetapi rendah kalori, sehingga baik dimasukkan dalam menu diet Anda.

Begini, tubuh yang mendapatkan air yang cukup dapat mengurangi rasa lapar dan mencegah Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Tidak mengherankan bila semangka dapat diolah menjadi jus untuk mengurangi berat badan.

Bahkan, jus buah dengan kulit berwarna hijau ini dapat digabungkan buah lainnya, seperti jeruk atau sayuran rendah kalori. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari jus sehat ini.

5. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh merasa kenyang. Buah dengan kulit berwarna kuning atau hijau ini juga bagus untuk menambah tenaga dan camilan sehat ketika menjalani diet.

Anda pun bisa mengolah pisang menjadi jus untuk diet dan mendapatkan manfaatnya yang tidak jauh berbeda ketika dimakan secara utuh.

Bila ingin mengurangi berat badan, usahakan untuk memilih pisang berwarna hijau berukuran sedang. Artinya, Anda tidak perlu memilih pisang yang terlalu matang mengingat rasanya yang terlalu manis.

Tips minum jus untuk menurunkan berat badan

Setelah mengetahui apa saja jenis buah dan sayur yang bisa diolah menjadi jus untuk diet, kenali bagaimana caranya memilih keduanya untuk dijadikan jus.

Cara ini setidaknya dapat mendukung program diet selain menghitung jumlah kalori dan komposisi lain dalam jus buah Anda. Ada pun cara-cara mengolah jus yang baik untuk program diet meliputi:

  • memilih buah dan sayur yang kaya akan serat,
  • minum jus buah pada pagi hari atau setengah jam sebelum makan, dan
  • mencari tahu porsi jus buah yang sesuai.

Sebenarnya, cara yang baik mengonsumsi buah atau sayur adalah dalam keadaan segar. Anda bisa sesekali mengganti metode diet tersebut dengan minum jus, tetapi cara yang paling disarankan adalah memakan keduanya dalam keadaan utuh.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi ahli gizi atau ahli diet untuk memahami solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Zeratsky, K. (2019). Is juicing healthier than eating whole fruits or vegetables? Mayo Clinic. Retrieved 8 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/juicing/faq-20058020 

Mae, J.R. (2020). Carrot Juice Benefits. Health Guidance. Retrieved 8 March 2021, from https://www.healthguidance.org/entry/17748/1/carrot-juice-benefits.html 

Lane, D. (2021). Cucumber Pineapple Juice: The Powerful Weight Loss Combo. Black Doctor. Retrieved 8 March 2021, from https://blackdoctor.org/cucumber-pineapple-juice-the-perfect-new-year-weight-loss/ 

10 Fat Burning Juices You Must Have for Quick Weight Loss. (2020). NDTV Food. Retrieved 8 March 2021, from https://food.ndtv.com/health/10-juices-you-must-have-for-quick-weight-loss-1669424 

Feintuch, S. (2017). The Best Fruits for Weight Loss. Healthy Women. Retrieved 8 March 2021, from https://www.healthywomen.org/content/article/best-fruits-weight-loss 

Anderson, L. (2016). Cucumbers: more than just pickles. Michigan State University. Retrieved 8 March 2021, from https://www.canr.msu.edu/news/cucumbers_more_than_just_pickles

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 11/12/2017
x