3 Cara Memilih Jus Buah Terbaik untuk Diet

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan jus buah sebagai minuman diet. Namun, apakah Anda sudah yakin bahwa jus buah yang Anda minum sudah tepat?

Anda bukan hanya harus memilih jus buah asli dan bukan sekadar minuman dengan sari buah, tapi Anda juga perlu memastikan bahwa jus yang Anda minum adalah jus buah yang mengenyangkan, sehingga tak bikin cepat lapar.

Seperti apa jus buah sehat yang bisa mengenyangkan Anda?

Anda sedang diet dan bingung menghitung jumlah kalori, gula, dan komposisi lain yang kemungkinan besar ada di minuman jus buah Anda? Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu memilih jus buah yang tepat untuk rencana diet Anda. Lalu, seperti apa jus buah sehat yang tepat untuk Anda yang sedang diet?

1. Pilihlah buah yang mengandung tinggi serat

Jika Anda sedang dalam masa diet untuk menurunkan berat badan dan berencana memasukkan jus buah ke dalam menu harian Anda, pilihlah buah yang mengandung tinggi serat, untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan mengontrol asupan makanan yang Anda makan.

Makanan berserat merupakan asupan yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Asupan berserat bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena lebih lama dicerna, sehingga menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak atau melebihi apa yang Anda butuhkan.

Buah apa yang harus Anda pilih? Anda bisa memilh jambu biji, apel, jeruk, mangga, dan leci. Di antara buah yang telah disebutkan, jambu biji memiliki kandungan serat paling tinggi yaitu 5,4 gram, apel memiliki kandungan serat 2,4 gram, jeruk 2,4 gram, mangga 1,6 gram, dan  leci 1,3 gram. Jambu biji mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 22%, apel sebesar 10%, jeruk 10%, mangga 6%, dan leci 5%.

2. Ketahui waktu yang tepat minum jus buah

Jika Anda sedang diet, Anda pasti mau tidak mau harus mematuhi jadwal makan agar tujuan diet Anda tercapai. Lantas, apakah Anda sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk minum jus buah sehat?

Waktu yang tepat minum jus buah yang sangat disarankan adalah di pagi hari atau setidaknya setengah jam sebelum makan (Anda juga bisa minum jus buah satu jam sebelum makan).

Pagi hari menjadi waktu yang paling baik untuk minum jus buah, karena di pagi hari perut Anda masih dalam keadaan kosong. Makanan manis seperti buah yang dijadikan jus tidak akan terserap dengan baik jika diminum bersamaan dengan waktu makan.

Ada beberapa makanan yang memang mengharuskan Anda tidak mengonsumsinya secara bersamaan. Minum jus satu atau setengah jam sebelum makan bisa mengontrol nafsu makan Anda, terutama jika jus buah yang Anda pilih mengandung tinggi serat. Cocok sebagai minuman diet Anda.

3. Cari tahu porsi jus buah yang sesuai

Berapa kali Anda minum jus buah sehat dalam sehari? Tiga kali atau hanya satu kali? Menurut National Health Service porsi makan buah akan berbeda-beda pada setiap orang hal ini tergantung pada umur dan berat badan mereka.

Orang dewasa membutuhkan 80 gram buah setiap harinya, jika dijadikan jus buah Anda harus minum sebanyak 150 ml dan tanpa pemanis buatan. Jus dalam porsi ini cukup bisa mengenyangkan Anda tanpa terasa berlebihan.

Bagaimana jika Anda lebih memilih jus buah dalam kemasan?

Banyak orang yang tidak suka minum jus buah karena harus repot-repot mengupas buah dan membuat jus sendiri. Banyak dari Anda mungkin berpikir untuk membeli jus buah dalam kemasan namun bingung jus buah kemasan seperti apa yang baik dan bisa mendukung gaya hidup sehat Anda.

Ketika Anda membeli jus kemasan, pastikan Anda memilih jus kemasan yang terbuat dari buah asli, bukan sekadar minuman dengan rasa buah. Anda bisa memilih Buavita sebagai pilihan yang bermanfaat karena nutrisinya.

Tidak usah ragu dengan kandungan buahnya, Buavita dibuat dengan buah asli, bukan sekadar minuman rasa buah. Bahkan, Buavita Mango dan Guava memiliki tekstur kental dan mengandung tiga kali lebih banyak buah dibandingkan minuman yang diberi perasa atau sari buah. Bisa menjadi salah satu pilihan minuman sehat untuk Anda yang sedang diet.

Buavita diproses dengan menggunakan teknologi UHT. Menurut penelitian teknologi pangan, UHT adalah teknologi pengawetan yang paling aman, dengan dipanaskan dalam suhu lebih dari 150 derajat celsius, namun prosesnya hanya 1-2 detik. Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi memilih jus buah yang baik untuk gaya hidup sehat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa minum kopi sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari? Lalu apa yang bisa jadi alternatifnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Nasi uduk atau donat mungkin menjadi pilihan sarapan Anda. Sayangnya,keduanya termasuk sarapan tidak sehat. Yuk, cek makanan yang harus dihindari pagi hari.

Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Resep Kreasi Kale yang Bukan Cuma Salad

Tertarik ingin mulai makan kale, tapi banyak restoran yang hanya menyediakan salad? Kenapa tidak coba buat sendiri kreasi lauk-pauk lezat di rumah.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Resep Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Daftar Makanan Sumber Energi yang Tak Akan Bikin Gemuk

Jika Anda masih ingin berdiet ria tanpa harus kehabisan tenaga, beragam pilihan makanan sumber energi ini tetap aman untuk dimakan tanpa harus takut gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan untuk penderita maag makanan untuk penderita asam lambung

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit