home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

Sakit punggung, khususnya di sebelah kiri, adalah keluhan nyeri yang cukup umum. Setiap orang mungkin pernah mengalaminya setidaknya sekali seumur hidup. Nah, penyebab nyeri pada punggung kiri ternyata dapat berbeda antar satu orang dengan yang lain. Yuk, cari tahu ciri-ciri, penyebab, serta cara mengatasi sakit punggung sebelah kiri di bawah ini.

Penyebab sakit punggung sebelah kiri

Dikutip dari Healthline, secara umum sakit punggung kiri terjadi ketika adanya kerusakan pada jaringan otot atau adanya cedera ligamen yang menopang tulang belakang. Dalam beberapa kasus, rasa sakit juga bisa datang akibat organ-organ lain yang ada di dalam tubuh namun menyebar ke punggung sebelah kiri.

1. Cedera otot

Kondisi ini merupakan cedera yang terjadi karena regangan berlebihan atau terjadi robekan pada otot maupun tendon punggung sebelah kiri.

Punggung sebelah kiri lama-lama bisa terasa sakit jika Anda berulang kali mengangkat benda berat dengan bertumpu pada tubuh bagian kiri atau membuat gerakan yang salah dengan bahu atau lengan pada bagian tersebut.

Pemicu lainnya juga bisa jadi karena kecelakaan lalu lintas yang mengenai punggung, cedera akibat olahraga seperti bulu tangkis, tenis, atau baseball atau ketika Anda tergelincir jatuh dan menahan beban badan dengan sisi kiri tubuh.

2. Herniated disc

Tulang belakang pada tubuh Anda mempunyai pemisah yaitu disk atau cakram.

Disk tersebut berisi cairan yang berfungsi menyerap goncangan. Bantalan berisi cairan tersebut dapat pecah atau bergeser dan menonjol keluar. Disk yang bergeser atau pecah dapat memberikan tekanan pada saraf di sekitarnya. Inilah yang dikenal sebagai herniated disc.

Jika disk yang bermasalah berada pada area kiri tulang belakang, Anda bisa mengalami sakit punggung yang terasa sampai kaki.

3. Skoliosis

Skoliosis merupakan salah satu jenis kelainan yang membuat bentuk tulang belakang melengkung ke samping seperti hurus S atau C.

Normalnya, tulang belakang sejajar lurus ke bawah dan sedikit melengkung. Jika lengkungan tulang belakang sangat tajam, seperti pada kasus skoliosis, tekanan berlebih pada saraf dan otot-otot pendukungnya dapat memicu nyeri punggung. Jika tulang belakang melengkung ke sebelah kiri, ini bisa jadi penyebab nyeri punggung kronis Anda.

Skoliosis umum terjadi pada usia paruh baya.

3. Spinal stenosis

Spinal stenosis adalah kelainan ini terjadi akibat penyempitan ruang pada tulang belakang. Penyempitan tersebut kemudian menekan sumsum tulang belakang dan saraf-saraf yang ada di sekitar tulang belakang.

Penyempitan tulang belakang biasanya terjadi pada pria dan wanita usia lebih dari 50 tahun. Selain itu, orang yang lahir dengan penyempitan rongga tulang belakang, menderita cedera tulang belakang, dan yang mengalami skoliosis atau osteoarthritis juga dapat mengalami penyempitan tulang belakang.

4. Kifosis

Kifosis juga termasuk kelainan pada tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit punggung di sebelah kiri.

Kondisi ini merupakan kelainan bentuk tulang belakang yang membuat postur tubuh membungkuk lebih dari 50 derajat. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi tulang belakang, tumor, postur tubuh yang buruk, dan lain-lainnya.

5. Patah tulang

Fraktur atau retak pada tulang belakang dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kiri. Kondisi ini bisa terjadi apabila Anda mengalami osteoporosis atau tulang menjadi lemah dan keropos.

Fraktur vertebra juga dapat terjadi setelah mengalami kecelakaan parah seperti jatuh dari ketinggian, cedera akibat olahraga, serta tabrakan.

6. Kerusakan jaringan lunak

Saat lengan atau bahu pada bagian sebelah kiri Anda gunakan secara berlebihan, maka bisa mengakibatkan dua hal seperti otot-otot punggung menjadi tegang dan ligamen terkilir. Hal inilah yang mengakibatkan peradangan dan membuat sakit punggung sebelah kiri.

7. Masalah organ dalam

Penyebab sakit punggung sebelah kiri juga bisa terjadi akibat gangguan pada organ tubuh bagian dalam, seperti:

Gejala sakit punggung sebelah kiri

Gejala utama muncul akibat sakit punggung adalah nyeri yang terasa pada bagian kiri saja, bisa kiri bawah atau kiri atas.

Beberapa gejala umum yang, antara lain:

  • Bagian kiri punggung terasa nyeri serta kaku.
  • Nyeri cenderung ringan tapi berkepanjangan
  • Nyeri biasanya membaik pada malam hari atau saat beristirahat.

Beberapa orang mengalami rasa nyeri yang datang tiba-tiba dan bertahan lama (nyeri konstan) dan ada pula yang mengalami sakit yang datang dan pergi.

Sakit punggung dapat muncul karena tekanan saraf. Anda mungkin mengenal kondisi ini melalui gejala berikut:

  • Sakit menyebar sampai pinggang dan pinggul
  • Kaki mati rasa dan kesemutan
  • Kesulitan bergerak
  • Nyeri memburuk saat berjalan atau berolahraga.

Apabila rasa sakit atau nyeri mmulai dari perut kiri dan menyebar ke punggung, Anda kemungkinan mengalami:

Sakit punggung kiri pada bawah pundak dan tulang belikat, ada kemungkinan Anda mengalami:

  • Postur yang buruk
  • Ketegangan otot
  • Fraktur vertebra
  • Kifosis yang parah
  • Serangan jantung

Cara mengatasi sakit punggung sebelah kiri

Anda bisa menggabungkan pengobatan rumahan serta medis untuk mengatasi kondisi ini. Namun, perhatikan kembali penyebab sakit atau nyeri yang terjadi pada Anda. Berikut cara mengatasi nyeri punggung yang bisa Anda lakukan:

Beristirahat

Saat terlalu banyak melakukan gerakan atau aktivitas yang menyebabkan nyeri punggung sebelah kiri, beristirahatlah 1-2 hari.

Obat penghilang rasa sakit

Anda bisa mencoba meminum obat penghilang rasa sakit golongan NSADI yang dijual bebas seperti naproksen, parasetamol, atau ibuprofen.

Apabila sakit atau nyeri tidak terlalu parah, coba oleskan gel atau tempelkan koyo hangat pada area punggung yang bermasalah.

Sementara jika nyeri cukup parah dan berkepanjangan, dokter dapat meresepkan pereda nyeri yang efeknya lebih kuat seperti:

Mengompres

Coba untuk mengompres nyeri yang terasa pada punggung dengan waslap dingin atau hangat. Pengobatan ini dapat meredakan nyeri sekaligus mengendurkan ketegangan otot.

Melakukan aktivitas fisik ringan

Coba untuk meregangkan bagian tubuh serta berjalan untuk membantu meredakan nyeri yang terasa.

Apabila setelah 72 jam nyeri punggung sebelah kiri belum juga hilang, sebaiknya Anda pergi ke dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan perawatan medis, seperti:

Melakukan terapi fisik

Ketika sakit atau nyeri semakin tidak tertahankan, Anda memerlukan terapi fisik seperti latihan peregangan, chiropractic, terapi invasif, atau terapi yang memerlukan alat seperti stimulan listrik.

Operasi

Pemulihan sakit pinggang kiri dengan operasi sangat jarang terjadi. Namun, solusi ini biasanya akan dokter rekomendasikan apabila nyeri disebabkan oleh masalah struktur tulang seperti stenosis tulang belakang.

Cara mencegah sakit punggung sebelah kiri

Walaupun biasa terjadi, Anda bisa mencegah terjadinya sakit punggung kiri agar tidak berulang dengan cara:

  • Melatih postur saat Anda duduk, berdiri, dan melakukan gerakan tertentu.
  • Rutin melakukan olahraga seperti kardio, yoga, berenang, dan olahraga yang mampu memperkuat otot punggung sehingga menurunkan risiko cedera.
  • Mulai mengurangi dan berhenti merokok agar nyeri punggung cepat pulih.
  • Menjaga berat badan. Hal ini perlu Anda lakukan agar tidak terlalu banyak tekanan pada abagian punggung.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Back pain . (2017). Retrieved 28 January 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/back-pain/

4 Reasons You May Have Back Pain on Only One Side – Penn Medicine. (2020). Retrieved 28 January 2020, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/musculoskeletal-and-rheumatology/2017/november/back-pain-on-one-side

Lower Left Back Pain: Causes and Treatment Options. (2020). Retrieved 28 January 2020, from https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain#causes

Upper Left Back Pain: Causes, Diagnosis, Remedies and Treatment. (2020). Retrieved 28 January 2020, from https://www.healthline.com/health/upper-left-back-pain#prevention

Parry, J., & Rosalyn Carson-DeWitt, M. (2016). Back Pain: Where Does It Hurt?. Retrieved 28 January 2020, from https://www.everydayhealth.com/back-pain/left-and-right-back-pain.aspx

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2020). Find the Right Treatment for Your Back Pain. Retrieved 23 January 2020, from https://www.webmd.com/back-pain/features/back-pain-treatments#1

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x