home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Lakukan Mindfullness untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Yuk, Lakukan Mindfullness untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Mindfullness adalah sebuah istilah yang banyak dibahas saat membicarakan kesehatan mental. Apa itu mindfullness dan mengapa hal ini dianggap banyak bermanfaat jika diterapkan sehari-hari? Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai mindfullness, manfaat serta cara melatihnya

Apa itu mindfullness?

Mindfullness adalah kemampuan manusia untuk sepenuhnya “hadir” di saat ini. Artinya, menyadari apa yang sedang terjadi, apa yang sedang dilakukan, dan tidak kewalahan dengan pikiran, perasaan, dan lingkungan sekitarnya.

Mindfullness merupakan salah satu kemampuan dasar dari masing-masing individu untuk memiliki kesadaran penuh dalam mengambil tindakan, berperilaku, serta menghadapi segala sesuatu yang terjadi di sekitar.

Artinya, dengan menerapkan mindfullness, Anda bisa fokus terhadap apa yang sedang terjadi saat ini dibanding terpengaruh oleh sesuatu yang telah terjadi di masa lalu, apalagi yang belum tentu terjadi di masa depan. Hal ini sering kali dianggap remeh karena terdengar sepele dan begitu mudah dilakukan.

Namun, faktanya, tidak sedikit orang yang sering kali tidak menerapkan mindfullness dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang yang merasa seperti tidak terkoneksi dengan tubuhnya sendiri, tidak bisa mengontrol pikiran dan perasaannya hingga kehilangan fokus terhadap kegiatan yang sedang dilakukannya.

Padahal, mindfullness adalah sesuatu yang sebenarnya secara alami dimiliki. Meski demikian, banyak orang yang masih harus melatih kemampuan mindfullness agar bisa lebih mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang sering kali merasa stres, depresi, dan cemas.

Berbagai manfaat menerapkan mindfullness

senyum yang indah

Selain baik untuk meningkatkan kesehatan mental, mindfullness juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan fisik. Bahkan, menerapkannya dapat membantu Anda mengubah sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik. Berikut adalah beberapa manfaat mempraktekkan mindfullness dalam kehidupan sehari-hari:

1. Meningkatkan kesehatan tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa mempraktekkan mindfullness ternyata bisa membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan berbagai jenis penyakit. Di antaranya, dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kronis, memperbaiki pola tidur yang berantakan, hingga meredakan stres.

2. Mendukung kesehatan mental

Ya, seperti yang telah disebutkan di atas, menerapkan mindfullness dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental. Selain itu, mempraktekkan metode hidup ini juga bisa membantu Anda mengatasi depresi, gangguan makan, gangguan kecemasan, obsessive-compulsive disorder, hingga permasalahan dengan pasangan.

3. Mengubah cara kerja otak

Dalam hal ini, tentu saja mindfullness dapat mengubah cara kerja otak Anda menjadi lebih baik. Pasalnya, metode hidup ini dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam belajar, mengingat, mengatur emosi, hingga membentuk rasa empati terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.

4. Membantu agar lebih fokus

Jika Anda termasuk orang yang mudah terdistraksi atau sering tidak bisa fokus terhadap hal yang sedang dikerjakan, mindfullness dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan, kemampuan dalam mengambil keputusan dan mengingat juga ikut meningkat.

5. Meningkatkan kepedulian terhadap orang lain

Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, metode hidup yang satu ini juga dapat bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda. Pasalnya, dengan menerapkan metode ini, Anda akan menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Tak heran jika Anda menjadi lebih mudah bersimpati dan berempati kepada orang lain. Anda juga menjadi lebih mudah memahami kesulitan yang dialami oleh orang lain dalam menjalani hidup. Dengan begitu, rasa ingin menolong sesama pun semakin meningkat.

6. Meningkatkan kualitas hubungan

Jika Anda memiliki pasangan, praktekkan mindfullness bersama dengannya. Pasalnya, metode ini dapat membuat Anda dan pasangan sama-sama senang dan nyaman dalam hubungan. Jika sudah demikian, Anda dan pasangan bisa lebih optimis terhadap hubungan itu sendiri.

Lebih daripada itu, Anda dan pasangan juga bisa lebih menerima dan dekat terhadap satu sama lain. Jadi, jika ada masalah dalam hubungan di kemudian hari, Anda dan pasangan akan lebih mudah berbaikan kembali.

Melatih mindfullness dalam kehidupan sehari-hari

manajemen stress

Sebenarnya tidak susah kok, menerapkan mindfullness dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, hal ini tergantung pada kemauan Anda dalam mempraktekkannya.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menerapkan mindfullness:

1. Selalu fokus dalam memperhatikan berbagai hal

Jika Anda orang yang sibuk, mungkin tidak akan mudah untuk berhenti dan beristirahat sejenak dari rutinitas. Namun, pastikan untuk menyempatkan diri memperhatikan berbagai hal di sekeliling Anda menggunakan panca indera.

Sebagai contoh, sempatkan makan siang menggunakan menu kesukaan Anda. Lalu, nikmati saat-saat itu sambil menghirup aroma yang sedap dari makanan tersebut dan nikmati rasanya yang lezat saat masuk ke dalam mulut. Dengan begitu, Anda bisa lebih menikmati makanan tersebut hingga timbul perasaan bahagia karenanya.

2. Hidup di masa kini

Mungkin sebagian besar dari Anda sering kali tidak bisa menikmati setiap waktu yang sedang dijalani, dan lebih fokus memikirkan hal-hal lain, baik yang terjadi di masa lalu maupun yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Padahal, mencoba untuk lebih fokus dengan apa yang sedang terjadi dan sedang dijalani saat ini adalah salah satu cara mempraktekkan mindfullness. Jika bisa lebih memerhatikan segala sesuatu yang ada dan terjadi saat ini, Anda mungkin dapat menemukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang sebelumnya tidak terpikirkan.

3. Terima diri Anda apa adanya

Pernah membenci dan terus menyalahkan diri sendiri? Kini saatnya Anda berhenti dan mulai mempraktekkan mindfullness dengan menerima diri sendiri apa adanya. Menerima kekurangan diri sendiri mungkin tidak semudah menerima kekurangan orang lain. Akan tetapi, hal ini penting untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Setiap manusia tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Maka itu, saat bisa menerima kekurangan orang-orang terdekat, Anda seharusnya juga bisa lebih menerima kekurangan diri sendiri. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah insecure dan overthinking. Justru, Anda mungkin bisa lebih mudah berpikiran positif.

4. Fokus pada pernapasan

Saat Anda memiliki pikiran-pikiran negatif, cobalah untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan. Kemudian, duduk dan tarik napas dalam-dalam sambil menutup kedua mata. Fokus terhadap pernapasan Anda untuk beberapa saat.

Menurut Greater Good Magazine yang diterbitkan oleh University of California, Barkeley, ini juga bisa menjadi salah satu cara mempraktekkan mindfullness yang bisa Anda coba. Setelah melakukannya selama kurang lebih satu menit, Anda bisa menjadi lebih tenang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Getting Started with Mindfullness. Retrieved 3 February 2021, from https://www.mindful.org/meditation/mindfulness-getting-started/

What is Mindfullness? Retrieved 3 February 2021, from https://www.mindful.org/what-is-mindfulness/

Mindfullness Exercises. Retrieved 3 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/consumer-health/in-depth/mindfulness-exercises/art-20046356

Mindfullness – Why Practice It? Retrieved 3 February 2021, from https://greatergood.berkeley.edu/topic/mindfulness/definition#why-practice-mindfulness

Benefits of Mindfullness. Retrieved 3 February 2021, from https://www.helpguide.org/harvard/benefits-of-mindfulness.htm

Mindfullness. Retrieved 3 February 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/mindfulness/

Mindfullness. Retrieved 3 February 2021, from https://www.mind.org.uk/information-support/drugs-and-treatments/mindfulness/mindfulness-exercises-tips/

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 28/01/2021
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x