home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tidak Dibuat Jus

7 Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tidak Dibuat Jus

Buah dan sayur harus Anda konsumsi setiap hari. Selain dimakan langsung, Anda bisa menikmatinya dengan dibuat menjadi jus. Namun, tidak semua buah dan sayur bisa dibuat jus, baik itu dengan juicer maupun blender. Apa saja buah dan sayur tersebut? Yuk, lihat daftar dan alasannya berikut ini.

Buah dan sayur yang tidak bisa dibuat jus

Menurut British Nutrition Foundation, buah dan sayur mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin, mineral, serat, dan protein. Anda bisa menikmati keduanya dengan beragam cara, dimakan langsung atau diolah lebih dulu, seperti dibuat jus.

Nah, untuk membuat jus, Anda bisa menggunakan juicer atau blender. Juicer digunakan untuk memperoleh sari dari sayur maupun buah. Sementara blender, digunakan untuk menghaluskan buah dan sayur sehingga jadi lebih mudah dikonsumsi.

Namun, tidak semua buah dan sayur dapat dibuat jus, baik dengan blender maupun juicer, seperti:

1. Alpukat

resep alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Jika ingin dibuat jus, sebaiknya gunakan blender bukan juicer. Kenapa?

Buah ini tidak mengandung banyak air sehingga lebih cocok untuk diblender atau bisa juga Anda hancurkan dengan sendok. Pasalnya, tekstur buah alpukat sangat mudah dihaluskan. Jika Anda menggunakan juicer, Anda tidak akan mendapatkan nutrisi alpukat secara utuh.

2. Brokoli

Brokoli-yang-Bisa-Buat-Anda-Sehat-802×451.jpg” alt=”resep brokoli” width=”640″ height=”360″ srcset=”https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/11/4-Resep-Kreasi-Brokoli-yang-Bisa-Buat-Anda-Sehat-802×451.jpg 802w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/11/4-Resep-Kreasi-Brokoli-yang-Bisa-Buat-Anda-Sehat-300×169.jpg 300w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/11/4-Resep-Kreasi-Brokoli-yang-Bisa-Buat-Anda-Sehat-107×60.jpg 107w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/11/4-Resep-Kreasi-Brokoli-yang-Bisa-Buat-Anda-Sehat-45×25.jpg 45w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px” />

Cara terbaik untuk menikmati brokoli adalah dimakan secara utuh tidak dibuat jus. Beda dengan buah alpukat, sayur yang akan vitamin C ini tidak boleh dibuat jus karena akan semakin sulit dicerna dan menimbulkan masalah pencernaan.

Anda bisa mengalami perut kembung atau sakit perut. Tidak hanya brokoli, hindari juga sayur sejenis, seperti kembang kol atau kubis untuk dibuat jus karena akan menimbulkan efek yang sama.

3. Apel

buah apel

Selain sayur brokoli dan alpukat, apel juga masuk deretan buah yang tidak boleh dibuat jus. Jika dibuat jus menggunakan juicer, daging buah apel yang mengandung serat akan terbuang. Anda tidak mendapatkan nutrisinya secara utuh.

Sementara bila dibuat jus dengan blender, kemungkinan besar bijinya ikut dihaluskan. Perlu Anda ketahui bahwa biji apel, apalagi yang masih mentah mengandung amygdalin. Amygdalin bila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan.

4. Pir

Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-702×467.jpg” alt=”manfaat buah pir” width=”640″ height=”426″ srcset=”https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/02/7-Kebaikan-Buah-Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-702×467.jpg 702w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/02/7-Kebaikan-Buah-Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-400×266.jpg 400w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/02/7-Kebaikan-Buah-Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-90×60.jpg 90w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/02/7-Kebaikan-Buah-Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-45×30.jpg 45w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/02/7-Kebaikan-Buah-Pir-untuk-Kesehatan-Tubuh-300×200.jpg 300w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px” />

Buah yang mengandung banyak air memang cocok untuk dibuat jus dengan juicer. Sayangnya, ini tidak berlaku pada buah pir. Sama seperti brokoli dan sayur sejenisnya, buah pir yang dibuat jus akan memengaruhi sistem pencernaan Anda.

Pir diketahui mengandung sorbitol, yakni gula yang lambat untuk dicerna tubuh dan dapat merangsang pergerakan usus. Pada orang yang sembelit, jus ini mungkin membawa manfaat. Namun, pada orang yang sedang diare, jus ini bisa memperparah gejalanya.

Sebenarnya, buah ini bukannya tidak boleh dibuat jus. Namun, akan lebih baik jika dikonsumsi langsung untuk mendapatkan serat sehatnya sekaligus.

Jika dibuat jus dengan juicer, kemungkinan besar jumlah pir yang digunakan akan jauh lebih banyak ketimbang dimakan langsung. Tentunya, kandungan sorbitolnya jadi lebih tinggi. Hal ini bisa saja membuat Anda jadi diare.

5. Jeruk

serabut putih pada jeruk

Selain sayur brokoli dan apel, jeruk juga masuk dalam daftar buah yang sebaiknya tidak Anda buat menjadi jus. Apalagi jika Anda blender bersamaan dengan kulitnya. Kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat mengiritasi sistem pencernaan sehingga menimbulkan masalah pencernaan, seperti sakit perut.

Buah ini kurang tepat Anda buat jus dengan juicer karena akan mengurangi kadar seratnya. Untuk mendapatkan nutrisi seutuhnya, akan lebih baik jika jeruk dikonsumsi langsung.

6. Pisang

manfaat pisang

Sama seperti alpukat, pisang juga tidak bisa dijadikan jus dengan juicer. Alasannya, karena buah ini cukup padat sehingga tidak akan memberikan banyak air.

Buah ini lebih baik Anda jadikan smoothies ketimbang jus. Tambahkan bahan lain, seperti yogurt, jeruk, madu, atau susu almond agar rasanya jadi lebih nikmat.

7. Nanas

Nanas-Untuk-Pencernaan-700×467.jpg” alt=”buah nanas untuk pencernaan” width=”640″ height=”427″ srcset=”https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/03/4-Manfaat-Buah-Nanas-Untuk-Pencernaan-700×467.jpg 700w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/03/4-Manfaat-Buah-Nanas-Untuk-Pencernaan-300×200.jpg 300w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/03/4-Manfaat-Buah-Nanas-Untuk-Pencernaan-90×60.jpg 90w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/03/4-Manfaat-Buah-Nanas-Untuk-Pencernaan-45×30.jpg 45w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px” />

Nanas termasuk buah yang banyak air sehingga mudah untuk diolah menjadi segelas jus. Sayangnya, membuat jus dari nanas menggunakan juicer tidak membuat Anda mendapatkan nutrisi buah secara menyeluruh. Jadi, cara terbaik untuk mendapatkan buah ini, yakni dimakan langsung.

Sumber foto: Food Revolution.

 

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

British Nutrition Foundation. Fruit and vegetables. Accessed on October 8th, 2019.

The Healthy. 11 Things You Should Never Put in a Juicer. Accessed on October 8th, 2019.

Medical News Today. Apple seeds: What happens if you eat them? Accessed on October 8th, 2019.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 17/11/2019
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x