9 Makanan Sehat yang Hampir Mengandung Nol Kalori

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bagi orang yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, menghitung asupan kalori adalah hal yang penting. Meski terdengar merepotkan dan memerlukan perhitungan yang tepat, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Kini, sudah banyak tersedia makanan rendah kalori baik untuk tubuh. Simak ulasan lengkapnya di sini. 

Daftar makanan rendah kalori

diet rendah kalori aman

Kalori adalah energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Tubuh memperoleh kalori dari konsumsi makanan sehari-hari. 

Setelah makan, kalori yang masuk akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Sisanya, kalori akan berubah menjadi lemak. Akibatnya, berat badan pun ikut meningkat. 

Itu sebabnya, banyak orang yang memilih makanan rendah kalori. Berikut ini sejumlah sumber makanan yang mengandung setidaknya satu kalori dan baik untuk tubuh. 

1. Lobak 

Salah satu makanan rendah kalori yang bisa Anda masukkan dalam menu diet sehat adalah lobak. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram lobak mengandung 21 kalori. 

Meski memiliki kalori yang cukup rendah, lobak kaya akan serat. Itu sebabnya, sayuran berwarna putih ini digemari oleh orang yang menjalani diet karena cukup mengenyangkan. 

2. Kembang kol

Selain lobak, makanan rendah kalori lainnya yang bisa dicoba adalah kembang kol. Setiap 100 gram kembang kol memiliki 25 kalori. 

Apakah Kembang Kol Warna Ungu dan Oranye Lebih Sehat Dari Kembang Kol Biasa?

Kabar baiknya, kembang kol ini juga mengandung kalium yang tinggi. Artinya, tumbuhan yang dikenal sebagai kubis bunga ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. 

3. Selada

Sebagai salah satu jenis sayuran yang wajib ada di lalapan, selada mengandung sekitar 18 kalori. Kandungan kalori yang rendah ini membuat selada sering dijadikan sebagai bahan dasar salad diet sehat Anda. 

Bagaimana tidak, selada yang segar memiliki tekstur yang berserat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. 

4. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang cukup populer. Hadir dengan warna jingga, merah, atau putih, 100 gram wortel rebus mempunyai sekitar 28 kalori. 

Sudah bukan rahasia umum pula bila makanan rendah kalori ini menawarkan manfaat di samping kandungan kalorinya yang rendah. Sebagai contoh, kandungan vitamin A pada wortel membantu menjaga kesehatan mata. 

5. Bayam

manfaat bayam hijau

Hampir sama seperti selada, kandungan kalori dalam bayam cukup rendah, yaitu sekitar 16 kalori per 100 gram-nya. Sayuran berdaun hijau ini menjadi sumber beta karoten yang penting bagi para penggemar diet sehat. 

Itu sebabnya, bayam menjadi makanan dengan nilai kalori yang rendah guna melengkapi menu gizi yang seimbang.  

6. Mentimun

Selain selada, jenis sayuran lainnya yang kerap dijadikan bahan dasar dalam salad adalah mentimun. Sayuran berwarna hijau yang menyegarkan ini kaya akan air, sehingga hanya memiliki sekitar 8 kalori saja. 

Di lain sisi, sayuran rendah kalori ini bisa dimasukkan ke dalam diet sehat Anda. Anda juga bisa mengolah timun menjadi minuman yang dapat menahan nafsu makan serta membantu menghidrasi tubuh. 

7. Lemon

Bagi beberapa orang yang ingin menguruskan badan, minum air perasan lemon adalah salah satu cara yang mereka pakai. Pasalnya, kandungan kalori pada lemon cukup rendah, yaitu 34 kalori. Bila dicairkan, air lemon hanya memiliki 8 kalori. 

Tak Hanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Selain menambah rasa, air lemon juga mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Berat badan berkurang, tubuh pun ikut terhindar dari berbaga risiko penyakit. 

8. Tomat

Para penggemar buah merah yang menyegarkan ini pasti sudah tahu khasiat dari tomat. Buah yang dulu sering dianggap sebagai sayuran ini memiliki sekitar 27 kalori per 100 gramnya. 

Meski dikenal sebagai buah rendah kalori, tomat mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, senyawa yang disebut likopen dalam tomat ini disebut dapat membantu melawan kanker, peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

9. Semangka

manfaat kulit semangka

Di tengah teriknya panas matahari, buah semangka menjadi andalan untuk mengusir rasa panas tersebut. Selain menawarkan kesegaran, buah semangka ternyata bisa dikonsumsi dalam diet rendah kalori

Begini, setiap 100 gram buah semangka mengandung 28 kalori yang terbilang cukup rendah. Di lain sisi, buah dengan kulit warna hijau ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. 

Meski begitu, konsumsi semangka terlalu banyak tidak disarankan, terutama bagi penyandang diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada semangka cukup tinggi, sehingga orang yang mengalami diabetes perlu berhati-hati. 

Hal yang perlu diperhatikan saat konsumsi makanan rendah kalori

snack rendah kalori

Pada dasarnya, ada banyak makanan rendah kalori yang bisa ditemukan di supermarket atau ketika belanja di pasar. Hanya saja, Anda perlu memeriksa satu per satu nilai gizi yang tertera pada label kemasan. 

Selain itu, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan gizi lainnya mengingat asupan kalori yang rendah. Hal ini bertujuan menyehatkan tubuh dan tetap berenergi menjalani aktivitas harian meski tengah menjalani diet penurun berat badan. 

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tanyakan kepada dokter atau ahli diet untuk memahami solusi yang tepat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit